Sistem Sekolah Tatap Muka Terbatas Di Boarding School Terbaik Sumedang

7 September 2021 | Dibaca : 175x | Oleh : Mohamad Ramdan
Sistem Sekolah Tatap Muka Terbatas Di Boarding School Terbaik Sumedang

Sekolah tatap muka terbatas merupakan sebuah kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan sistem pembelajaran umum, dimana metode pembelajaran ini menggunakan metode pembelajaran konvensional atau seperti sekolah pada umumnya, namun ditengah uji coba sekolah tatap muka terbatas ini, sekolah atas ijin dari pemerintah pusat melakukan sekolah tatap muka dengan beberapa protokol kesehatan yang tetap harus diikuti oleh sekolah dan siswa demi meminimalisir terjadinya penularan diarea sekolah.

Sistem Sekolah Tatap Muka Terbatas Di Boarding School Terbaik Sumedang

Al Masoem sebagai sekolah terbaik Sumedang sudah mulai membuka sekolah tatap muka terbatas bagi siswa SD dan SMP untuk pekan pertama ini. Penyelenggaraan sekolah tatap muka terbatas di SD dan SMP dibedakan untuk waktu masuk dan pulang, tentu saja dengan protokol kesehatan yang wajib diikuti siswa seperti menggunakan masker selama sekolah, membawa handsinitizer sendiri (meskipun sekolah menyediakan juga), menjaga jarak aman dan tidak berkerumun.

Selain itu juga ada beberapa protokol kesehatan yang diberikan sekolah sebagai sarana ikhtiar sekolah demi berjalannya sekolah tatap muka terbatas ini, seperti penyediaan handsinitizer disetiap kelas, mengadakan tempat cuci tangan didepan kelas, mengadakan rambu rambu agar tidak ada interaksi dari siswa SD, SMP dan SMA serta menempatkan beberapa petugas bagian tata usaha dari masing masing divisi dan juga penyediaan fasilitas kesehatan seperti Posko Covid 19 dan juga klinik putra mandiri yang memang sudah tersedia sebagai pertolongan pertama bagi siswa.

Untuk pembelajaran sendiri kami memberikan ruang bagi siswa/i dan santri dengan waktu yang berbeda, mengingat Al Masoem merupakan sekolah yang bersistem Hybird dalam artian kami menyediakan 2 sistem sekolah yaitu Fullday School dan Boarding School, maka dari itu interaksi dari siswa dan santri sangat diminimalsir. Untuk waktu pembelajarannya pun dibedakan dengan waktu yang cukup lama, untuk siswa kami memberikan fasilitas sekolah tatap muka di pagi hari sedangkan untuk santri kami menyediakan fasilitas sekolah tatap muka di siang hari.

Meskipun Al Masoem Menyediakan Sekolah Tatap Muka, Tapi Kami Memberikan Fasilitas Online Learning

Sebagai sekolah terbaik Sumedang, Al Masoem memberikan solusi kepada siswa/i dan santri yang tidak bisa mengikuti sekolah tatap muka terbatas. yaitu dengan Online Learning atau sekolah online. Karena pada dasarnya meskipun kami melaksanakan sekolah tatap muka terbatas, tapi kami tidak mewajibkan semua siswa bisa mengikuti pembelajaran tatap muka secara langsung. Maka dari itu dengan Metode Hybird Learning siswa bisa melaksanakan Online Learing secara langsung atau Live bersama siswa lainnya yang melaksanakan sekolah tatap muka terbatas.

Sebagai pertimbangan juga banyak sekali santri Al Masoem yang memang terpaksa belum bisa mengikuti sekolah tatap muka terbatas dan juga karena terkendala pandemi dan PPKM yang menghatuskan siswa dari luar Jawa harus memiliki sertivikat Vaksin terlebih dahulu, maka demi mempermudah itu semua Al Masoem menggunakan metode hybird learning karena selain lebih fleksibel juga bisa lebih bisa membuat orang tua sedikit tenang jika suatu saat pemerintah pusat mencabut kembali sekolah tatap muka terbatas. Meskipun Al Masoem tatap memberikan fasilitas pondok bagi santri yang bermiat untuk tetap mendapatkan pendidikan karakter.

Ijin Orang Tua Siswa Jadi Penentu Siswa Boleh Melaksanakan Sekolah Tatap Muka Terbatas

Meskipun Al Masoem melaksanakan sekolah tatap muka terbatas, namun kami tetap tidak pernah mewajibkan siswa/i dan santri untuk mengkutinya, karena pada dasarnya sekolah tatap muka terbatas dilaksanakan sebagai pilihan bagi orang tua siswa/i dan santri Al Masoem yang sudah merasa jenuh dengan sekolah online/ Online Learning.

Meskipun ada orang tua yang tidak setuju dengan sekolah tatap muka, Al Masoem tetap memberikan fasilitas Online Learning dengan Metode Hybird Learning, Sehingga orang tua yang memang tidak setuju untuk putra putrinya sekolah tatap muka, atau orang tua masih ragu untuk mensekolahkan putra putrinya secara langsung maka siswa bisa tetap merasakan sekolah namun berbasis Online.

Metode Pembelajaran Hybird Learning, Solusi Terbaik Di Tengah Pandemi

Pada akhirnya metode pembelajaran Hybird Learning menjadi metode pembelajaran terbaik yang bisa diikuti siswa/i dan santri selama pandemi. Mengingat metode pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar secara Sinkronus & Asinkronus meskipun dilapangan lebih ke sinkronus atau secara langsung dan berbarengan.

Selain itu juga metode pembelajaran Hybird Learning bisa memberikan kesempatan bagi siswa untuk merasakan sensasi belajar tatap muka dan secara online sekaligus. Dengan fasilitas sekolah Al Masoem yang menang terbaik, metode pembelajaran Hybird Learning bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Al Masoem Pecinta Alam
4 Februari 2020
Ilustrasi : anggota almapala membersihkan sungai Cibeusi almasoem.sch.id,- Sampah merupakan sebuah zat sisa baik itu sisa makanan, tempat makanan, ...
Penyemprotan Disinfektan Di Komplek Yayasan Al Ma'soem Bandung
18 Maret 2020
Almasoem.sch.id,- Al Ma'soem sebagai salah satu sekolah favorit di Perbatasan Bandung Timur dan Sumedang berusaha memberikan yang terbaik buat siswa ...
asrama putra
5 Juni 2020
Almasoem.sch.id,- Zaman sudah modern dan berkembang sesuai dengan kemajuan dan kebutuhannya. Dulu orang mengira bahwa jika ingin memperdalam agama, maka ...
ma'soem university
24 Maret 2021
Wakil Ketua Aptisi Jabar, Prof. H. Ali Abdulrahman (kanan) memberikan dukungan untuk kemajuan PTS Komisariat VI-B dipimpin Asep ...
Siswa SMP Al Ma’soem Borong Prestasi di ASIC FAIR 2018
16 Mei 2018
Para peserta didik SMP Al Ma’soem yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja ASIC (Al Ma’soem Science Club), menorehkan ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top