Islamic Boarding School Terbaik Di Indonesia

3 Mei 2021 | Dibaca : 86x | Oleh : Mohamad Ramdan
Islamic Boarding School Terbaik Di Indonesia

Islamic Boarding School Terbaik Di Indonesia. Tren sekolah sambil pesantren saat ini sedang tinggi, banyak sekali orang tua yang bangga dengan memasukan putra putrinya ke sekolah sambil pesantren atau sering disebut dengan Boarding School. Bukan hal yang aneh jika orang tua lebih bangga terhadap Boarding School terutama bagi umat muslim, diantaranya karena di Islamic Boarding School siswa tidak hanya dididik mengenai pelajaran umum, tetapi berbagai macam pelajaran keagamaan diantaranya Tahsin & Tahfidz Al Qur’an, Fiqih, Akidah Akhlak, Nahwu, Shorof dan banyak lagi.

Islamic Boarding School merupakan bentuk dari sekolah yang mana siswa-siswinya bertempat tinggal di asrama atau pondok. Di Indonesia sendiri, Islamic Boarding School biasanya bentuk modernisasi dari pondok pesantren. Jadi, di zaman yang serba modern ini, Islamic Boarding School menjadi alternatif pendidikan yang menarik, terutama bagi insan-insan milenial sekarang ini.

Pesantren Siswa Al Masoem, merupakan pondok pesantren di bawah naungan Yayasan Al Ma’soem Bandung dimana selain pondok pesantren Al Masoem juga membuka beberapa tingkatan pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, SMA, hingga Universitas. Sekolah berasrama dengan fasilitas asramanya cukup baik. Kafasitas kamar di Pesantren Al Ma'soem tidak ada yang diperuntukan lebih dari 6 santri, dengan kamar mandi di dalam. Sebanyak 80 persen kamarnya untuk kafasitas 4 santri, dan sisanya untuk kafasitas 6 santri.

Fasilitas penunjang lainnya adalah adanya lapangan futsal, kolam renang terpisah putra-putri dan tertutup (beratap), lapangan basket, lapangan voli, jogging track, lapangan badminton, tennis meja, kantin, internet gratis, poliklinik, masjid dengan kapasitas 2500 orang, dan fasilitas lainnya. Semua fasilitas tersebut merupakan milik Yayasan Al Ma’soem Bandung sendiri.

Lulusan Al Ma’soem bisa dipastikan tahfidz Al Qur’an juz 30 untuk tingkat SMP sedangkan untuk tingkat SMA lulusan Al Masoem wajib hafal minimal 2 Juz. Kendati demikian, banyak santri yang dapat menyetorkan dan mempertahankan hafalannya melebihi target minimal. Bahkan sudah banyak yang menerima beasiswa jalur tahfidz ini.  

Dengan dukungan berbagai program yang diselenggarakan, semua murid juga dimotivasi agar mampu menghapal Al Qur’an lebih dari 2 juz (juz ke-30 dan juz ke-29). Program tahfidz Qur’an di Al Ma’soem berjalan sejak 2015, dan sudah menghasilkan banyak hafidz-hafidz berprestasi dan banyak sekali lulusan pesantren siswa Al Masoem yang berhasil menghafal melebihi target minimal. 

Kami memiliki Moto “Cageur, Bageur, Pinter” dimana lulusan Al Masoem minimal menjadi siswa yang berakhlakul kharimah. Pesantren Siswa Al Masoem menjadi salah satu pesantren pelopor bahwa pesantren modern itu bersih dan asri lingkungannya, sehat dan bugar para santrinya. Selain itu, pondok pesantren juga dilengkapi berbagai fasilitas yang bisa membuat santri menjadi nyaman selama di dalamnya.

Pembelajaran di pesantren modern Al Ma'soem tidak hanya mengkaji kitab kuning, tetapi juga materi-materi yang sudah disederhanakan ke dalam bahasa Indonesia dan Inglish, tanpa meninggalkan khas kepesantrenannya. Meskipun demikian, yang menjadi unggulan dan paling diminati di Pesantren Siswa Al Ma'soem adalah Tahfidz Al Qur'an.

Hal yang unik yang membuat pondok Pesantren Siswa Al Ma'soem menjadi salah satu Islamic Boarding School Terbaik Di Indonesia adalah karena kami memiliki program yang terbilang sangat jarang ditemukan di pondok pesantren atau pun di sekolah lainnya, yaitu pola kedisiplinan dengan Sistem Poin Pelanggaran dimana siswa atau santri Al Ma'soem tidak akan mendapatkan hukuman secara fisik ataupun dipermalukan. Kami hanya memberikan poin pelaggaran yang berlaku akumulasi.

Meski demikian, kami merupakan pondok pesantren yang tegas terhadap pelanggar terutama untuk siswa pencontek. Di Al Ma'soem siswa mencontek maka dikategorikan melakukan pelanggaran paling berat dengan bobot 100 Poin, artinya siswa yang melanggar akan langsung dikembalikan kepada orang tuanya. Sehingga pondok pesantren Al Masoem tidak hanya menjadi pondok pesantren yang nyaman akan tetapi juga tertib.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

TK Al Masoem
7 Januari 2021
Almasoem.sch.id,- PG dan TK Al Masoem, merupakan lembaga dasar dari Al Masoem yang menargetkan peningkatan kreativitas anak dan menargetkan setiap ...
Siswa SMA Al Ma'soem Ikuti Seminar Bela Negara dari Sekoad TNI AD
30 Agustus 2018
Kamis, 30 Agustus 2018 SMA Al Ma’soem Bandung bekerjasama dengan TNI AD mengadakan seminar Bela Negara mengenai Proxy War yang tengah berkembang di ...
Tidak Mengantuk Di Saat Belajar Di Kelas
20 September 2019
Jatinangor,- Bukan siswa namanya jika tidak ngantuk saat belajar, jangankan siswa saya yakin guru sekalipun pasti pernah merasakan penat dan kantuk ketika ...
Hal Yang Harus Di Persiapkan Sebelum Melanjutkan Kuliah
16 Agustus 2019
Perkuliahan merupakan salah satu tingkatan pendidikan yang lebih tinggi lagi. sangat beruntung jika anda sebagai siswa SMA kelas XII dan anda bisa melanjutkan ...
Siswa SMA Al Ma'soem Berhasil Tahfidz 30 Juz
23 Januari 2018
“Menghafal Al Qur’an menjanjikan kebaikan, keberkah, dan kenikmatan bagi para penghafalnya. Selain itu dapat membuat otak menjadi hangat, karena ...

Informasi Pendaftaran

png
SMP SMA
sd
tk
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top