IMG_2866

Yuk Cari Tahu Seperti Apa Konsep Boarding School

Peradaban dan pendidikan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Bagaimana tidak, suatu negara yang mampu “menguasai dunia” adalah negara yang memiliki tingkat pendidikan, pengetahuan dan peradaban yang tinggi. Hal tersebut berlaku juga untuk pendidikan Islam yang di dalamnya merupakan warisan peradaban Islam, sekaligus asset bagi pembangunan pendidikan nasional. Namun untuk membangun sebuah pendidikan berbasis Islami yang baik tidaklah mudah karena seringkali dihadapkan dengan berbagai problematika yang sangat kompleks sehingga, kualitas pada pendidikan Islam seringkali menunjukkan situasi yang tidak menggembirakan.

Di Indonesia sendiri Eksistensi Lembaga Pendidikan Islam sudah mengalami banyak perkembangan yang dimulai sejak berdirinya Pesantren, Sekolah Umum Islam, Madrasah, Perguruan Tinggi Islam, Majelis Ta’lim, dan Lembaga Pelayanan Umat yang ada pada masa kini. Keberhasilan suatu lembaga itu memiliki beberapa faktor pendukung untuk menjalankan kegiatan atau aktivitas pembelajaran salah satunya adalah faktor manajemen yang dijalani oleh suatu lembaga/institusi tersebut (Kurniadi, Machali, 2012: 319).

Oleh karenanya upaya pengelolaan maupun pengembangan manajerial lembaga pendidikan Islam merupakan suatu hal yang harus wajib ada. Kenyataan ini menggambarkan bahwa kebanyakan lembaga pendidikan Islam, terutama pesantren tradisional masih dikelola berdasarkan tradisi (kebiasaan), bukan profesionalisme berdasarkan keahlian (skill), baik human skill, conceptual skill, maupun technical skill secara terpadu. Hal tersebut menyebabkan planning yang kurang matang, pengambilan keputusan oleh dominasi personal dalam penentuan pengambilan keputusan terlalu besar. Hal tersebut berdampak kepada output yang dihasilkan sehingga memunculkan kesan “asal ada produknya saja.

Cara mengatasi kekhawatiran serta problematika tersebut, diperlukan pembaharuan dan pengembangan paradigma pada pengelolaan manajemen Lembaga Pendidikan Islam, diantaranya adalah dengan sistem Pendidikan Unggulan yang Berasrama (Boarding School). Boarding School ini merupakan alternatif transformasi dari konsep “Pondok Pesantren” pada Lembaga Pendidikan yang sudah sedari lama ada di Indonesia. Walaupun Boarding School memiliki karakter dan jenis yang berbeda dari pesantren, namun dasar tujuan adanya boarding school ini sama yaitu untuk membantu proses pendidikan di Madrasah maupun Sekolah.

Konsep Boarding School

Boarding School terdiri dari dua kata yaitu ‘Boarding’ (asrama) dan ‘School’(sekolah). Boarding school adalah sistem pada sekolah yang berasrama, yang dimana guru, dan siswa/i nya tinggal dalam satu lingkungan yang sama dengan kurun waktu tertentu yang biasanya dalam satu semester sekali diselingi libur, sistem ini akan dialami oleh siswa/i hingga mereka menamatkan sekolahnya.

Pesantren pada umumnya lebih menitikberatkan pada nilai-nilai yang sudah mapan atau tradisional, sedangkan sistem boarding school sejak awal didirikannya mengadopsi dan memadukan nilai tradisional dan modern secara integratif dan selektif (Maksudin, 2013: 10).

Tujuan Pendidikan Boarding School

Menurut Muhammad Fathurrohman dan Sulistyorini (2012: 20) tujuan pendidikan boarding school adalah:

  1. untuk mencetak generasi muda yang Islami, tidak hanya memberikan pelajaran umum, tetapi dilengkapi dengan pelajaran agama yang memadai,
  2. untuk membentuk kedisiplinan, di dalam boarding school terdapat peraturan tertulis yang mengatur para siswa mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Semua itu merupakan peraturan yang harus dilaksanakan dan bila dilanggar akan mendapatkan sanksi dari pengurus,
  3. untuk membentuk generasi yang berakhlakul karimah, seorang siswa yang bukan hanya cerdas intelektualnya namun juga berakhlak mulia, selalu berfikir sebelum bertindak. 

Dengan hal-hal yang sudah disebutkan diatas maka wajar saat ini metode boarding school lebih relevan dengan situasi saat ini. Al Masoem merupakan Salah satu Boarding School favorit yang ada di Jawa Barat dimana pengelolaannya mengikuti perkembangan jaman dan teknologi tanpa menghilangkan marwah keislaman yang ketat. Selain fasilitas yang sangat lengkap, Al Ma’soem Boarding School juga didukung dengan tenaga pengajar yang sangat kompeten baik dalam ilmu agama maupun keilmuan modern.