Proses Penerapan Pendidikan Karakter Anak

13 September 2021 | Dibaca : 107x | Oleh : Mohamad Ramdan
Proses Penerapan Pendidikan Karakter Anak

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang berasal dari falsafah bangsa dan norma-norma. Budaya dan nilai-nilai yang terumuskan dalam tujuan pendidikan nasional tertuang dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pendidikan karakter yaitu integritas, religius, gotong royong, nasionalis, dan mandiri. Santika dkk (2019, hlm 98) bahwa pendidikan karakter memiliki tiga fungsi utama.

  • Pertama, fungsi pembentukan dan pengembangan potensi sesuai falasafah.
  • Kedua, fungsi perbaikan dan penguatan.
  • Ketiga, fungsi penyaring.

Pendidikan karakter memilah budaya bangsa sendiri dan menyaring budaya bangsa lain yang  sejalan dan sesuai dengan karakter dan martabat bangasa.

Pendidikan karakter sangat perlu diberikan terhadap bangsa Indonesia sejak dini. Pengembangan karakter yang terbaik adalah jika dimulai sejak dini dikarenakan membentuk suatu paradigma dan karakteristik memersiapkan menjadi bangsa maju yang tentunya harus di dukung dengan moral yang baik. Dengan pendidikan karakter itu diharapkan pula anak-anak dapat tumbuh kembang secara paripurna atau sempurna.

Pada usia 0 - 6 tahun, pada periode ini otak anak sedang berkembang dengan sangat pesat atau disebut dengan masa golden age. Mereka akan mampu menyerap dengan cepat segala sesuatu yang dilihat atau didengarnya. Tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan kurun waktu yang sangat penting dan kritis dalam hal tumbuh kembang fisik, mental, dan psiko sosial, yang berjalan sedemikian cepatnya sehingga keberhasilan tahun-tahun pertama untuk sebagian besar menentukan hari depan anak.

Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di PG/TK Al Masoem

Pendidikan karakter usia dini di PG/TK Al Masoem tidak lepas dari tanggung jawab guru dan kepala sekolah PG/Tk Munggang Al Masoem. PG/TK Munggang Al Masoem menerapkan pendidikan karakter dari sejak usia dini, karena kami paham betul karkater seorang anak dididik sejak dini merupakan salah satu hal yang wajib dilaksanakan setiap orang tua, akan tetapi ketika orang tua tidak memiliki banyak waktu untuk mendidik anaknya agar berkarakter unggul, maka PG/TK Munggang Al Masoem adalah solusi terbaik untuk mengembangkan pendidikan karakter anak sejak dini.

PG/TK Al Masoem merupakan salah satu PG/TK yang sudah berdiri secara mandiri, dibawah payung hukum Yayasan Al Masoem Bandung PG/TK Munggang Al Masoem menjadi salah satu TK terbaik di Kabupaten Sumedang. Selain memberikan pendidikan pengenalan lingkungan sekolah sejak dini dengan proses bermain dan belajar, TK Munggang Al Masoem juga memiliki salah satu program terbaik yaitu Klinik Psikologi anak yang berkaitan dengan perkembangan dan permasalahan anak didik.

Klinik psikologi ini juga dapat melihat minat dan bakat siswa terutama untuk siswa yang akan melanjutkan ke tingkat SD. Selain itu juga pendidikan karakter yang kental membuat siswa TK Al Masoem menjadi lulusan yang berkarakter unggul, lulusan TK Al Masoem direkomendasikan untuk bisa melanjutkan ke SD Al Masoem. Selain sudah direkomendasikan lulusan TK Al Masoem juga bisa mendapatkan keringanan biaya masuk ketika melanjutkan ke SD Al Masoem.

Pendidikan Karakter Lanjutan di SD Al Masoem

Pendidikan karakter anak diusia dini tidak hanya dilaksanakan di PG/TK Al Masoem, akan tetapi juga dilanjutkan di SD Al Masoem. Dengan moto "sekolah untuk sekolah" SD Al Masoem mengembangkan pendidikan karakter secara langsung. Ada tiga metode pendekatan yang digunakan guru dalam menerapkan pendidikan karakter, dan mengidentifikasi peranan tiga elemen utama (arah kebijakan sekolah, perkembangan staf, dan karakter peserta didik) dalam mendukung pendidikan karakter yaitu pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan.

  • Pemahaman Guru Terhadap Siswa/i SD Al Masoem

Pemahaman guru terhadap siswa bisa dilihat dengan berbagai pendekatan, baik itu pendekatan secara langsung ataupun secara tidak langsung. Pendekatan langsung tidak hanya dilaksanakan oleh walikelas yang membimbing dan menjadi orang tua kedua siswa selama disekolah. Tapi pendekatan secara langsung ini juga dilaksanakan oleh guru BK dan juga oleh kepala sekolah secara langsung. Pendidikan karakter tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya pemahaman dari guru itu sendiri.

Di SD Al Masoem, siswa tidak hanya dididik menjadi siswa yang berprestasi, tapi juga dididik untuk menjadi siswa yang berkarakter unggul. Pemahaman guru sangat penting dalam mengembangkan pendidikan karakter anak di SD Al Masoem. Maka dari itu, setiap walikelas wajib untuk terus mengikuti perkembangan siswa/i nya, selain sebagai tanggung jawab walikelas sebagai orang tua kedua siswa selama disekolah, juga untuk lebih memahami karakter siswa agar pendidikan karakter pada anak lebih terkontrol.

  • Pembiasaan Berkarakter Baik Selama Disekolah

Pembiasaan berkarakter baik selama disekolah merupakan metode pendekatan kedua yang selalu dilaksanakan oleh lembaga Al Masoem. Bukan menjadi peraturan sekolah saja, akan tetapi menjadi kewajiban khusus bagi siswa untuk menjadi contoh bagi siswa sekolah lain bahwa Al Masoem memang memiliki siswa yang berkarakter baik.

Pembiasaan berkarakter baik ini juga tertulis dalam tata tertib sekolah. Sebagai sarana motivasi dan pendidikan karakter selama bersekolah di SD Al Masoem. Karena sebagai sekolah yang lebih menjunjung tinggi attitude atau karakter siswanya, Al Masoem selalu memberikan reward kepada mereka yang berkarakter baik. Namun bagi mereka yang tidak bisa berbicara dengan baik atau memiliki attitude yang kurang baik akan mendapatkan sanksi poin pelanggaran.

Namun untuk SD Al Masoem kami memberikan keringanan, bagi mereka siswa kelas 1-3 SD tidak ada yang namanya sanksi poin, karena bagi kami agresivitas siswa merupakan hal yang normal, maka dari itu guru dan staff pengajar SD Al Masoem memberikan edukasi secara langsung dan mendidik dengan memberikan arahan kepada siswa untuk berkarakter baik, tentu saja dengan pendidikan percontohan yang dilaksanakan guru dan staff pengajar lainnya.

  • Keteladanan

Hampir sama dengan pembiasaan berkarakter baik selama disekolah, keteladanan juga menjadi metode yang dilaksanakan SD Al Masoem untuk memberikan edukasi positif tetang perkembangan pendidikan karakter anak diusia dini. Tentu saja dengan reward dan punishment membuat siswa/i menjadi lebih mudah termotivasi untuk menjadi siswa/i yang berakrakter unggul

Pendidikan Karakter Dapat Membentuk Pribadi yang Cerdas Secara Emosi.

Pendidikan anak usia dini merupakan penentu pembentukan karakter manusia Indonesia di dalam kehidupan berbangsa. Pendidikan anak usia dini adalah jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Yang dilakukan melalui simulasi atau rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani agar memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, informal dan non formal. 

Pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, pada generasi anak usia dini menjadikan pribadinya nanti akan cerdas secara emosi. Kecerdasan emosi ini adalah bekal yang penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan, karena individu akan dapat berhasil  menghadapi berbagai macam tantangan kehidupan, termasuk didalamnya keberhasilan akademis. Menurut ahli sebut saja Dorothy Law Nolte menyatakan bahwa anak belajar dari kehidupan lingkungannya.

Penerapan Pendidikan karakter pada anak usia dini dilakukan dengan tumpuan utamanya adalah dari orang tua yang memberikan pendidikan pemahaman yang pertama dan bersinergi dengan sekolah misalnya kelompok bermain/play group, TPA dan lain sebagainya. Sehingga penanaman nilai karakter bangsa dengan dasar  olah hati, olah pikir, olah raga, dan olah karsa menjadi lebih terakltualisasi dan mengkristal dalam sanubari individu, karena sudah di bentuk sejak usia dini.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

24 Agustus 2016
Fasilitas ruang kelas yang memadai dan nyaman merupakan salah satu aspek penting dalam mendukung terciptanya suasana belajar dan mengajar yang kondusif bagi para peserta didik. Suasana belajar dapat menjadi lebih efektif karena para peserta didik bisa fokus dan berkonsentrasi pada kegiatan ...
Pembekalan Siswa Kelas IX Jelang UNBK 2018
6 April 2018
Para peserta didik kelas IX SMP Al Ma’soem Bandung endapatkan pebekalan khusus dari Ketua Yayasan Al Ma’soem Bandung, Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi ...
Tips Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Pemalu
3 September 2021
Seorang anak remaja memiliki beberapa karakter khas yaitu mencari jati diri melalui lingkungan pergaulannya serta senang akan sesuatu yang baru. Namun tidak ...
menyambut bulan suci ramadhan
19 Maret 2021
Penulis : Ayi Mi'raz Almasoem.sch.id,-  Allah sengaja merahasikan batas usia kita, jatah usia kita sampai saat inipun kita tidak ...
17 Januari 2017
Meneruskan jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit merupakan harapan dan cita-cita banyak siswa SMA. Perguruan Tinggi Negeri merupakan tujuan utama bagi para siswa/siswi SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya, selain karena kualitas pendidikan yang ditawarkan tapi juga ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top