IMG-20221128-WA0035

5 Manfaat berorganisasi di sekolah dan pesantren

Organisasi sekolah adalah sebuah sistem yang dibuat oleh sekolah untuk bergerak dan memiliki tujuan untuk merumuskan tujuan dan merealisasikannya sehingga setiap kegiatan sekolah yang diciptakan akan mampu bergerak dan berjalan dengan efektif. Organisasi sekolah juga lingkup sumber daya, peristiwa dan personil sekolah. Secara umum organisasi juga dapat diartikan sebagai sebuah perkumpulan yang sistematis dan efektif untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Organisasi sekolah memiliki banyak manfaat salah satunya adalah membantu mencapai tujuan dan sasaran sekolah secara lancar, membangun hubungan antar personil sekolah, dengan organisasi sekolah ini juga siswa akan mendapatkan manfaat yaitu siswa mampu mengelola waktu, mengasah berbagai macam kemampuan siswa, melatih siswa menjadi seorang pemimpin, membangun kepercayaan diri siswa dan membuat siswa menjadi siswa yang terkenal.

Manfaat berorganisasi siswa di sekolah sebagai bahan siswa untuk belajar mengelola waktu

Berorganisasi di sekolah memberikan banyak manfaat bagi siswa baik itu siswa sekolah dan pesantren salah satunya adalah memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar mengelola waktu. Belajar mengelola waktu tidak akan pernah bisa siswa dapatkan di sekolah khusus, ini adalah sebuah ilmu yang bisa didapatkan salah satunya dari berorganisasi. Saat siswa ikut serta dalam berorganisasi siswa harus mampu membagi waktu antara belajar di kelas dengan kegiatan organisasi sekolah. Dimana kegiatan OSIS ini juga kadang memanfaatkan waktu belajar, ini yang menjadi momok bagi sebagian siswa yang tidak bisa mengatur waktu. Maka dari itu organisasi sekolah juga menjadi salah hal yang penting untuk menunjang skill siswa dalam mengelola waktu. 

Berorganisasi di sekolah dan di pesantren juga dapat mengasah berbagai macam kemampuan siswa di sekolah

Bagi siswa yang ikut serta dalam organisasi di sekolah akan mendapatkan manfaat yaitu dapat mengasah kemampuan siswa terutama ilmu komunikasi dan bersosialisasi. Selain itu juga berorganisasi di sekolah dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mampu berpikir positif dalam menghadapi berbagai macam persoalan, berorganisasi di sekolah juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam public speaking, mengingat banyak sekali kegiatan organisasi sekolah yang akan melibatkan OSIS yang memang membutuhkan skill public speaking.

Berorganisasi di sekolah dan di pesantren juga dapat membangun kepercayaan diri siswa

Mengikuti organisasi sekolah dapat membangun kepercayaan diri siswa. Bagaimana tidak, siswa akan dibentuk aktualisasi dirinya sehingga percaya diri dalam pergaulan sosial baik di sekolah atau di lingkungan masyarakat sekitarnya. Kepercayaan diri bagi siswa ini penting, karena dapat membentuk mental siswa yang kuat dalam menghadapi banyak hal. Mereka yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi atau yang memang dibentuk dalam organisasi untuk mampu percaya diri akan lebih memiliki jiwa pemberani, terutama berani untuk mengambil langkah dan tidak takut untuk melakukan kesalahan serta dapat belajar segala hal dengan cepat.

Manfaat berorganisasi siswa di sekolah dapat melatih siswa menjadi seorang pemimpin

Mereka (siswa) yang terpilih menjadi OSIS atau Dewan Santri (pesantren) merupakan siswa yang memang telah dipilih oleh siswa lainnya dan diberikan kepercayaan untuk mengurus organisasi sekolah dengan harapan siswa yang dipilih itu dapat menjadi seorang pemimpin. Pemimpin yang amanah, yang memiliki sifat fathonah, dan memiliki ilmu komunikasi yang baik. Perlu diketahui juga OSIS dan Dewan santri merupakan organisasi sekolah yang akan menjadi cikal bakal organisasi yang menciptakan calon calon pemimpin negeri. 

Berorganisasi di sekolah dan di pesantren juga dapat membuat siswa menjadi lebih terkenal di lingkungan sekolah

Mengikuti organisasi sekolah dapat membuat siswa menjadi seorang yang terkenal bahkan secara tidak langsung akan lebih mudah dikenal oleh siswa lainnya. Mereka (siswa yang aktif di OSIS MPK dan Dewan Santri) juga akan lebih dikenal oleh guru, apa lagi jika sudah menjadi anggota OSIS dan MPK dan berprestasi maka tidak aneh jika anda akan semakin menjadi siswa yang terkenal.

Berorganisasi di sekolah dan di pesantren merupakan sebuah ilmu yang tidak akan pernah anda dapatkan di sekolah khusus, maka dari itu di masa remaja sudah selayaknya jika anda ikut serta dalam kegiatan OSIS dan MPK, karena anda akan mendapatkan berbagai macam ilmu yang bermanfaat dan juga anda akan lebih dan semakin dikenal oleh semua orang. Di Al Masoem sendiri khusus ketua OSIS dan MPK beserta TIM nya akan mendapatkan fasilitas khusus yaitu gratis berenang seumur hidup dan gratis menggunakan berbagai macam fasilitas sekolah meskipun sudah lulus dari sekolah.