Prestasi siswa SMP 2022 (83)

5 Tipe Disiplin Siswa di Yayasan Al Ma’soem

Disiplin menjadi salah satu perilaku yang terpuji di lingkungan sekolah. Para guru tidak akan bosan-bosannya untuk mengingatkan siswanya untuk bisa bersikap disiplin, baik itu di lingkungan sekolah maupun di rumah. Sebab disiplin adalah kunci dari kesuksesan murid dalam mencapai impiannya. Hal ini pula oleh Yayasan Al Ma’soem terapkan kepada para siswanya.

5 Tipe Disiplin Siswa di Yayasan Al Ma’soem

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin adalah ketaatan atau kepatuhan kepada peraturan (seperti tata tertib dan sebagainya). Biasanya dalam penerapan disiplin diiringi dengan sanksi atau hukuman bagi yang melanggarnya. Itulah wujud konsekuensi yang perlu dirasakan bagi para pelanggar disiplin (indisipliner). Adapun jenis sanksi yang didapatkan tergantung dari bobot pelanggaran yang dilakukan.

Setiap sekolah memiliki kebijakan tersendiri dalam penegakan kedisiplinan. Cara pandang yang berbeda membuat setiap sekolah memiliki keunikan tersendiri. Sekolah di lingkungan Yayasan Al Ma’soem sendiri menerapkan sistem poin tanpa menggunakan sanksi secara fisik. Pilihan ini dirasa cukup penting bagi kami karena pendidikan yang baik juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih ramah tetapi tetap tegas.

Yayasan Al Ma’soem telah membuat tata tertib yang terkandung nilai-nilai disiplin didalamnya. Maka dari itu, mari kenali 5 tipe disiplin siswa yang diberlakukan di lingkungan Al Ma’soem!

Disiplin Dalam Belajar

Disiplin dalam belajar berkaitan dengan aturan kegiatan belajar selama mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Penerapan Full Day School membuat sekolah di lingkungan Yayasan menerapkan jam belajar mulai pagi hingga sore untuk SMP dan SMA Al Ma’soem. Jam belajar yang terkesan padat ini membuat waktu belajar mereka hanya 5 hari dalam seminggu. Pada hari sabtu dan minggu bisa digunakan oleh sang anak untuk berkumpul dengan keluarga atau mengeksplorasi diri.

Ini sedikit berbeda dengan siswa Boarding School atau siswa PSAM, karena mereka akan tinggal di dalam asrama dalam lingkungan Yayasan. Mereka memiliki jadwal belajar tidak hanya di sekolah formal, tetapi juga di lingkungan asrama. Kegiatan belajar telah diatur sedemikian rupa yang membuat para siswa santri terisi waktunya dengan kegiatan produktif.

Disiplin Dalam Berpakaian

Di Yayasan Al Ma’soem, gaya berpakaian siswa telah diatur sebagaimana sekolah lainnya. Hanya saja berbeda dengan sekolah negeri, pakaian seragam yang diberikan memiliki warna yang berbeda. Pada hari senin sampai rabu, siswa Al Ma’soem akan mengenakan baju lengan pendek dan dimasukan kedalam celana. Hari kamis mereka akan mengenakan batik Al Ma’soem dan hari Jum’at mengenakan baju muslim putih dengan lengan panjang. Model celana yang dikenakan semuanya adalah celana panjang.

Disiplin Dalam Berpenampilan

Sudah sepantasnya sebagai siswa untuk berpenampilan yang baik dan rapih. Hal ini juga yang diterapkan di lingkungan Yayasan Al Ma’soem, dimana penampilan yang rapih adalah cerminan siswa ‘Cageur, Bageur, Pinter’. Terdapat aturan berseragam yang perlu dipatuhi antara siswa pria maupun siswa perempuan. Contohnya rambut tidak boleh gondrong bagi siswa pria dan tidak menggunakan make up berlebihan bagi siswa perempuan.

Disiplin Dalam Menjaga Lingkungan

Salah satu ciri siswa Al Ma’soem adalah mampu menjaga lingkungan dengan baik. Lingkungan yang dimaksud berada dalam areal Yayasan dengan tidak melakukan pengotoran fasilitas. Membuang sampah pada tempatnya adalah langkah yang bisa dilakukan, juga menjaga kebersihan kelas melalui jadwal piket harian.

Disiplin Dalam Beribadah

Yayasan Al Ma’soem berusaha menyeimbangkan ilmu formal sekolah dan ilmu agama, sehingga sedari awal orang tua siswa telah dikenalkan nilai-nilai islami yang diterapkan oleh pihak sekolah Al Ma’soem. Salah satu poin yang ditekankan adalah pelaksanaan sholat dhuhur dan ashar berjama’ah di masjid PSAM. Seluruh siswa (SD, SMP dan SMA Al Ma’soem) akan diarahkan pada Masjid PSAM di lingkungan asrama Al Ma’soem.

Selain itu para siswa Al Ma’soem ditargetkan memiliki hafalan 3 Juz saat lulus, dimana terdapat jam khusus pelatihan hafidz bagi siswa SMP dan SMA Al Ma’soem. Bagi yang memiliki hafalan yang lebih baik malah lebih baik, karena pihak Yayasan akan memberikan reward yang menarik.

 

 

Penulis: Gumilar Ganda