Boarding School Al Masoem, Tempat Mewujudkan Insan Berintelektual Tinggi dan Berakhlakul Karimah

9 September 2021 | Dibaca : 149x | Oleh : Mohamad Ramdan
Boarding School Al Masoem, Tempat Mewujudkan Insan Berintelektual Tinggi dan Berakhlakul Karimah

Krisis moral yang terjadi terutama pada anak remaja saat ini sudah harus mulai diperbaiki. Ditambah dengan metode pembelajaran daring yang mengharuskan siswa/i berada dirumah, membuat moral siswa yang bisa dibentuk didunia sekolah bisa tersendat dan bahkan semua program yang dilakukan sekolah sebagai salah satu lembaga yang bisa mendukung pembentukan karakter siswa bisa hancur.

Krisis moral ini bukan permasalahan yang bisa disepelekan, moral atau adab yang baik tetap harus dimiliki siswa, baik itu kepada teman sebaya, kepada orang tua, terhadap guru dan juga terhadap mereka yang lebih tua. Pentingnya didikan karakter bagi siswa/i menjadi solusi terbaik yang bisa ditanamkan kepada siswa/i. Namun tidak semua sekolah menyediakan kurikulum yang memfokuskan diri pada pendidikan karakter. Maka dari itu, solusi terbaik untuk mengingkatkan pendidikan karakter siswa adalah dengan memberikan pendidikan karakter di sekolah berasrama atau boarding school yang memang bisa memberikan pendidikan karakter siswa secara penuh.

Boarding School Sebagai Solusi Untuk Meminimalisir Krisis Moral Remaja

Boarding school merupakan sekolah berasrama, dimana pada umumnya boarding school memiliki aktifitas yang padat, selain itu juga Boarding School pada umumnya selalu mengkedepankan pendidikan karakter, tentu saja dibarengi dengan ilmu agama yang sangat kental, tidak berbeda jauh dengan konsep pembelajaran di pesantren. Dengan kurikulum yang pada umumnya mengikuti kurikulum 2013 (kurtilas) pendidikan Boarding School termasuk salah satu pendidikan dengan kurikulum yang lebih disempurnakan.

Kurikulum yang lebih disempurnakan ini merupakan cetusan dari Boarding School Al Masoem, dimana dalam praktiknya kami menyempurnakan kurikulum kurtilas dengan menambahkan kurikulum khas Al Masoem dimana dalam kurikulum khas Al Masoem ini, kami lebih menekankan pendidikan karakter yang sangat tinggi bahkan sampai 70% pendidikan kurikulum khas Al Masoem adalah pendidikan karakter, dimana pendidikan karakter ini dapat meminimalisir krisis moral, terutama untuk remaja tanggung yang sedang mencari jati dirinya sendiri.

Sistem Kurikulum Kurtilas yang Disempurnakan, Menjadi Kurikulum Terbaik yang Bisa Didapatkan Siswa/i dan Santri Selama Di Boarding School

Dengan kurikulum kurtilas yang disempurnakan ini juga membuat Boarding School Al Masoem dan bahkan Fullday School Al Masoem ini memiliki jam pelajaran agama yang lebih banyak. Sebagai contoh, untuk mata pelajaran agama disekolah, siswa/i akan mendapatkan jatah jam pelajaran lebih lama dari pada jam pelajaran umumnya. 

Sebagai contoh seperti kurikulum kurtilas di SMP Al Masoem, siswa diberikan pembekalan tahfidz dengan Metode Murajaah pada jam pelajaran pertama yang wajib diikuti oleh siswa dan santri baik Boarding dan Fullday School Al Masoem, kemudian sekolah memberikan toleransi atau waktu luang bagi siswa/i yang ingin melaksanakan shalat Dhuha di Mushala atau di Mesjid Pesantren Siswa Al Masoem, pada Dzuhur dan Ashar siswa diwajibkan untuk shalat berjemaah sebelum pulang.  Di Balik itu juga kami memiliki program hafidz 3 Juz yang dapat diikuti siswa dan santri selama bersekolah dan nyantri di SMP Al Masoem.

Kurikulum kurtilas yang disempurnakan ini juga berlaku untuk santri selama dipondok pesantren atau di Boarding School Al Masoem. Dimana dalam praktiknya kami memberikan lebih banyak materi tentang keagamaan untuk santri selama di pondok pesantren, seperti materi tentang Al Qur’an/Tajwid, Fiqih, Akidah Akhlak, Nahwu Shorof & Bahasa, selain itu juga ada beberapa kelas takhosus seperti kelas takhosus tahsin, tahfidz dan kitab kuning.

Adapun beberapa kitab yang dapat dipelajari santri selama di Boarding School Al Masoem adalah kitab Safinatunnajah, kitab Tijan Addarori, kitab Aljurumiyah, kitab Ta’lim Muta’alim, kitab Sulam Attaufiq,  kitab Aljajariyah, dan lain sebagainya. Adapun manfaat belajar kitab kuning Bisa anda akses disini

Walisantri Sebagai Penanggung Jawab Santri Selama di Boarding School 

Sistem pembelajaran boarding juga selalu dalam pengawasan pihak sekolah 24 jam sehingga jadwal belajar dapat optimal. Tapi semua tergantung dari pihak sekolah itu sendiri, kalau di Al Masoem setiap siswa/i yang merangkap sebagai santri Pesantren Siswa Al Masoem tanggung jawab atau pengawasan siswa/i dan santri dibagi menjadi 2 waktu, yaitu ketika pagi hingga sore merupakan tanggung jawab walikelas selama disekolah, sedangkan selama di pesantren dari sore hingga subuh merupakan tanggung jawab walisantri.

Bagi anda yang tidak tahu, sistem tanggung jawab santri SMP dan SMA Al Masoem selama dipesantren adalah tanggung jawab wali santri, absensi dan keberhasilan santri didik adalah tanggung jawab wali santri selama dipesantren, sehingga sistem senioritas tidak akan pernah bisa anda dapatkan selama berasrama di Boarding School Al Masoem.

Keberhasilan walisantri dan walikelas sendiri dapat dilihat dari prestasi siswa/i dan santri didiknya, misalkan ada seorang santri yang berhasil menghafal atau memiliki hafalan melebihi target yang Al Masoem punya maka seorang wali santri tersebut adalah walisantri yang berhasil mendidik santrinya dengan baik, begitu juga dengan walikelas. Maka dari itu bagi siswa/i dan santri, orang tua kedua ananda selama di boarding school adalah walikelas dan walisantri anda sendiri, maka dari itu baik dan kurang baiknya ananda adalah tanggung jawab kita bersama. Jika memang ada miss komunikasi dengan guru dan walisantri maka anda memiliki hak untuk melaporkannya ke pihak yayasan.

Boarding School Al Masoem Menjadi Solusi Untuk Mewujudkan Insan Berintelektual Tinggi dan Berakhlakul Karimah

Boarding School merupakan solusi terbaik untuk mewujudkan insan yang berakhlakul kharimah. Karena pada dasarnya boarding school memiliki kurikulum dan pelajaran yang tidak berbeda jauh dengan pondok pesantren, yang membedakan adalah dari segi fasilitas dan pengelolanya saja. Yang membuat baording school lebih diminati adalah karena boarding school memiliki konsep pendidikan modern, dimana hanya diboarding school anda bisa mendapatkan ilmu atau didikan pelajaran umum dan agama sekaligus.

Dan hanya diboarding school juga anda bisa menjadi lulusan yang berintelektual tinggi namun tetap berakhlakul kharimah dan dapat bersaing dengan lulusan lulusan dari sekolah lain. Boarding School Al Masoem merupakan lembaga pendidikan yang berpayung dibawah lembaga Yayasan Al Masoem Bandung. Dimana kami menyediakan Boarding School untuk tingkat SMP dan SMA saja.

Lulusan Boarding School tingkat sekolah menengah pertama diharapkan dapat memiliki bekal minimal lulus hafal 3 juz, sedangkan untuk lulusan Boarding School tingkat sekolah menegah atas kami salurkan ke perguruan tinggi negeri, yang dimana setiap siswa lulusan SMA Al Masoem selalu mengalami kenaikan untuk masuk ke PTN, yaitu rata rata mencapai angka 52% lulusan Boarding School SMA Al Masoem mampu diterima ke Perguruan Tinggi Negri dan bahkan setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang tinggi.

Boarding School Al Masoem Solusi Terbaik Untuk Mendidik Moral Putra Putri Anda

Pada akhirnya, Boarding School Al Masoem sebagai sekolah terbaik di Sumedang menjadi sekolah yang harus anda jadikan pilihan utama, terutama bagi anda yang ingin putra putri anda menjadi siswa/i dan santri yang berakhlakul kharimah. Dibalik pendidikan karakter yang kental, Al Masoem juga merupakan sekolah yang selalu memaksimalkan potensi prestasi siswa/i dan santri didiknya. Sehingga lulusannya selain menjadi lulusan yang berakhlakul kharimah juga menjadi siswa/i dan santri yang sang bisa berkompetisi dengan lulusan lulusan sekolah lainnya.

Perkembangan pendidikan karakter membuat siswa/i dan santri Boarding School Al Masoem menjadi sangat memiliki etika dan sopan santun yang tinggi, program etika malu selama disekolah dan di pondok menjadi salah satu senjata untuk memaksimalkan attitude siswa/i dan santri agar tetap menjadi lulusan yang cerdikiawan dan juga berakhlakul kharimah. Dengan berbagai macam program yang Al Masoem miliki, Insya Allah lulusan kami menjadi lulusan yang Cageur, Bageur, Pinter dan berguna bagi agama keluarga dan bangsa.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Pendidikan Yang Di Rindukan Oleh Orang Tua Siswa
12 Juni 2020
Almasoem.sch.id,- Pendidikan adalah hal yang terpenting dalam kehidupan seseorang. Melalui pendidikan, seseorang dapat dipandang terhormat, memiliki karir ...
Pembelajaran Daring Sinkronus dan Asinkronus di Al Masoem
18 Maret 2021
Foto : Model dan Metode Pembelajaran daring SMP Al Masoem dimana menggunakan Model Pembelajaran secara Kreatif sesuai Kurikulum Kurtilas (kurikulum ...
smp al masoem
7 Juli 2020
Almasoem.sch.id,- Sistem poin pelanggaran di Al Ma'soem sudah berlaku lama, sistem seperti ini merupakanc ara efektif agar mendidik siswa tidak dengan ...
Program CBP Al Masoem masuk PTN agar lebih mudah
1 Maret 2021
Foto : CBP CAMP yang di laksanakan Online Penulis : Ayi Miraz  Almasoem.sch.id,- Pada University Fair SMA Al Ma’soem pekan ke-6, panitia ...
University Expo SMA Al Ma'soem
14 Mei 2021
Tingkat penerimaan peserta didik SMA Al Ma’soem yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) setiap tahunnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihak ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top