ACTIVE RECALL SEBAGAI METODE BELAJAR YANG PALING EFEKTIF

22 Februari 2021 | Dibaca : 25x | Oleh : Mohamad Ramdan
ACTIVE RECALL SEBAGAI METODE  BELAJAR YANG PALING EFEKTIF

Penulis : Kamaludin Ramdan Ramayuda, S.Psi (Konselor Pesantren Siswa Al Masoem)

Almasoem.sch.id,- Belajar sudah menjadi suatu keharusan didalam norma serta tatanan kehidupan sosial di era modern ini, bahkan proses belajar merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak memakan waktu didalam kehidupan kita. Jika dihitung dari kita masuk Taman Kanak-Kanak (TK) hingga kita lulus di jenjang Sarjana Strata 1 (S1), secara normal kurang lebih menghabiskan waktu selama 17 tahun belajar.

Ada banyak sekali hal yang kita pelajari dari sejak kecil hingga dewasa. Akantetapi seberapa banyak kah materi yang bisa kita serap jika dibandingkan dengan materi yang kita lupakan? Berapa persen materi yang sudah kita hafalkan dengan susah payah yang akhirnya bisa kita kuasai? Atau berapa banyak materi yang masih kita  ingat dan kita pakai hingga sekarang? Jawabannya pasti akan cenderung lebih sedikit.

Mungkin diantara kita juga pernah merasa bahwa apa yang coba kita pelajari dan hafalkan hanya hinggap sebentar saja di otak atau di ingatan. Kebanyakan orang-orang belajar dan menghafal, hanya untuk mengikuti ujian saja dan kemudian dilupakan. Bahkan sering terjadi orang-orang yang baru lulus kuliah atau orang yang lulus sekolah sama sekali tidak ingat mengenai hal-hal yang pernah dia pelajari di Sekolah atau Universitas.

Pertanyaannya, mengapa kita bisa tiba-tiba lupa seperti itu? Mengapa sih kita merasa sudah banyak belajar tentang banyak hal lalu kemudian hilang begitu saja tanpa berbekas? 

Kita harus mengevaluasi bagaimana cara belajar kita selama ini, apakah sudah efektif ataukah belum?. Pada umumnya metode yang sering digunakan oleh banyak orang dan di banyak institusi adalah metode menghafal. Memang ada banyak hal di dunia ini yang penting untuk kita hafalkan,  seperti misalnya rumus-rumus matematika, atau tanggal-tanggal peristiwa penting di dalam sejarah.

Terlepas dari berbagai masalah di dalamnya, memang harus diakui jika menghafal adalah salah satu skill penting dalam belajar. Akantetapi sayangnya, tidak jarang metode menghafal ini diterapkan kepada semua jenis pelajaran. Sementara subjek yang harus kita pelajari itu sangat banyak sekali, sehingga hasilnya tidak akan maksimal jika semuanya di hafalkan.

Secara rata-rata, kita akan melupakan 50% dari informasi yang kita pelajari hanya dalam satu jam saja, dan dalam 24 jam kita akan lupa sekitar 70% nya (Dr.Art Kohn).  Hal tersebut terjadi karena sebenarnya melupakan adalah Proses Kognitif yang cukup penting, karena tujuannya adalah untuk membersihkan informasi yang sudah tidak relevan/tidak penting, agar proses berpikir kita menjadi lebih cepat dan efektif.

Metode belajar yang hanya menggunakan cara membaca dan menghafal bisa dikatakan sebagai metode Passive Review, yaitu hanya secara pasif memasukan informasi ke otak dan membiarkan informasi yang dipelajari masuk secara alami ke otak. Tapi lama kelamaan, jika informasi tersebut sudah dianggap tidak penting oleh otak kita, lama kelamaan informasi tersebut akan dilupakan atau dibuang secara otomatis oleh otak kita. Sehingga kita perlu memberi tau kepada otak kita bahwa ada beberapa informasi yang cukup penting dan jangan sampai dilupakan. Caranya adalah dengan bagaimana kita memasukan informasi secara aktif dengan melakukan apa yang disebut sebagai Active Recall. 

Active Recall adalah cara belajar efisien yang dilakukan dengan menstimulus informasi dari Short Term Memmory (memori jangka pendek) ke dalam Long Term Memmory (memori jangka panjang) kita, sehingga kita akan dengan mudah untuk melakukan Recalling atau pemanggilan kembali informasi saat kita membutuhkannya, misalnya ketika kita ujian. Ketika kita sedang menghafal suatu surat di dalam Al-Qur’an misalnya, jika kita menggunaan Passive Review, kita hanya akan membaca dan menghafal ayat per ayatnya saja.

Akantetapi jika melakukan Active Recall, kita tidak hanya membaca dan menghafalkan ayat per ayatnya saja secara terus menerus, melainkan mencoba mendalami isi dari ayat tersebut, seperti misalnya memikirkan “ayat ini bercerita tentang apa?” , “bagaimana kira-kira ya kejadiannya waktu itu?”, “peristiwa apa ya yang melatarbelakangi diturunkannya ayat tersebut?”, intinya kita bertanya secara terus menerus  didalam pikiran kita, supaya kita melakukan Review secara aktif dan juga mengeluarkan usaha yang lebih untuk mengingat dan memikirkannya,  dibandingkan hanya membiarkan informasi mengalir secara pasif ke otak kita.

Hal tersebut yang akan membuat otak kita akan mengetahui jika informasi tersebut merupakan informasi yang penting, sehingga tidak akan di buang atau dihapuskan. Rehearsal atau pengulangan adalah salah satu cara untuk memasukan informasi dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang. Karena memori jangka pendek memiliki kapasitas yang terbatas untuk menyimpan informasi dalam jangka lama. Maka kita harus segera memindahkan informasi tersebut, apakah dengan membuangnya atau memasukannya ke memory jangka panjang.

Ada banyak penelitian yang sudah membuktikan efektifitas dari metode Active Recall ini, pada salah satu penelitiannya mengatakan bahwa  belajar kosakata baru dengan Active Recall membantu partisipan mengingat hingga 80% , jauh lebih banyak dibanding belajar dengan metode Passive Review yang hanya dapat mengingat hingga 34% saja. Berikut adalah beberapa metode dalam melakukan Active Learning :

1. Spaced Repetition

Mengulang apa yang sudah kita pelajari dalam jangka waktu tertentu, misalnya seperti yang dicontohkan oleh tokoh memory grand master dunia (Dominic O’Brien), kita dapat melakukan Recall secara berkelanjutan pada waktu-waktu dibawah ini :

  • Sesaat setelah dipelajari
  • 1 hari setelahnya
  • Setelah 3 hari
  • Setelah 1 minggu
  • Setelah 1  bulan
  • Setelah 3 bulan

2. Membuat Catatan atau Menggunakan Flas Card

Dengan menuliskan hal-hal penting pada sebuah catatan atau membuat Flash Card yang terdiri dari 2 sisi, sisi pertama berisi pertanyaan-pertanyaan tentang materi tersebut, sisi sebaliknya berisi jawaban dari pertanyaan tersebut. Sehingga kita dapat membawa materi tersebut kemanapun kita pergi dan dapat dengan mudah untuk kita membaca atau melihat kembali untuk memberikan stimulus informasi tersebut agar dapat masu kedalam memori ingatan jangka panjang.

3. Sharing Materi Yang Kita Pelajari Kepada Orang Lain

Dengan menceritakan atau mengajarkan kepada orang lain tentang materi yang tengah kita pelajari. Sehingga hal tersebut memaksa otak kita untuk menstrukturkan informasi yang kita miliki sekaligus mencoba untuk mengevaluasi atau mendapatkan pemahaman dari sudut pandang orang lain.

4. Melakukan Drilling

Yaitu dengan membaca kembali dan meresapi makna dari materi yang kita pelajari secara berulang-ulang. Sama seperti halnya dalam proses menghafal Al-qur’an, terdapat istilah Muroja’ah. Cara ini juga dapat memberikan stimulus kedalam otak kita untuk membangkitkan informasi-informasi yang sedang dipelajari.

Metode-metode diatas merupakan sebagian kecil dari cara kita untuk dapat belajar secara efektif, masih banyak metode lainnya yang dapat kita lakukan hingga kita mendapatkan metode yang paling sesuai dengan diri kita. Jadi selamat mencoba dan selamat mencari.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

[REPOST] Keunggulan SMP – SMA Al Ma’soem : Tindak Tegas Nyontek
8 Oktober 2019
Oleh : Asep Sujana, Drs. M.M Sejalan dengan mengemukanya perdebatan di berbagai diskusi formal dan media masa tentang sanksi hukuman mati  bagi ...
WIsuda SD Al Ma'soem akan di laksanakan secara Daring !!
18 Juni 2020
ilustrasi : Miss Eva selaku MC dalam Acara Wisuda Daring SMA Al Ma'soem pada (13/06)    Almasoem.sch.id,- Daring merupakan istilah ...
Sekar Raih Medali Emas dalam Kejuaraan ITN Taekwondo
1 Maret 2017
Sekar siswa SMP Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi yang impresif dalam bidang olahraga Taekwondo. Sekar berhasil meraih Juara I (1st Place) pada ...
tips mencari sekolah terbaik, jangan cari sekolah asal mahal tapi tidak punya visi misi yang jelas
8 Februari 2021
Almasoem.sch.id,- Sudah menjadi hal yang lumrah jikalau orang tua mencari sekolah yang terbaik untuk putra putrinya. Biasanya orang tua memikirkan ...
Al Ma'soem SMA ISLAM Terpadu ??
31 Mei 2020
Almasoem.sch.id,- SMA Islam Terpadu – Jika kita melihat dari konteks judulnya, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, terpadu berarti kurikulum ...

Informasi Pendaftaran

png
Dr Tonton
Doktor Wisuda
SMP SMA
sd
tk
online
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top