07-gedung-003

Yuk Persiapkan Anak Belajar Bahasa Asing Sedari Dini

Belajar bahasa asing menjadi hal yang begitu penting untuk dilakukan di masa sekarang. Bagaimana tidak, arus globalisasi yang terjadi membuat seluruh masyarakat dunia dapat terhubung satu sama lain. Ini bisa menjadi kesempatan besar bagi anak untuk bisa memahami berbagai jenis bahasa asing yang populer.

Maka dari itu, yuk persiapkan anak belajar bahasa asing sedari dini. Akan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh anak nantinya ketika melalui proses belajar mengajar di sekolah. Untuk itu, mari simak bersama 5 manfaat belajar bahasa asing. Bocoran dulu aja,  anak akan memiliki akses belajar yang jauh lebih luas!

Efektivitas kinerja otak yang meningkat

Dengan mempelajari bahasa asing, kinerja otak akan terasah seiring waktu. Hal ini disebabkan oleh wujud stimulasi otak yang baik, dimana otak akan berpikir hingga mengingat dan memahami berbagai kosakata dan tata bahasa. Bahkan

Itulah yang menyebabkan orang dengan kemampuan berbicara lebih dari satu bahasa (bilingual) memiliki kemampuan fokus yang lebih tinggi dalam mengerjakan suatu tugas. Ia akan lebih mudah membagi waktu dan prioritas atas tugas-tugas yang dimiliki.

Wawasan yang lebih luas

Dengan belajar bahasa asing, anak akan diajak untuk mempelajari bagaimana bentuk komunikasi orang asing di luar sana. Mulai dari cara menyapa, cara menanggapi sesuatu dan jenis komunikasi lainnya. Sang anak akan mulai banyak membaca buku bacaan dengan bahasa asing tersebut dan mempelajari produk budaya mereka.

Hal inilah yang membuat wawasan dan pengetahuan anak akan menjadi lebih luas. Ia akan mendapatkan akses belajar yang lebih luas berkat memahami bahasa asing.  Ia akan lebih mudah memahami berbagai tontonan video luar yang umumnya sarat dengan informasi menarik.

Mampu berpikir lebih kreatif

Belajar bahasa baru itu berarti mempelajari karakter, budaya dan sejarah dari pemilik bahasa asal. Ini tentunya dapat membuka pemikiran sang anak terhadap budaya-budaya luar, produk budaya mereka dan hal lainnya. Secara tak langsung, wawasan anak akan semakin luas dan berpotensi untuk berpikir secara kreatif.

Kreatif ini dalam hal mampu menemukan jawaban dalam suatu permasalahan melalui cara maupun sudut pandang lain. Anak juga akan mampu untuk berpikir secara rasional karena sudah mendapatkan wawasan yang sempat didapatkan ketika belajar bahasa.

Agenda seru bersama keluarga

Belajar bahasa juga bisa menjadi sebuah agenda belajar seru yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak. Orang tua bisa menggunakan berbagai media untuk membantu anak untuk belajar bahasa, bermain games bersama ataupun sekedar mengobrol dengan bahasa asing.

Hal ini akan membuat kesan baik kepada anak bahwa belajar bahasa itu dapat menyenangkan. Biasanya bila belajar menggunakan metode ini akan mudah diingat oleh anak karena interaksi dengan orang tua punya impresi yang kuat di benak otak anak.

Peluang studi dan kerja di masa depan

Belajar bahasa asing di masa dini bukan hanya tentang melatih tumbuh kembang otak menjadi lebih matang, tetapi juga ini menjadi bekal sang anak ketika menjadi dewasa nanti. Kehidupan saat ini yang sudah semakin maju menuntut kita sebagai individu yang harus pintar untuk beradaptasi. Memiliki kemampuan bahasa asing adalah salah modal untuk beradaptasi.

Maksudnya apa? Ketika memasuki masa sekolah hingga kuliah, anak pasti akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ilmu yang bisa didapatkan terkadang tidak bisa ditemukan oleh literatur bahasa Indonesia, melainkan literatur dari negara lain seperti buku import atau jurnal internasional. Itulah bahan belajar yang mungkin akan bisa dinikmati oleh orang yang telah memiliki kemampuan berbahasa asing.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika mengajak anak untuk belajar bahasa asing sedini mungkin. Tidak ada kata terlambat untuk memulai, namun pastikan kalian sebagai orang tua tahu betul apa yang ingin dicapai dan bagaimana itu bisa konsisten dilakukan oleh anak tanpa sang anak merasa terbebani. Inilah tantangan orang tua yang perlu dilalui untuk mempersiapkan masa depannya.

 

 

Penulis: Gumilar Ganda