Karantina tahfidz (10)

5 pengalaman terbaik yang bisa didapatkan di sekolah berasrama

Sekolah berasrama adalah sekolah yang menyediakan suasana belajar dan tinggal yang hangat dan aman bagi siswa. Biasanya, sekolah berasrama menawarkan pengalaman belajar yang lebih intensif dan berfokus pada keterampilan sosial dan akademik. Siswa tinggal di sekolah atau di asrama kelas untuk jangka waktu yang panjang, dimana mereka dapat menerima pelatihan dan bimbingan selama jam sekolah dan luar jam sekolah. Di asrama ini, siswa juga dapat terlibat dalam berbagai kegiatan di luar jam sekolah, seperti berolahraga, mengikuti klub, dan lain-lain.

Mengapa harus sekolah berasrama? Kebanyakan sekolah berasrama menawarkan suasana belajar yang kondusif dan berkesan. Di sekolah berasrama, para siswa dapat belajar dan berlatih dalam lingkungan yang memunculkan kehidupan bersama. Mereka dapat belajar bagaimana bekerjasama, berkolaborasi, mengelola waktu, dan mencapai tujuan bersama. Ini adalah peluang yang sangat berharga bagi para siswa untuk mengembangkan skill yang akan berguna bagi mereka di masa depan. Selain itu, di sekolah berasrama, para siswa dapat belajar dalam lingkungan yang aman dan mendukung. Mereka dibimbing oleh guru yang profesional dan berpengalaman. Mereka juga dapat berinteraksi dengan orang lain dalam lingkungan yang teratur dan dimodelkan oleh para guru dan staf lainnya. Hal ini sangat penting untuk membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial yang mereka butuhkan untuk menjadi orang dewasa yang sukses

Adapun 5 pengalaman berharga yang bisa didapatkan seseorang ketika bersekolah di sekolah berasrama atau boarding school.

  1. Menjalin Hubungan yang Akrab dengan Teman-teman 

Ketika bersekolah di boarding school, siswa akan memiliki banyak waktu untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-teman sekolah. Hal ini dapat membantu siswa dalam membangun hubungan yang akrab, baik dalam berbagi banyak cerita, mengerjakan tugas bersama, hingga berbagi banyak hal lainnya. 

  1. Belajar tentang Tanggung Jawab 

Di boarding school, siswa dilatih untuk menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab. Siswa dituntut untuk melakukan banyak hal, seperti memastikan tugas sekolah selesai tepat waktu dan bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri. 

  1. Berpartisipasi dalam Banyak Kegiatan 

Di boarding school, siswa akan diberikan banyak kesempatan untuk berpartisipasi dalam banyak kegiatan. Mulai dari kegiatan olahraga, lomba, hingga kegiatan ekstrakurikuler lainnya. Hal ini dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa. 

  1. Memiliki Waktu yang Lebih Banyak untuk Belajar 

Di boarding school, siswa akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk belajar. Mereka akan lebih fokus dalam belajar karena tidak ada hal-hal yang mengganggu kegiatan belajar mereka. 

  1. Menjadi Lebih Terampil 

Di Boarding School, siswa akan belajar banyak hal baru, seperti memasak, mencuci pakaian, dan beberapa kemampuan lainnya. Hal ini akan membantu siswa dalam menjadi lebih mandiri dan terampil.

Selain 5 pengalaman itu di sekolah berasrama juga biasanya ada yang namanya beasiswa bagi siswa dan calon siswanya. Secara universal setidaknya ada 5 jenis beasiswa yang biasa berlaku di sekolah bagi calon siswanya seperti : 

  1. Beasiswa Akademik: 

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki prestasi akademik yang baik. Peserta yang memenuhi syarat untuk memohon beasiswa ini biasanya akan mendapatkan beasiswa untuk membayar biaya pendidikan dan biaya pengembangan. 

  1. Beasiswa Prestasi: 

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang akademik, olahraga, seni, atau kegiatan sosial. Beasiswa ini biasanya berisi pemberian biaya pendidikan, pembiayaan biaya hidup, atau bantuan lainnya. 

  1. Beasiswa Bantuan Hidup: 

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan untuk biaya hidup seperti biaya makan, biaya transportasi, dan biaya lainnya. Beasiswa ini diberikan berdasarkan kriteria yang ditentukan. 

  1. Beasiswa Sosial: 

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang memiliki masalah sosial seperti masalah kemiskinan, masalah kesehatan, masalah rumah tangga, atau masalah lainnya. Beasiswa ini berisi bantuan pendidikan, bantuan biaya hidup, atau bantuan lainnya. 

  1. Beasiswa Kebudayaan: 

Beasiswa ini diberikan kepada siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan kebudayaan. Beasiswa ini berisi bantuan biaya pendidikan, biaya hidup, atau bantuan lainnya.

Namun di Al Masoem kami hanya menyediakan beberapa jenis beasiswa yang bersifat universal ini seperti Beasiswa Akademik, Prestasi, Alumni dari siswa hingga orang tua, Beasiswa Khas Al Masoem seperti kriteria akhlak, santri of the month, dan beasiswa lainnya. Yang dimana beasiswa ini dibagi menjadi beberapa jenis saja sesuai dengan tujuannya. Yaitu bagi calon siswa dan juga bagi mereka yang sudah menjadi siswa Al Masoem. Potongan atau beasiswa yang berlaku juga tidak main main dari gratis SPP salam satu bulan hingga gratis hingga 6 bulan atau satu semester. Bahkan beberapa siswa kami berikan fasilitas gratis SPP hingga cashback karena berhasil meraih semua prestasi yang ada di sekolah berasrama Al Masoem. Anda tertarik menjadi bagian dari keluarga Al Ma’soem?