Diseminasi dan prestasi smp al masoem (17)

Tolong Menolong Dalam Kebaikan di Sekolah, Seperti Apa?

Satu hal yang selalu diajarkan ketika kita masih kecil adalah bahwa manusia itu makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri, melainkan membutuhkan interaksi dengan manusia lainnya untuk bertahan hidup. Maka dari itu, penting untuk memiliki sikap baik kepada sesama. Salah satu caranya dengan memiliki sikap tolong menolong dalam kebaikan. Ternyata sifat ini diajarkan di lingkungan sekolah, loh!

Tolong Menolong Dalam Kebaikan di Sekolah, Seperti Apa?

Pada dasarnya memang manusia tidak bisa menjalani kehidupan sehari-hari tanpa bantuan dari orang lain. Segala hal yang kita beli dan gunakan merupakan buatan orang lain. Warung makan pun perlu mengunjungi pasar untuk membeli bahan baku. Itulah bukti dari manusia sebagai makhluk sosial, membangun peradaban dengan hidup dalam satu kesatuan.

Salah satu contoh yang baik sebagai makhluk sosial adalah dengan sikap tolong menolong. Sikap ini sangatlah penting untuk dimiliki dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam Islam, ada sebuah istilah bernama ta’awun yaitu kegiatan tolong menolong dalam kebaikan antar sesama umat muslim. Jadi setiap manusia, khususnya umat muslim, dianjurkan untuk saling membantu satu sama lain.

Nilai penting ini pun ternyata sudah diimplementasikan dalam kehidupan sekolah. Di lingkungan sekolah, setiap murid dididik menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas tetapi juga berkepribadian baik. Bentuk dari pribadi yang baik adalah memiliki sikap tolong menolong antar sesama. Hal ini yang tidak bosan-bosannya didengungkan oleh guru kepada para muridnya.

Dan sebenarnya sikap tolong menolong ini cukup mudah dilakukan dengan memperhatikan sekitar. Namun memang pada prakteknya beberapa siswa dibutuhkan dorongan dari luar terlebih dahulu. Itu karena sikap ini perlu dibiasakan sedari dini. Sehingga sekolah menjadi tempat yang cocok untuk melatih kepekaan dalam hal menolong, disamping asuhan orang tua di rumah.

Lalu seperti apa sih bentuk tolong menolong dalam kebaikan di sekolah? Mari simak penjelasannya berikut!

Meminjamkan Alat Tulis

Bentuk tolong menolong dalam kebaikan yang bisa dipraktekan dengan mudah adalah meminjamkan alat tulis kepada teman di kelas. Hal ini mungkin terlihat sepele tetapi itulah wujud nyata saling menolong. Ketika teman ada yang lupa membawa pulpen, coba pinjam pulpen cadangan yang telah dibawa. Ketika teman salah menulis dan membutuhkan penghapus, maka pinjamkanlah penghapus yang sudah dibawa.

Mengambil Barang yang Jatuh

Tidak ada yang tahu nasib apa yang menimpa seseorang di sekolah, misalkan saja barang yang dibawa jatuh ke lantai. Kalau kalian melihat hal tersebut, maka wujud dari tolong menolong adalah dengan mengambilkan barang yang terjatuh tersebut.

Belajar Kelompok

Tidak semua siswa memiliki tingkat pemahaman yang sama, ada yang mudah mencerna, ada pula yang kesulitan memahami. Kalian yang tergolong mudah untuk mencerna pelajaran dapat membantu teman lainnya yang bingung dengan mengajak belajar kelompok. Kalian bisa menerangkan bagian-bagian yang dirasa sulit, dan hal ini dapat terbukti ampuh karena yang menjelaskan adalah teman sebaya dengan bahasa percakapan teman.

Menjenguk Teman yang Sakit

Kesehatan adalah kondisi yang perlu diperhatikan oleh setiap siswa. Namun ada kalanya terdapat teman di sekolah yang mengalami peristiwa serius seperti sakit berhari-hari atau jatuh pingsan di kelas. Bentuk tolong menolong yang bisa dilakukan adalah dengan menjenguk mereka, dan bila perlu membawakan bingkisan yang layak dikonsumsi.

Membantu Kebersihan Kelas

Contoh terakhir dari wujud tolong menolong di sekolah adalah dengan membantu kebersihan kelas. Umumnya kebersihan kelas diatur melalui jadwal piket kelas dan setiap siswa di kelas akan mendapatkan waktunya untuk piket. Namun bukan berarti kebersihan kelas hanya bergantung pada yang bertanggung jawab di hari tersebut, tetapi seluruh siswa bertanggung jawab atas kebersihan kelasnya. Sehingga membiasakan diri untuk tidak membuang sampah di dalam kelas atau membantu menyapu bagian yang kotor adalah wujud tolong menolong.

Itulah wujud dari tolong menolong dalam kebaikan di sekolah. Sikap ini tidak hanya berlaku antar siswa saja, tetapi juga kepada guru ataupun orang lain yang kebetulan sedang mampir di sekolah. Dengan saling menolong untuk kebaikan dan bersikap pamrih, maka itu bisa menjadi langkah awal untuk memiliki kepribadian diri yang baik.

 

 

Penulis: Gumilar Ganda