Fasilitas Dan Kegiatan Siswa Pesantren (147)

Tips Manajemen Stres bagi Remaja

Stres merupakan tekanan yang dirasakan seseorang, bisa itu tekanan secara fisik maupun secara emosional. Stres merupakan salah satu bagian alami yang penting bagi kehidupan seorang manusia meskipun jika terlalu tinggi kadar stres seseorang bisa membahayakan jiwa seorang yang mengalami nya juga. Stres dan depresi merupakan 2 hal yang berbeda, jadi jika anda bertanya apa bedanya stres dengan depresi jelas berbeda. Jika stres merupakan jenis ketegangan yang muncul akibat sesuatu yang muncul dalam kehidupan sehari hari maka depresi adalah perubahan suasana hati dan pikiran yang disebabkan oleh ketidaseimbangan hormon. Maka dari itu semua orang bisa mengalami stres tapi tidak semua orang bisa merasa depresi dengan pressure yang menimpanya.

Berbicara tentang stres, memang stres ini merupakan gejala umum yang selalu dirasakan semua orang baik itu oleh remaja bahkan orang tua. Penyebab stres juga beragam, baik itu karena masalah pertemanan, masalah pelajaran di sekolah, masalah hubungan dengan orang tua, masalah persaingan dengan saudara ataupun masalah lainnya yang berhubungan dengan dunia remaja. Lantas bagaimana cara manajemen stres yang baik bagi remaja masa kini? Berikut adalah tips manajemen stres bagi remaja :

Atur pola tidur yang cukup

Cara pertama adalah mengatur pola tidur yang cukup terutama bagi anda yang selalu mengalami stres setiap harinya. Baik bagi remaja dan orang tua bahkan semua orang membutuhkan waktu tidur selama 7-8 jam dalam sehari. Dan ini merupakan waktu yang ideal bagi tubuh anda untuk beristirahat dan menghilangkan stres. Selain itu tidur yang cukup juga membuat konsentrasi anda semakin fokus dan produktivitas anda di siang hari lebih meningkat.

Makan makanan yang sehat

Makanan yang sehat yang memiliki gizi yang seimbang menjadi salah satu manajemen stres yang baik bagi tubuh dan pikiran anda. Beberapa makanan memiliki senyawa yang dapat menghilangkan stres seperti Alpukat yang kaya akan kandungan glutathione yaitu senyawa yang secara khusus memblokir penyerapan lemak berlebih di dalam usus yang menyebabkan oksidatif dan juga efektif menghilangkan stres. 

Selain itu coklat juga memiliki senyawa endorfin yang dapat menyebabkan pengkonsumsinya merasa rileks, nyaman dan menghilangkan stres. Selain itu ada juga beberapa makanan sehat yang bisa anda konsumsi untuk menghilangkan stres seperti Yogurt, Keju, Ikan Salmon, Strawberry, jeruk, Oatmeal, sayuran berdaun hijau dan lain sebagainya. Selain makanan tersebut dapat memaksimalkan kerja otak, makanan sehat juga dapat menyehatkan tubuh dan menjaga kesehatan mental para remaja.

Berolahraga secara rutin

Berolahraga dapat mengurangi hormon yang menyebabkan stres seperti hormon adrenalin, hormon kortisol dan epineprin serta meningkatkan hormon norepinephrine sebagai hormon penghilang stres. Selain itu olahraga juga dapat menghilangkan kram pada otot, melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Olahraga teratur juga bagus bagi kesehatan jantung. 

Positive thinking

Berbagai macam stres biasanya bukan karena faktor lingkungan tapi bisa juga karena faktor diri sendiri yang terlalu negatif thinking atau bahkan terlalu overthinking terhadap sesuatu. Jika memang stres yang remaja alami adalah karena berlebihan dalam memikirkan sesuatu yang memang sudah keluar dari porsinya manusia, coba relakan dan mulai lepaskan. Karena terkadang manusia lupa bahwa mereka adalah manusia. Maksudnya begini, dalam kehidupan ada 2 hal yang tidak bisa kita lupakan yaitu kehidupan manusia adalah tentang manusia itu sendiri dengan Tuhannya. Setiap kehidupan memiliki 2 posisi berbeda, tugas manusia adalah berusaha dan berdoa sisanya adalah pasrahkan kepada Allah swt. Ketika manusia memikirkan porsi yang memang bukan porsinya manusia, maka stres itu akan muncul dengan sendirinya. Yang lebih baik adalah, ubah pola pikir selayaknya manusia. Biarkan Allah SWT yang memegang porsinya sendiri. So buat kamu yang masih overthinking, harus diingat. Kamu masih manusia yang tugasnya hanya berusaha dan berdoa.

Menyibukan diri dengan kegiatan yang disukai

Cara paling mudah untuk menghilangkan stres adalah dengan menyibukan diri sendiri dengan kegiatan yang disukai. Bisa itu menonton ke bioskop, bermain ke taman, mengunjungi kerabat, atau memaksimalkan hobi. Menyibukan diri dengan kegiatan yang disukai juga secara tidak langsung dapat menciptakan hormon estrogen yang membuat anda bisa bahagia dan sejenak melupakan stres yang anda alami.

Mendengarkan lagu

Tahukah kamu mendengarkan lagu menjadi solusi yang paling menyenangkan dapat secara cepat dapat menghilangkan stres yang dialami? Mendengarkan lagu favorit juga dapat menenangkan diri. Bahkan efek positif dari mendengarkan lagu juga beragam, seperti dapat meningkatkan produktivitas kerja terutama bagi mereka yang sudah bekerja, dapat meningkatkan fokus saat belajar, mendengarkan lagu juga dapat membuat seseorang lebih bisa berkonsentrasi dalam belajar atau dalam membuat makalah.

Membaca Ayat Suci Al Quran

Ini yang paling penting dan jangan pernah ditinggalkan adalah membaca ayat suci Al Quran untuk menghilangkan stres baik bagi remaja maupun orang dewasa. Membaca beberapa ayat Al Quran atau bahkan beberapa juz setiap hari selain dapat menentramkan hati dan pikiran juga dapat menghilangkan stres. Selain membaca ayat Al Quran bagi anda yang memang terbatas akan peraturan pekerjaan menyetel murotal juga tidak ada salahnya, semua hal akan indah ketika kita mendekatkan diri kepada Allah SWT.