Pembelajaran daring yang kemarin marak dilakukan oleh guru dan siswa selama pandemi, bisa memunculkan rasa jenuh jika diselenggarakan dalam waktu yang berkepanjangan. Namun dibalik kesuksesan sekolah sekolah dalam melaksanakan pembelajaran daring di masa pandemi kemarin membuat beberapa sekolah menyajikan konsep sekolah tanpa tatap muka khusus bagi mereka yang memang membutuhkan sekolah daring. Biasanya mereka yang membutuhkan konsep pembelajaran seperti ini adalah orang orang yang terkendala waktu dan terkendala kesibukan lain namun masih menginginkan mendapatkan studi yang baik tanpa harus membuang buang waktu untuk berangkat ke sekolah. Salah satu contoh siswa yang menggunakan fasilitas ini adalah mereka yang berstatus atau yang bekerja sebagai aktris yang memiliki jadwal yang padat.
Dalam pembelajaran daring seperti itu siswa yang biasanya melepas jenuh dengan berbincang-bincang bersama temannya pada waktu istirahat sekolah, mereka lebih disibukkan dengan duduk manis di rumah sambil mendengarkan guru mengajar di depan laptop. Berbeda dengan masa pandemi kemarin dimana kondisi mental yang up and down dirasakan oleh seluruh stakeholders pendidikan terutama oleh siswa. Tidak jarang siswa merasa Overthinking dan Insecure karena kurang mendapatkan Social Support terutama dari lingkungan teman sebaya mereka. Mereka yang mengambil sekolah online merasa pembelajaran daring ini merupakan hal yang menarik dan memang harus dimanfaatkan demi menjaga karir dan studi dengan baik.
Namun bagi kalangan remaja awal yang masih sangat antusias dengan circle pertemanan dan menjadikan teman sebaya sebagai significant other dalam hidupnya. Dengan ini, dibutuhkan asupan nutrisi mental supaya para guru dan siswa dapat menjaga kewarasan dan hidup dengan kesesuaian fungsi yang dimilikinya apalagi ketika mereka harus jauh dari teman teman sekolah. Pada masa pembelajaran daring saat pandemi dan pembelajaran daring yang memang menjadi kurikulum sebuah sekolah berbasis online, guru BK diharapkan bisa memperhatikan kondisi mental siswa melalui kegiatan bimbingan klasikal yang dikemas dalam konsep workshop di dalam kelas besar ataupun kecil. Selepas bimbingan klasikal dilakukan, respon siswa pun akan beragam menanggapi pertanyaan yang diberikan konselor terkait dengan kondisi mereka saat ini. Dan Guru BK diharapkan dapat memberikan konseling lanjutan secara personal.
Dalam kurikulum 2013 disertakan tugas pokok guru BK, yaitu membantu individu agar berkembang dengan optimal dengan tujuan bisa lebih mandiri. Adapun layanan BK dilakukan terhadap bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Selama pandemi, tim guru BK diharapkan bisa melakukan layanan BK secara daring. Karena kebanyakan permasalahan yang dikeluhkan oleh siswa adalah mengenai overthinking dan insecure yang muncul akibat terlalu lama belajar di rumah.
Overthinking adalah suatu kondisi pikiran yang bekerja secara berlebihan. Biasanya pemikiran yang muncul adalah tentang kecemasan dalam menghadapi kondisi tidak nyaman saat ini ataupun kondisi yang belum jelas di masa yang akan datang. Adapun insecure adalah kondisi tidak nyaman yang dirasakan seseorang karena kurangnya rasa percaya diri. Kebanyakan insecure terjadi karena individu sering membandingkan dirinya dengan orang lain dalam kondisi yang tidak fair.
Idealnya guru BK diharapkan bisa selalu bisa dihubungi selama 24 jam. Karena kebanyakan siswa ingin melakukan konseling pada jam malam atau weekend agar tidak mengganggu pelaksanaan belajar daring di hari-hari biasa. Konseling harus bisa dilakukan melalui chat, telepon, ataupun video call disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa. Meskipun konseling dilakukan secara daring, konselor berusaha memberikan sentuhan riil berupa empati yang tinggi selama konseling dengan mengerahkan perhatian penuh kepada konseli. Tak jarang, orang tua siswa pun ingin berkonsultasi seputar kondisi anaknya bahkan dilakukan psikotes online untuk melihat gambaran potensi anak.
Dengan demikian, tidak ada kata guru BK tidak bekerja ya. Justru selama belajar daring, guru BK atau bahkan bisa mengorbankan jam istirahat malam ataupun weekendnya untuk melayani siswa yang hendak konseling. Bagi orang yang bekerja di bawah kaca mata psikologis, kondisi mental siswa sangat penting untuk menunjang keberhasilannya dalam segala bidang. Tugas guru BK untuk siswa adalah melayani dengan sepenuh hati demi perkembangan dirinya yang optimal sehingga didapatkan para insan yang mandiri dan menjadi manusia seutuhnya.