Pengertian, Manfaat dan Fungsi Bimbingan dan Konseling Sekolah

10 September 2021 | Dibaca : 1226x | Oleh : Mohamad Ramdan
Pengertian, Manfaat dan Fungsi Bimbingan dan Konseling Sekolah

Bimbingan dan Konseling merupakan terjemahan dari istilah guindance dan counselling dalam bahasa Inggris. Kata guindance berasal dari kata kerja to guide yang mempunyai arti menunjukan, membimbing, menuntun, ataupun membantu” (Hallen 2005:2). Sesuai dengan  istilahnya  maka  bimbingan dapat diartikan secara umum sebagai bantuan dan tuntunan, namun tidak semua bantuan diartikan bimbingan.

Menurut  Shertzer  dan  Stone mengartikan bimbingan sebagai proses pemberian bantuan kepada individu agar mampu  memahami  diri  dan  lingkungannya. Menurut Rochman Natawidjaja mengartikan bimbingan sebagai suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara berkesinambungan, supaya individu  tersebut dapat memahami dirinya dan dapat bertindak secara wajar, sesuai dengan tuntutan dan keadaan  lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat, dan kehidupan pada umumnya.

Dari beberapa definisi para ahli di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa bimbingan sama dengan pemberian bantuan kepada seseorang yang membutuhkan bantuan untuk membantu seseorang mengatasi masalahnya atau mengungkapkan kemampuan yang dimilikinya.

Bimbingin diberikan oleh seorang ahli di bidangnya kepada orang yang membutuhkan bimbingan. Dan bimbingan juga dapat diartikan sebagai upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dalam rangka mencapai perkembanganya yang optimal.

Bimbingan diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan, tanpa memandang umur sehingga baik anak maupun orang dewasa. Dengan demikian bimbingan ini sangat penting untuk membantu para konseling yang mengalami masalah agar dapat teratasi secara optimal, sebab itu dibutuhkan pelayanan yang baik, menyenangkan, menarik, dan profesional.

Sedangkan pengertian konseling berasal dari bahasa latin, yaitu “consilium” yang berarti dengan atau bersama yang dirangkai dengan menerima atau memahami. Sedangkan dalam bahasa Anglo-Saxon, istilah konseling berasal dari “sellan” yang berarti “menyerahkan”atau menyampaikan”.

Bimbingan dan Konseling Al Masoem 

Wagito, (dalam Aqib 2012:29) mengemukakan bahwa konseling adalah bantuan yang diberikan kepada individu dalam memecahkan masalah kehidupannya dengan wawancara, dengan cara-cara yang sesuai dengan keadaan individu yang dihadapi untuk mencapai kesejateraan hidupnya.

Dengan melihat uraian tentang bimbingan dan konseling di atas, maka dapat dirumuskan tentang pengertian Bimbingan dan Konseling (BK) yaitu serangkaian kegiatan berupa bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli pada konseling  dengan  cara  tatap  muka,  baik  secara  individu  atau  beberapa  orang dengan memberikan pengetahuan tambahan untuk mengatasi permalahan yang dialami oleh konseli, dengan cara terus menerus dan sistematis.

Menurut Pepinsky 7 Pepinsky ,dalan Shertzer & Stone,1974, konseling merupakan interaksi:

  • Terjadi antara dua orang individu ,masing-masing disebut konselor dan klien ;
  • Terjadi dalam suasana yang profesional
  • Dilakukan dan dijaga sebagai alat untuk memudah kan perubahan-perubahan dalam tiap perilaku dan merancang masa depan.

Bimbingan dan konseling bertujuan membantu peserta didik mencapai tugas-tugas perkembangan secara optimal sebagai makhluk Allah SWT, mahluk sosial, dan pribadi. 

Menurut Tohirin, tujuan bimbingan dan konseling yaitu: memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap diri klien, mengarahkan diri klien sesuai dengan potensi yang dimilikinya, mampu memecahkan sendiri masalah yang dihadapi klien, dapat menyesuaikan diri secara lebih efektif baik terhadap dirinya sendiri maupun lingkungannya sehingga memperoleh kebahagiaan dalam hidupnya.

Menurut H. Prayitno dan Erman Arti bimbingan dan konseling memiliki tujuan yang terdiri atas tujuan umum dan tujuan khusus.

Tujuan umum bimbingan dan konseling membantu individu agar dapat mencapai perkembangan secara optimal sesuai dengan bakat, kemampuan, minat dan nilai-nilai, serta terpecahnya masalah- masalah yang dihadapai individu (klien). Termasuk tujuan umum bimbingan dan konseling adalah membantu individu agar dapat mandiri dengan ciri-ciri mampu memahami dan menerima dirinya sendiri dan lingkungannya, membuat keputusan dan rencana yang realistik, mengarahkan diri sendiri dengan keputusan dan rencananya itu serta pada akhirnya mewujudkan diri sendiri. 

Tujuan khusus bimbingan dan konseling langsung terkait pada arah perkembangan klien dan masalah-masalah yang dihadapi. Tujuan khusus itu merupakan penjabaran tujuan-tujuan umum yang dikaitkan pada permasalahan klien, baik yang menyangkut perkembangan maupun kehidupannya.

Bimbingan dan Konseling Al Masoem tetap aktif berinteraksi dan memberikan bimbingan kepada siswa dan santri Al Masoem meski ditengah pandemi

Dari semua keterangan para ahli dapat disimpulkan bahwa fungsi dan tujuan dari bimbingan dan konseling semuanya mengarahkan kepada peserta didik agar peserta didik lebih memahami dirinya sendiri baik dari kekurangannya maupun kelebihannya. Agar siswa atau peserta didik dapat memahami tentang minat dan bakatnya.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Alasan Kenapa Perguruan Tinggi Negeri itu selalu menjadi Idola
29 Agustus 2019
Selama di bagian Humas orang tua calon siswa SMA selalu bertanya, apakah lulusan SMA Yayasan Al Ma'soem Bandung banyak yang keterima PTN? dan itu tidak ...
Rata-rata 50% Lulusan SMA Al Ma'soem Masuk PTN Setiap Tahunnya
2 Juni 2020
Ilustrasi Siswa SMA Al Ma'soem Berprestasi di Bidang Paskibra Meneruskan jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit merupakan harapan ...
21 Februari 2017
Hari Senin (20/2) kemarin para peserta didik SD dan SMP Al Ma’soem mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) secara serentak yang diselenggarakan oleh sekolah, sedangkan para peserta didik SMA Al Ma’soem akan melaksanakan UTS-nya pada Senin (27/2) mendatang. Sejauh ini penyelenggaraan kegiatan ...
fasilitas sekolah
14 Februari 2020
Jatinangor (almasoem.sch.id),- Siswa lulusan TK yang akan masuk SD Atau sekolah Dasar belum bisa membaca dan menulis? jangan khawatir kami Yayasan Al ...
12 Januari 2016
Oleh: Siti Suwarni Perjalanan ini adalah salah satu perjalanan wisata yang diadakan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem di awal 2016 (4-10 Januari). Peserta yang ikut berjumlah empat puluh tujuh orang dengan perincian empat puluh tiga orang peserta yang terdiri dari siwa SMP/SMA dan empat orang ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top