Metode mengajar di SD Al Ma’soem itu sangat unik, yaitu dapat merubah mindset siswa menjadi mindset yang positif, merubah pemahaman siswa tentang sesuatu dari sudut pandang yang lainnya, di tambah lagi metode mengajar di SD Al Ma’soem membuat siswa menjadi betah dan menjadikan sekolah sebagai rumah kedua anak anak. Merubah mindset ini seperti sebuah doktrin kepada siswa agar mampu berpikir positif, dimana metode pembelajaran ini diberlakukan oleh semua guru melalui penyeragaman metode mengajar yang selalu dirapatkan secara internal setiap pergantian tahun. Ini penting dilaksanakan setiap pergantian tahun, karena pada pergantian tahun ini biasanya ada guru yang memang sudah tidak bisa lagi mengikuti sistem yang berlaku disini dan memilih resign dan guru baru yang mengganti guru yang sudah resign ini diberikan pemahaman dan penyamaan visi dan misi sekolah yaitu mendidik siswa dengan mindset yang positif.
Contoh paling mudah dalam metode mengajar untuk merubah mindset siswa seperti ini adalah ketika siswa terutama siswa SD yang masih lugu ingin BAB di sekolah, siswa biasanya akan malas untuk BAB di toilet sekolah karena beberapa alasan, seperti tempat yang kotor, kutang nyaman, gelap dan lain sebagainya. Siswa yang merasa tidak nyaman dengan keadaan toilet sekolah yang memang identik dengan hal hal seperti itu meskipun pada kenyataannya tidak selamanya toilet sekolah itu selalu begitu.
Saat mindset siswa yang kurang nyaman dengan kondisi toilet sekolah, guru dan wali kelas serta semua staff pendidikan SD Al Ma’soem akan memberikan mindset positif kepada siswa dalam bentuk ucapan dan tindakan misalkan : Enak ya BAB di sekolah Al Masoem, gak menakutkan, lingkungannya bersih dan ananda (nama) bisa betah dan tidak menahan BAB di sekolah. Atau juga dengan tindakan seperti pada saat anak siswa SD Al Masoem yang memang sedang masa aktif aktifnya terjatuh, guru biasa akan memarahi atau ada beberapa guru juga yang cuek dan membiarkan murid terjatuh begitu saja.
Di Al Masoem siswa SD yang terjatuh akan dibangunkan dan guru yang memang berada tepat di samping siswa yang terjatuh itu akan bilang seperti : “wah kamu sedang mencontek Neymar sedang diving di lapangannya” kemudian guru tersebut mengulang kembali apa yang terjadi pada anak tersebut dan uniknya anak tersebut akan ikut tertawa tidak merasa dipermalukan dan mereka tidak dimarahi karena keteledorannya. Merubah mindset dengan metode pembelajaran memang unik dan penting, terutama untuk merubah karakter siswa di sekolah.
Dengan metode seperti ini juga siswa merasa bahwa mereka seperti berada di rumah dengan orang orang yang menyayangi mereka selain orang tua, di Al Masoem sendiri juga anak siswa tidak bosan selama 8 jam disekolah. karena kami menggunakan konsep mengajar yang terkonsep dan kurikulum gabungan atau Hybrid dari 30% Kurtilas, 30% merdeka dan 60% Al Masoem. Dimana dalam setiap kurikulum kami mengambil hanya beberapa hal saja seperti dalam kurikulum kurtilas kami mengambil untuk penilaian siswa selama di sekolah, jadi secara prinsip SD Al Masoem masih mengadakan Ujian untuk siswa tidak seperti kurikulum Merdeka Belajar, untuk Kurikulum merdeka kami mengambil konsep belajar merdeka yaitu belajar menyesuaikan perkembangan zaman. Misalnya, lebih sederhana dan lebih mendalam, termasuk memberikan “kemerdekaan” bagi satuan pendidikan dalam mengembangkannya, serta menghadirkan sistem pembelajaran yang lebih relevan dan interaktif.
Kurikulum Al Masoem sebanyak 60% karena dalam kurikulum inilah penyempurnaan metode pembelajaran di sekolah diberlakukan, dimana di kurikulum Al Masoem ini juga yang diisi dengan beberapa mata pelajaran yang tidak mungkin didapatkan dalam kurikulum Merdeka dan Kurtilas diantaranya adalah Tahsin dan Tahfidz, shalat Dhuha berjamaah, shalat Jumat SD Al Masoem yang dipisah seperti untuk anak kelas 1-3 mereka shalat berjamaah di Mushola dengan Kepala Sekolah dan staf pengajar PAI sebagai Khotib dan Muadzinnya. Ada beberapa waktu juga dimana muadzinnya adalah siswa SD kelas 5-6 yang memang memiliki minat untuk menjadi muadzin selain itu juga dalam kurikulum Al Masoem ini siswa dituntut untuk mampu belajar berkarakter unggul. Di kurikulum Al Ma’soem juga SD Al Ma’soem selalu mengadakan program Days, yaitu program unggulan untuk meningkatkan minat dan bakat siswa selama di sekolah. Dan yang paling penting juga adalah dalam kurikulum Al Ma’soem ini siswa diberikan beasiswa ketika mereka mampu melebihi teman teman sebayanya.
Misalkan ada anak yang sudah hafal 2 juz di kelas 2 SD, siswa tersebut akan mendapatkan beasiswa dari Al Masoem begitu juga untuk siswa yang pandai dalam berbahasa inggris dan bahasa asing lainnya mereka akan mendapatkan beasiswa selain itu juga mereka akan diberikan pengalaman untuk berkompetisi di berbagai macam kompetisi tingkat Kabupaten hingga internasional. Dengan metode pembelajarn yang baik dan kurikulum yang sangat jauh dari kekurangan, siswa SD Al Masoem sudah mencetak siswa dan siswi yang berkarakter unggul dan berprestasi. Anda tertarik dengan SD Al Masoem?
Catatan : Metode seperti ini juga berlaku di SMP dan SMA Al Masoem