Menentukan Langkah Karir Setelah Lulus SMA

11 September 2021 | Dibaca : 128x | Oleh : Mohamad Ramdan
Menentukan Langkah Karir Setelah Lulus SMA

Masa SMA adalah masa sekolah yang indah bagi mayoritas anak muda, karena saat itu banyak hal dilakukan bersama group  atau teman seangkatan untuk bersenang-senang, memiliki banyak teman, menghabiskan waktu bersama menikmati momen-momen terakhir masa jaya putih abu-abu dan tentunya mempersiapkan diri untuk melangkah kejenjang yang lebih tinggi lagi. 

Perasaan tidak sabar untuk segera lulus dari bangku SMA menjadi suatu pikiran dan perasaan yang dibayangkan sejak menginjak kelas 12. Mungkin sudah ratusan atau ribuaan kali pada saat akhir SMA memikirkan dan membayangkan kelulusan dan langkah setalah itu. Namun ternyata bayang-bayang tersebut terkadang tidak sejalan dengan kenyataan, bimbang dan bingung adalah suatu hal yang sering terjadi dalam menentukan langkah selanjutnya. 

Kondisi seperti bimbang dan bingung adalah hal wajar karena memang disetiap tahun kelulusan sudah menjadi dilema bagi anak-anak yang akan tamat SMA, bingung antara memilih akan melanjutkan kuliah atau memilih untuk bekerja, atau bahkan memilih untuk menikah diusia muda. Situasi dan kondisi seperti inilah anak SMA yang akan tamat dipaksa untuk memprioritaskan sesuatu yang terkadang itu bukanlah pilihannya, namun hal ini yang menantang mereka untuk bersikap lebih dewasa.

Karena hidup adalah pilihan, dan  harus berani dan mampu menentukan pilihan bagi hidup sendiri. Walaupun pada kenyataannya ternyata di situasi kondisi seperti itu siswa SMA akhir terbagi dua. Ada yang sudah mampu menentukan pilihannya untuk menentukan nasibnya kedepan tetapi persentase yang seperti ini tidak begitu banyak, malah yang justru bimbang dan bingung lebih banyak lagi.

  • Melakukan Test Minat Bakat Sebagai Langkah Awal Menentukan Karier Setelah Lulus SMA

Langkah awalnya adalah sebelum membuat planning, sebaiknya melakukan tes minat bakat. Dengan tes minat bakat akan diketahui hasilnya kemampuan dan bidang apa yang sesuai dengan passion. Setelah mendapatkan hasil tes minat bakat dengan dikonsuttasikan dengan ahlinya yaitu konselor atau psikolog, maka tahap selanjutnya adalah menentukan palnning.  

Baca Juga : Menemukan Minat Dan Bakat Dengan Passion

  • Buatlah Planning yang Sedetail Mungkin

Buatlah planning yang sangat detail dan usahakan sedetail mungkin, sebagai contoh jika akan melanjutkan kuliah maka bidang apa yang akan di ambil?, biayanya berapa, kampus tujuannya dimana?, sampai lulusan prodi dan universitas tersebut banyak diterima kerja dimana?. Berikutnya setelah memetakan planning siapkan diri untuk berupaya atau berjuang semaksmial mungkin agar dapat tergapai apa yang sudah direncanakan.Ingat pepatah perang sebelum berperang maka ketahuilah dahulu medan perangnya.

  • Berdoa dan Bertawakal, Sebagai Langkah Akhir Agar Kita Paham, Bahwa Segala Sesuatu Tergantung Dari Ridhonya

Langkah terakhir setelah menjalankan tahapan tersebut yaitu berdoa yang artinya bertawakal jika kita telah berupaya semaksimal mungkin kepada Allah SWT, agar hasilnya adalah pilihan terbaik untuk kita dan akan membawa kebahagian baik di dunia dan di akhirat. 

Di Al Masoem Langkah Karier Siswa/i dan Santri Sudah Ditentukan dari Kelas Pertama

Beruntunglah bagi anda siswa/i dan santri Al Masoem yang masuk ke jenjang SMA. Karena kami sebagai sekolah terbaik Sumedang sudah menentukan langkah Karier anda dari kelas 10 SMA. Sebagai Boarding School yang mengkedepankan pendidikan karakter, kami paham betul tentang masa depan siswa/i dan santri kami. Maka dari itu dengan program masuk PTN sejak dini membuat siswa/i dan santri Fullday dan Boarding School Al Masoem sudah mulai diberikan arahan, psikotes dan try out secara berkala sebagai sarana untuk melihat minat dan bakat siswa/i dan santri Al Masoem.

Psikotes sendiri dilaksanakan oleh pihak Konselor Al Masoem selama rutin, untuk melihat peminatan dan bakat siswa. Sebagai contoh jika siswa/i dan santri memiliki pemiantan ke bidang Ilmu pengetahuan Alam, namun dari hasil psikotes siswa lebih berbakat ke bidang Akuntansi, maka rekomendasi pihak konselor adalah ke IPS namun jika siswa memang ingin meniti karier nya terlebih dahulu di IPA tetap kami ijinkan karena semua tergantung minat dan bakat siswa itu sendiri.

Selain psikotes kami juga sudah melakukan wawancara terhadap siswa/i & santri SMA Al Masoem sebagai langkah awal untuk bahan pertimbangan kami selaku pihak sekolah untuk memberikan masukan masukan untuk memilih prodi yang siswa/i dan santri inginkan.

Jika nanti ketika menuju kelas 3 SMA (kelas 12) ternyata prodi yang diharapkan siswa tidak bisa ditembus maka kami sudah memiliki beberapa prodi pilihan yang bisa diikuti siswa 

Karier yang Pasti Sesuai Peminatan dan Pilihan yang Tepat Membuat Lulusan SMA Al Masoem Banyak Di Terima ke PTN

Karier yang sudah diarahkan dari awal masuk ke SMA Al Masoem dan kemudian berbagai macam program yang dilaksanakan ditambah Akredetasi SMA Al Masoem yang sudah bagus atau terakredetasi "A" membuat lulusan Al Masoem terutama untuk tingkat SMA menjadi lebih banyak diterima ke PTN. Hingga artikel ini terbit siswa lulusan SMA Al Masoem diterima ke PTN sebanyak 52%, atau sekitar 120 siswa/i dan santri Boarding school Al Masoem diterima ke PTN, baik itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri.

Penitian karier ini juga bisa mempermudah siswa/i dan santri dalam melakukan planning atau rencana ke depan, karena selain siswa/i dan santri yang merencanakan, sebagai pihak sekolah kami juga tetap membantu semaksimal mungkin agar siswa/i dan santri kami bisa diterima ke PTN.

Selain SMA, Tes Minat dan Bakat Juga Dilaksanakan di SMP Al Masoem

Tes minat dan bakat siswa juga dilaksanakan sekolah untuk tingkat SMP. Ada beberapa alasan kenapa tingkat sekolah menengah pertama ini memerlukan tes minat dan bakat sebelum masuk sekolah diantaranya adalah untuk mengetahui bakat siswa sehingga akan lebih mudah memahami potensi yang ada serta dapat membantu memprediksi kemungkinan kesuksesan atau kegagalan siswa dalam bidang tertentu di masa depan berdasarkan potensi yang dimiliki. Tes Minat merupakan tes yang mengukur minat siswa berdasarkan sikapnya terhadap suatu jenis pekerjaan.

Tes minat baka juga dapat membantu orangtua untuk mengetahui berbagai aspek perkembangan pada diri anak, terutama yang dibutuhkan untuk menunjang proses belajar di kelas. Aspek yang dapat diketahui adalah kemampuan dasar, keterampilan dan kematangan, antara lain kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, perkembangan kemampuan motorik halus dan motorik kasar, perkembangan emosi dan personal kemandirian.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

University Expo SMA Al Ma'soem
14 Mei 2021
Tingkat penerimaan peserta didik SMA Al Ma’soem yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) setiap tahunnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi pihak ...
Prestasi siswa AL Masoem
11 September 2019
Jatinangor,- Kerjasama dalam penyaluran ilmu memang menjadi sebuah kebutuhan setiap pendidikan. Tak luput juga oleh Yayasan Al Ma'soem Bandung. Dalam ...
Sekolah yang Menegakan Kedisiplinan dan Juga Nilai Nilai Islami
18 Juni 2021
Sudah sepantasnya setiap sekolah memberikan ilmu dan sangat luar biasa ketika sebuah sekolah memberikan berbagai macam didikan yang bermanfaat untuk diterapkan ...
Kang Emil Berikan Orasi Ilmiah di Wisuda STKOM – STIBANKS Al Ma’soem ke-20
5 September 2018
Ada yang berbeda dalam pagelaran Wisuda Purna STKOM – STIBANKS ke-20 Sabtu, 2 September kemarin. Salah satu pengisi acara untuk memberikan orasi ...
Beasiswa Kriteria Akhlak
1 Februari 2021
Almasoem.sch.id,- Beasiswa Kriteria Akhlak merupakan salah satu bentuk apresiasi yayasan kepada para peserta didik yang bisa mengembangkan diri mereka ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top