Kegiatan Al Masoem (32)

Membentuk Manajemen Kelas yang Kreatif : Dengan Metode Classroom Management Agreement di SMP dan SMA Al Masoem

Ketika siswa sepakat mengenai pedoman perilaku, mereka mengembangkan rasa kepemilikan yang lebih besar terhadap kelas.

SMP dan SMA Al Masoem Bandung terkenal dengan prestasinya yang gemilang, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Untuk menggapai prestasi itu tentu saja bukan hal yang mudah, tapi membutuhkan proses yang amat sangat panjang. Perjuangan yang tinggi dalam membentuk pribadi yang tegas dan memiliki motivasi yang tinggi untuk mencapai prestasi belajar yang baik. 

Dalam skenario manajemen pendidikan kreatif, Al Masoem merupakan sekolah yang sangat kreatif. Bayangkan saja, jauh sebelum kurikulum merdeka belajar hadir di Indonesia sebagai salah satu kurikulum yang merubah berbagai macam sektor dalam dunia pendidikan. Al Masoem sudah menggunakan metode Classroom Management Agreement baik di tingkat SMP dan SMA. Classroom Management Agreement ini tidak hanya melibatkan guru yang berstatus sebagai wali kelas tapi juga harus dan wajib melibatkan siswa. Dalam realisasinya juga, konsep Classroom Management Agreement ini akhirnya menimbulkan dua sisi yang berbeda yang setuju dan tidak dan juga mSMP Aenimbulkan kompetisi untuk bisa memberikan management kelas kreatif yang sangat memberikan kenyamanan baik bagi siswa dan bagi guru. Dan hal ini dapat menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilannya proses belajar mengajar dan berakibat pada banyaknya siswa yang berprestasi baik di bidang akademis dan non akademis dan juga fokus siswa yang teratur hingga akhirnya mereka berhasil diterima ke perguruan tinggi negeri favorit mereka. 

Classroom Management Agreement di SMP dan SMA Al Masoem

Classroom Management Agreement secara general, merupakan kemampuan seorang tenaga pendidik dalam mengelola emosional peserta didik, mengelola kelas, dan memiliki rencana ajar yang rapi merupakan bentuk manajemen kelas.

Classroom Management Agreement di Al Masoem merupakan salah satu contoh nyata penerapan manajemen kelas yang kreatif. Pada dasarnya Classroom Management Agreement adalah perjanjian yang dibuat antara guru dan siswa untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan positif. Ini termasuk dalam pengembangan kelas, tata ruang kelas dan bagaimana sebuah kelas menciptakan proses belajar mengajar yang menarik sehingga mereka bisa merasakan manfaat yang luar biasa. 

Prinsip-prinsip utama Classroom Management Agreement di SMP dan SMA Al Masoem.

Prinsip yang diterapkan Al Ma’soem kepada wali kelas dalam membentuk Classroom Management Agreement di SMP dan SMA Al Masoem adalah sebagai berikut : 

  • Partisipasi: 

Siswa dilibatkan dalam proses pembuatan Classroom Management Agreement, sehingga mereka merasa memiliki tanggung jawab atas aturan dan ekspektasi di kelas.

  • Kejelasan: 

Aturan dan ekspektasi dinyatakan dengan jelas dan mudah dipahami oleh siswa.

  • Konsistensi: 

Guru atau wali kelas menerapkan aturan secara konsisten dan adil, sehingga siswa tahu apa yang diharapkan dari mereka.

  • Penguatan positif: 

Guru fokus pada penguatan perilaku positif siswa daripada menghukum perilaku negatif.

  • Keterbukaan: 

Guru dan siswa terbuka untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah yang muncul.

Implementasi Classroom Management Agreement di Al Masoem

  • Pembuatan Classroom Management Agreement

Biasanya pembuatan Classroom Management Agreement atau manajemen kelas dilaksanakan pada setiap tahun ajaran baru, guru dan siswa bersama-sama membuat Classroom Management Agreement dengan mendiskusikan aturan dan ekspektasi yang ingin diterapkan di kelas. Termasuk juga di dalamnya adalah dekorasi kelas, perbaikan tata ruang, tambahan fitur seperti kipas angin, gorden dan lain sebagainya dan hal lainnya yang mampu menunjang proses belajar mengajar. 

  • Penandatanganan Classroom Management Agreement

Setiap siswa menandatangani Classroom Management Agreement sebagai tanda komitmen mereka untuk mengikuti aturan dan ekspektasi yang telah disepakati. Selain itu biasanya wali kelas juga wajib mengecek kelas yang mereka pertanggungjawabkan apakah masih berjalan atau tidak proses Classroom Management Agreement. Jika tidak maka perlu ada ketegasan dari wali kelas selaku tokoh yang bertanggung jawab dalam berjalannya Classroom Management Agreement di SMP Dan SMA Al Masoem ini. 

  • Peninjauan Classroom Management Agreement

Classroom Management Agreement secara berkala ditinjau dan diubah sesuai kebutuhan. Meskipun biasanya wali kelas masing masing memiliki tingkat tanggung jawab yang berbeda beda. 

Manfaat diadakannya Classroom Management Agreement di sekolah

Classroom Management Agreement memiliki banyak manfaat terutama bagi sekolah yang melakukan proses manajemen kelas seperti Al Ma’soem ini, diantaranya : 

  • Meningkatkan disiplin dan ketertiban kelas: 

Siswa lebih disiplin dan tertib karena mereka tahu apa yang diharapkan dari mereka dan mereka merasa memiliki tanggung jawab atas perilaku mereka sendiri.

  • Meningkatkan fokus belajar: 

Siswa dapat lebih fokus belajar karena lingkungan belajar di kelas kondusif dan positif.

  • Membangun hubungan positif antara guru dan siswa: 

Classroom Management Agreement membantu membangun hubungan positif antara guru dan siswa karena mereka bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif.

  • Meningkatkan motivasi belajar: 

Siswa lebih termotivasi untuk belajar karena mereka merasa dihargai dan didukung oleh guru.

Kesimpulannya, penerapan Classroom Management Agreement dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk menciptakan manajemen kelas yang kreatif dan efektif. Karena selain kaya akan manfaat, penerapan sistem seperti ini dapat membantu guru untuk bisa menciptakan siswa yang kreatif, karena ada beberapa siswa yang tidak bisa meluangkan minat dan bakatnya secara langsung karena tidak ada wadah yang mampu menanpung itu, dengan sistem seperti ini mereka yang misalkan lebih suka pada dekorasi, lebih suka pada managemen SDM dan lain sebagainya bisa ikut terjun merasakan bagaimana mereka berproses dan bagaimana minat dan bakat yang mereka miliki bisa tertuang dalam sebuah sistem yang dapat digunakan oleh para siswa dan guru guru lainnya.

Dengan menerapkan manajemen kelas yang kreatif dan efektif, seperti Classroom Management Agreement Al Masoem, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan positif yang membantu siswa mencapai potensi mereka.