Manajemen perpustakaan sekolah pada dasarnya adalah proses mengoptimalkan kontribusi manusia, material, dan anggaran untuk mencapai tujuan perpustakaan. Karena perpustakaan sekolah sebagai sub sistem dari sebuah organisasi, dalam hal ini yaitu sekolah, tentunya tujuan perpustakaan sekolah harus terlebih dahulu didefinisikan secara jelas. Dari manajemen dapat dilakukan dalam bentuk program yang akan dilaksanakan serta sasaran yang konkret dan operasional. Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan, maka kegiatan manajemen. perpustakaan sekolah dapat dilaksanakan atau. direalisasikan.
- Organisasi Perpustakaan
Setiap perpustakaan perlu diatur dan ditata dengan baik. Sehingga pelaksanaan kegiatan kerjanya dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Pengetahuan tentang seluk-beluk, pelaksanaan, dan teknik kepustakawanan disebut organisasi dan administrasi perpustakaan.
Semua kepala perpustakaan dan kepala unit kerja dalam perpustakaan perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang organisasi dan administrasi perpustakaan. Sehingga dapat melaksanakan tugas pimpinan dengan baik.
Untuk dapat memperoleh hasil yang baik, diperlukan kemauan dan kemampuan tenaga untuk bekerjasama. Dalam suatu organisasi perpustakaan perlu adanya pembagian tugas, meliputi pelaksanaan yang meliputi beban kerja yang harus dipikul, jenis pekerjaan yang beragam, dan kebutuhan berbagai macam spesialisasi.
- Penyusunan Organisasi Perpustakaan
Perpustakaan adalah organisasi berupa lembaga, atau unit kerja yang bertugas menghimpun koleksi pustaka dan menyediakannya bagi masyarakat untuk dimanfaatkan.
- Struktur Organisasi Perpustakaan Sekolah
Jika sekolah tidak memiliki kepala perpustakaan karena kondisi yang tidak memungkinkan, maka dapat diangkat guru pustakawan yang akan bertanggung jawab terhadap pelaksanaan operasional perpustakaan.
Dalam struktur organisasi perpustakaan sekolah, harus dibedakan antara garis koordinasi dan garis komando. Setiap unsur harus mengerti tanggung jawabnya masing-masing (Kepala sekolah, Dewan Guru, Kepala Perpustakaan, Tata Usaha Perpustakaan, Bagian. Pelayanan Teknis, Bag. Pelayanan Pembaca).
Bagian layanan teknis bertanggungjawab mulai dari pengadaan bahan pustaka sampai proses pembuatan katalog dan penyusunan kartu katalog. Bagian layanan pembaca bertanggung jawab pada kegiatan layanan di semua lini layanan mulai dari peminjaman buku, layanan referensi dan layanan penelusuran informasi.

Pojok Baca atau perpustakaan MINI di SMP dan SMA Al Masoem
Bahkan di setiap sekolah juga diwajibkan ada sebuah perpustakaan yang ideal. Karena perpustakaan bukan sebatas gudang buku yang jarang dikunjungi siswa melainkan perpustakaan yang aktif melayani para siswa dan memahami kebutuhan guru, karyawan dan khususnya para siswa.
Dikutip dari bimba-aiueo, terdapat beberapa aspek yang harus dipenuhi agar sebuah perpustakaan sekolah menjadi tempat yang nyaman bagi siswanya dalam membaca banyak buku. Lalu, seperti apakah ciri perpustakaan sekolah ideal yang mampu untuk meningkatkan Minat baca bagi siswanya? Berikut ini ulasannya.
- Up to Date
Salah satu ciri perpustakaan yang baik dan ideal adalah selalu up to date. Perpustakaan yang up to date selalu memiliki koleksi yang lengkap dan sesuai dengan perkembangan zaman. Koleksi yang dimiliki perpustakaan pun bermacam-macam, seperti misalnya majalah, koran, buku dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini tentu sangat dibutuhkan. Karena siswa akan cenderung bosan, jika perpustakaan hanya memiliki koleksi buku yang monoton dan itu-itu saja.
- Harus Rapi
Perpustakaan sekolah yang baik dan ideal harus selalu rapi. Koleksi buku yang dimiliki pun harus disusun secara rapi serta sistematis. Buku dapat disusun dengan rapi berdasarkan urutan nama, dan juga pengarangnya sesuai dengan judul buku dan label perpustakaan yang ditempelkan. Hal ini akan membuat siswa atau pengunjung perpustakaan tidak bingung dan secara mudah dapat mencari buku yang sedang mereka butuhkan.
- Bersih
Selanjutnya, perpustakaan sekolah yang baik harus selalu bersih. Siapapun termasuk siswa sekolah akan lebih nyaman membaca di tempat yang bersih. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan minat baca siswa. Usahakan tidak ada debu yang menempel pada buku atau pun raknya. Siapa pun akan malas datang untuk membaca di perpustakaan sekolah, jika terdapat banyak debu yang menempel pada buku atau rak. Selain itu, akan lebih baik jika koleksi buku yang ada diberikan sampul oleh petugas perpustakaan. Hal ini akan mengurangi kemungkinan sampul buku menjadi lusuh, rusak atau bahkan sobek.

- Nyaman dan Sejuk
Sebuah perpustakaan sekolah yang ideal haruslah memiliki hawa yang sejuk dan juga nyaman. Ini akan membuat banyak siswa betah berlama-lama membaca buku dan belajar di perpustakaan. Oleh karena itu, sebaiknya perpustakaan sekolah dilengkapi dengan kipas angin atau bahkan pendingin udara.
- Memiliki Fasilitas yang Lengkap
Belajar atau membaca di perpustakaan akan semakin menyenangkan dan nyaman jika perpustakaan sekolah memiliki fasilitas yang lengkap. Misalnya, wifi atau komputer untuk mendukung kebutuhan riset para siswa sekolah tersebut.
Perpustakaan ideal sudah ada dan masuk ke dalam kriteria bagi perpustakaan Al Masoem, mengingat perpustakaan Al Masoem merupakan perpustakaan yang memang tertutup dan sejuk serta memiliki fasilitas yang lengkap. Selain itu juga kebersihan dan kerapihan buku yang kami sediakan juga terbilang rapi dan sesuai dengan tema buku yang anda butuhkan jadi mempermudah pengunjung yang ingin mencari buku.
Berbagai macam ciri perpustakaan ideal Ini juga dapat membuat siswa mendapatkan referensi bacaan yang lebih luas, selain dari koleksi buku yang terdapat di perpustakaan sekolah tersebut. Minat baca dari para siswa pun akan semakin baik dengan adanya fasilitas-fasilitas yang lengkap di perpustakaan sekolah.

