Cara Mendidik Remaja Yang Hobi Begadang

4 September 2021 | Dibaca : 94x | Oleh : Mohamad Ramdan
Cara Mendidik Remaja Yang Hobi Begadang

Kegiatan tidur larut malam atau yang biasa disebut dengan “Begadang” nampaknya sangat erat dengan keseharian seorang anak yang sedang tumbuh di usia remaja. Mungkin anda selaku orang tua menduga anak remaja anda sedang menderita gangguan tidur atau gangguan insmonia, tapi sebenarnya ada alasan lain sehubungan perubahan pola tidurnya yang drastis, yang membuatnya terjaga hingga larut malam dan bangun lebih siang. Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa remaja sepertinya hidup dalam jam biologis yang berbeda dengan anak-anak dan orang dewasa.

Pubertas yang dialami remaja tampaknya menyebabkan perubahan dalam mekanisme yang memicu kapan sang remaja perlu tidur dan bangun. Memaksa seorang remaja bangun pagi tidak akan mengubah siklus tersebut dan kebanyakan anak remaja sulit untuk tidur sebelum pukul 10 malam, terlebih jika dia sekolah di sekolah yang menerapkan Full day dengan banyak pekerjaan rumah. Hal ini bisa membuat waktu bangun pagi untuk sekolah cukup menantang bagi mereka. Namun walaubagaimana pun tidur penting bagi remaja betapa pun keras ia menentangnya. 

Para remaja umumnya sedang berjuang menghadapi berbagai bentuk tekanan; perasaan cepat marah, kurangnya rasa percaya diri dan perubahan suasana hati sangat umum terjadi, tapi kekurangan tidur membuat konidisinya memburuk. Depresi dapat terjadi akibat kekurangan tidur yang kronis. Selain itu, durasi tidur yang tidak cukup dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, sehingga anak lebih rentan penyakit.

Kekurangan tidur juga dapat mengganggu penilaian seseorang dan ini bisa membahayakan keselamatannya karena banyak remaja sudah diberikan kebebasan untuk membuat keputusannya sendiri. Lantas bagaimana solusi mengatasi gangguan tidur pada anak remaja? Berikut tips yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anaknya yang memiliki gangguan tidur:

Doronglah Sebuah Rutinitas Tidur yang Sehat

Rutinitas tidur yang sehat, tanpa minuman berkafein di malam hari dan tanpa menonton TV sejam sebelum waktu tidur. Hal ini juga berlaku unntuk kedisiplinan pemakaian Gadget.

Penggunaan gadget sebelum tidur juga sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Bahkan ada beberapa peneliti yang mengungkapkan bahwa mereka yang selalu menggunakan gadget sebelum tidur pada umumnya akan memiliki tidur yang kurang berkualitas, efeknya adalah bisa jadi keterlambatan dalam bangun pagi dan juga bisa mempengaruhi semangat pagi dari seseorang.

Selain itu juga penggunaan gadget berlebihan pada malam hari terutama sebelum tidur dapat merusak pengelihatan seseorang karena sinar radiasi layar smartphone yang lebih banyak. Meskipun dewasa ini smartphone memiliki mode malam (dengan layar yang lebih kuning) tapi hanya bisa meminimalisir sedikit saja pada kerusakan mata.

Pastikan dan Usahakan Tidak Tidur Siang pada Akhir Pekan

Akhir pekan merupakan waktu yang baik untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan seperti bermain dengan teman atau hanya sekedar menikmati liburan setelah sibuk sekolah dan belajar. Usahakan pada akhir pekan (Hari Sabtu & Minggu) untuk tidak tidur siang. Walaupun harus uisahakan tidak melebihi tiga sampai empat jam untuk tidur, karena dengan tidur siang yang berlebihan akan mengganggu waktu tidur malam hari yang lebih berkualitas.

Usahakan Tidur Malam Selama 9 Jam

Remaja muda membutuhkan sembilan jam tidur, yang berarti bahwa waktu tidur pukul 10 atau 11 malam sudah cukup larut untuknya, tergantung pada waktuia harus bagun esok harinya sehingga untuk kasus remaja muda dibuatkan jadwal tidur pukul 9.

Usahakan Matikan TV dan Lampu Saat Tidur

Matikan TV dan lampu saat tidur, dan bukakan gordyn atau jendela saat jam wekernya berbunyi. Cara ini akan membantunya menciptakan siklus tidur dan siklus bangun yang lebih wajar. Bahkan menurut penelitian tidur dengan cahaya lampu dimatikan sangat baik bagi tubuh.  Karena tubuh bisa beristirahat dengan baik dari pada dengan keadaan lampu yang menyala.

Namun meski begitu tidak semua orang bisa tidur dalam keadaan gelap meskipun menggunakan lampu tidur, maka semua tergantung dari anda sendiri dan kenyamanan anda sendiri untuk tidur berkualitas.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Biaya Masuk dan Mendaftar ke SD Al Masoem
27 Februari 2021
Almasoem.sch.id,- SD Al Masoem merupakan sekolah tingkat dasar yang sudah terakredetasi “A” dengan nilai nyaris sempurna 9,8/10. Sekolah dasar 3 ...
21 Desember 2015
Oleh: Endang Jamaludin H, S.Ag الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ وَفَّقَ مَنْ شَاءَ مِنْ عِبَادِهِ لِحِفْظِ حُدُوْدِهِ ، وَأَعَانَهُمْ بِمَنِّهِ وَفَضْلِهِ عَلَى اْلقِيَامِ ...
Prestasi siswa AL Masoem
18 Februari 2020
Jatinangor (almasoem.sch.id),- Edys Octa Amelia atau sering di Panggil Edys merupakan siswi dan Santri Al Ma'soem yang memiliki Suara Emas. Setelah tampil ...
beasiswa tahfidz
12 Januari 2021
Almasoem.sch.id,- Al Masoem membuka pendaftaran tahun ajaran 2021/2022 pertanggal 1 Agustus 2020 hingga juli 2021 dengan persyaratan jikalau kuota kita ...
Empat Visi Pendidikan Menuju Abad 21
15 Maret 2021
Penulis : Dadang Dimyati, S.S., M.M. (Wali Santri Pesantren Siswa Al Masoem) Almasoem.sch.id,- Pembelajaran daring, baik karena tuntutan zaman atau ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top