Edukasi kesehatan gigi dan mulut (3)

5 Tips Agar Siswa Betah Belajar Mata Pelajaran Yang Sulit

Setiap siswa memiliki apa yang disukai dan apa yang tidak disukai, termasuk mata pelajaran di kelas. Paling tidak terdapat 1 atau 2 mata pelajaran yang ketika mendengar namanya sudah bikin mual. Mungkin terdengar berlebihan, tetapi ini memang sudah menjadi fitrah manusia untuk memiliki minat yang berbeda-beda. Lalu apa penyebab hal tersebut dan bagaimana agar para siswa ini betah belajar mata pelajaran yang sulit?

Salah satu alasan mengapa para murid merasa enggan belajar pada mata pelajaran tertentu karena sulit dipahami. Ini menjadi PR yang penting diselesaikan oleh para guru pengajar sepanjang waktu. Guru perlu bisa mengakomodir seluruh siswa agar bisa mencerna pelajaran dengan baik, misalnya mengemas pelajaran dengan penuh humor, banyak diskusi dan lain sebagainya.

Orang tua pun juga ikut berperan dalam menghadapi anaknya yang merasa kesulitan untuk mempelajari topik tertentu. Tanpa berlama-lama, mari simak penjelasan dari kami mengenai 5 tips agar siswa betah belajar mata pelajaran yang sulit!

1. Hubungkan mata pelajaran dengan kehidupan sehari-hari

Orang tua dapat berperan untuk membantu sang anak lebih betah mempelajari mata pelajaran yang dirasa sulit. Salah satu caranya adalah dengan menghubungkannya dengn kehidupan sehari-hari sang anak. Biasanya Ia akan lebih peka terhadap situasi hidup mereka, sehingga bila dikaitkan dengan mata pelajaran akan lebih mudah dicerna. Misalnya saja mengajaknya sang anak ke pasar untuk melatih berhitung.

Guru pun punya andil penting dalam hal ini, dimana guru akan memberikan studi kasus yang sesuai dengan dunia nyata. Nantinya guru akan mengerahkan siswa untuk mendiskusikan hal tersebut bersama kelompoknya dan memberikan penjelasan di depan kelas. Atau bisa pula guru tersebut yang menjelaskan studi kasus tersebut.

2. Buat pelajaran menjadi lebih menyenangkan

Salah satu hal yang dapat langsung terlihat ketika siswa tidak betah belajar adalah merasa bosan. Hal ini menyebabkan mereka tidak tertarik untuk mendengar penjelasan dari guru dan enggan belajar. Agar pelajaran menjadi lebih menarik, guru dapat mencoba beberapa kegiatan yang melibatkan partisipasi seluruh siswa di kelas. Contohnya seperti  kompetisi atau games yang menarik, dimana langkah ini dilakukan agar seluruh siswa merasa terhibur dan memperbaiki suasana kelas dari perasaan jenuh.

Bagi orang tua kepada anaknya, terkadang dibutuhkan beberapa stimulus agar sang anak mau untuk belajar. Misalnya seperti memperagakan dengan mainan kesukaannya atau dibarengi dengan aktivitas fisik. Hal ini agar pikiran anak lebih terpacu untuk belajar dan tubuh mereka ikut bergerak agar badan lebih segar.

3. Kaitkan dengan kehidupan masa dewasa

Tugas siswa di sekolah adalah belajar dengan tekun. Dengan belajar, mereka bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru yang bisa berguna ketika dewasa nanti. Guru dapat memancing siswa yang merasa sulit untuk belajar mata pelajaran tertentu dengan menceritakan hubungan mata pelajaran tersebut dengan kehidupan di dunia kerja. Selain itu dengan semakin memperbanyak ilmu, maka akan semakin terbuka lebar peluang baru ketika mencapai dewasa.

Orang tua bisa ikut mengajak anaknya membicarakan masa depan yang ingin dilakukan. Nantinya bila dirasa memiliki hubungan, coba berikan pengertian bahwa mata pelajaran ini saling berkaitan dengan mimpi yang ingin dicapai. Buat suasana berbicara ini dengan suasana yang hangat dan akrab agar sang anak bisa terbuka dengan pikirannya.

4. Ceritakan pengalaman pribadi atau kisah tokoh penting

Disamping menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari, mendengar kisah seseorang yang berhubungan dengan mata pelajaran bisa membuat kelas menjadi menarik. Guru bisa sedikit ‘membocorkan’ pengalaman hidupnya ketika mempelajari mata pelajaran yang diajarkan. Hal ini bisa menarik simpati para siswa kepada guru tersebut sekaligus mendapatkan gambaran bagaimana mata pelajaran tersebut memiliki fungsi yang lebih luas.

Menceritakan tokoh penting juga langkah yang bisa dilakukan untuk memancing simpati siswa. Ajak mereka untuk mendengar perjalanan hidup mereka dan manfaat yang diberikan berkat pengetahuan yang ada di mata pelajaran tersebut.

5. Ubah suasana belajar

Langkah terakhir ini mungkin sudah terselip di tips-tips sebelumnya yaitu mengubah suasana belajar. Terkadang siswa akan merasa jenuh bila terus belajar di kelas, apalagi bertemu dengan mata pelajaran yang kurang disukai. Maka dari itu sang guru dapat mengobati keadaan tersebut dengan membuat penyegaran. Misalnya saja mengajak belajar di taman, mengunjungi perpustakaan atau lingkungan sekolah lainnya. Dengan pengalaman belajar yang menarik dan menyenangkan bisa membuat para murid lebih semangat untuk belajar.

Itulah 5 tips yang bisa dilakukan agar siswa betah belajar mata pelajaran yang sulit. Baik guru maupun orang tua memiliki tantangan yang sama agar anak dengan sukarela mau mempelajari mata pelajaran yang dirasa sulit. Dibutuhkan kreativitas dalam pembelajaran agar suasana hati tetap terjaga dan menghilangkan suasana bosan.

 

 

Penulis: Gumilar Ganda