Rasa Insecure Pada Remaja Masa Kini Dan Cara Mengatasinya

10 September 2021 | Dibaca : 162x | Oleh : Mohamad Ramdan
Rasa Insecure Pada Remaja Masa Kini Dan Cara Mengatasinya

Insecure adalah suatu perasaan cemas yang dirasakan oleh individu. Sebenarnya perasaan cemas pada setiap individu adalah sesuatu yang wajar. Namun istilah insecure ini, yaitu kecemasan individu yang terjadi  terus menerus. Hal tersebut adalah suatu kondisi yang menimbulkan  akibat pengalaman buruk, cara pandang yang salah, atau sifat perfeksionis.

Perasaan cemas yang tatkala pemicunya sudah hilang maka akan mereda sendiri. Sebagai contohnya individu saat akan UTS mengalami rasa cemas tetapi setelah beres akan kembali normal. Berbeda dengan individu yang terkena “wabah” insecure justru tidak pernah akan reda. Bahkan dalam kesehatan mental, apabila rasa cemas yang berlebihan dan terjadi tanpa sebab yang jelas dapat berujung pada terganggunya kesehatan mental seseorang. Jadi dapat disimpulkan bahwa insecure adalah kecemasan tanpa sebab yang dapat memengaruhi kesehatan mental.

Insecure Selalu Terjadi Pada Remaja atau Anak Yang Sedang Beranjak Menuju Dewasa

Akhir-akhir ini insecure terjadi pada remaja. Menurut  Santrock (2007) masa remaja merupakan periode transisi perkembangan antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa, yang melibatkan perubahan biologis, kognitif, dan sosio, emosional, yang dimulai dari rentang usia 10 hingga 13 tahun dan berakhir pada usia sekitar 18 hingga 22 tahun.

Remaja insecure karena pada masa remaja terjadi perubahan yang transisi diantaranya adalah kognitif dan emosional, serta perubahan hormonal sehingga rasa insecure atau cemasnya lebih tinggi dibanding pada rentang perkembangan usia lainnya.

Selain itu pada masa ini, banyak individu yang merasa tidak aman, karena merupakan periode perubahan dari masa anak-anak menjadi dewasa. Banyak tekanan, tanggungjawab, rasa tidak pasti, serta keraguan. Apalagi saat ini, pengaruh media sosial menuntut setiap orang untuk tampil sempurna. Tidak itu saja, beberapa remaja bisa saja menjadi sasaran bullying di sekolah karena penampilan, atau bahkan sesuatu yang dianggap tidak sesuai dengan pola pikir mereka.

Selain faktor tersebut insecure pada remaja terjadi akibat adanya rasa pertemanan yang out of the group  atau tidak sejalan dengan kelompoknya, tuntutan keberhasilan dalam akademik untuk terus berprestasi dan mampu berkompetisi, merasa tidak dipahami oleh orang tua. Itulah faktor utama remaja terpicu menjadi insecure.

Beberapa Faktor Penyebab Remaja Menjadi Insecure 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan remaja menjadi insecure salah satunya adalah karena trauma. Trauma bisa sangat mempengaruhi perilaku seseorang terutama seorang remaja. Biaasanya mereka yang memiliki trauma keap kali memiliki reaksi yang lebih intens ketika mereka ingat akan trauma yang pernah mereka alami pada masa lalu. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa percaya diri yang turun terhadap dirinya sendiri. Selain trauma ada beberapa faktor penyebab remaja menjadi insecure diantaranya adalah :

  • Ekspektasi yang Terlalu Tinggi.

Terkadang kenyataan itu berjalan terbalik dengan realita. Ekspektasi yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan harapan yang tinggi dan berakhir dengan kekecewaan. Disaat kondisi seperti ini akhirnya seorang remaja akan menyalahkan dirinya sendiri atas kenyataannya yang tidak sesuai dengan harapan mereka. Tapi perlu diingat itu merupakan sesuatu yang masih wajar selama tidak berlebihan. Maka dari itu jika anda ingin berekspektasi tinggi anda juga harus bisa menerima jika kenyataan tidak sesuai dengan ekspektasi yang anda harapkan. Dengan sikap bersyukur serta merelakan, bisa sedikit meminimalisir rasa kecewa anda 

  • Pergaulan yang Tidak Sehat

Pergaulan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Pergaulan yang sehat dapat membentuk sifat seseorang yang baik, begitu juga dengan pergaulan yang tidak sehat dapat membentuk sifat seseorang yang tidak baik.

Pergaulan yang tidak sehat bisa menjadi salah satu faktor penyebab remaja insecure terhadap dirinya sendiri, apa lagi jika (maaf) anda merupakan remaja yang lahir di keluarga yang kekurangan dan bergaul dengan orang orang yang lebih beruntung dari pada anda, rasa tidak percaya diri anda akan sangat terkuras.

Maka dari itu solusi terbaik untuk meminimalsir rasa insecure anda sebagai remaja adalah meminimalisir pergaulan dengan orang orang yang tidak sehat. lebih pintar memilih teman yang bisa membuat anda berkembang bukan membuat anda semakin insecure dengan diri anda sendiri.

  • Selalu Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain

Ada beberapa hal yang membuat anda merasa tidak percaya diri dan insecure terhadap diri anda sendiri, adalah anda selalu membandingkan diri anda sendiri dengan orang lain. Padahal pada kenyataannya anda dengan orang lain merupakan orang yang berbeda. Tips dari saya jika anda ingin membadingkan adalah anda membandingkan diri anda sendiri yang saat ini dengan diri anda sendiri dimasa lalu.

Perbandingan diri anda dengan diri anda dimasa lalu bisa membuat anda tidak akan insecure terhadap diri anda sendiri. Selalu ingat pencapaian anda dari dulu hingga saat ini, dan percayalah bahwa anda memang salah satu pemenang dalam kehidupan ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anda sebagai remaja tanggung.

  • Selalu Mendengarkan Komentar Negatif Orang Lain

Setiap orang berhak berkomentar, tapi bukan berarti komentar setiap orang harus anda dengarkan dan resapi. Terkadang anda benarpun bisa dianggap salah oleh orang lain, begitu juga kalau anda salah kadang bisa menjadi benar dimata orang lain. Mendengarkan dan meresapi komentar negatif orang lain hanya dapat membuat anda menjadi semakin insecure terhadap diri anda sendiri bahkan terhadap orang lain, bijaksanalah dalam mendengarkan komentar orang lain.

  • Penolakan Dari Orang Lain

Penolakan dari orang lain bisa menjadi salah satu faktor yang dapat membuat seseorang menjadi insecure terhadap kehidupannya sendiri. Penolakan disini bukan hanya tentang pernolakan cinta, tapi penolakan penolakan yang lain juga bisa menjadi faktor yang sangat mempengaruhi, seperti penolakan dari sekolah karena anda tidak diterima disekolah yang anda harapkan, penolakan dari orang tua karena mereka lebih mengkedepankan ego orang tua yang lebih tahu sekolah yang terbaik untuk anda dan lain sebagainya. 

  • Sifat Perfeksionis

Sifat perfeksionis seseorang dapat membuat orang tersebut merasa insecure jika apa yang mereka laksanakan tidak sesempurna yang mereka dapatkan. Hampir mirip dengan ekspektasi yang tinggi, mereka yang selalu perfeksionis juga dapat menyebabkan inscure terhadap diri sendiri jika apa yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan, akhirnya mereka akan terus mengulang ulang dan mengulang hingga apa yang mereka dapatkan sesuai dengan ekspektasi yang mereka harapkan. Namun hal seperti itu hanya akan menjadi diri anda lebih insecure jika anda terus menerus memiliki sifat begitu terus.

Tips Mengatasi Insecure Pada Remaja

Persaaan insecure merupakan perasaan yang wajar yang bisa dialami remaja bahkan oleh orang tua sekalipun, namun rasa insecure yang berlebihan dan berkepanjangan dapat membuat anda menjadi tidak bisa berkembang. Bahkan dengan rasa insecure ini juga dapat mengganggu kesehatan mental dan memicu mood anda menjadi jelek, tentu saja ini juga dapat membuat anda tidak berkembang dan dapat menghambat aktifitas keseharian anda.

Insecure memang tidak bisa dihilangkan dan masih akan datang sewaktu-waktu. Namun setidaknya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi frekuensi dan level insecurity ini, diantaranya:

  • Sayangi dan Hargai Diri Sendiri

Menyayangi diri sendiri merupakan salah satu faktor utama bagi anda untuk meminimalsir rasa insecure terhadap diri anda sendiri. Dengan menyayangi diri sendiri juga anda dapat paham terhadap diri anda sendiri, dan anda dapat memilah sesuatu yang pantas anda dapatkan dan apa yang tidak pantas anda dapatkan.

Dengan menyayangi diri anda sendiri juga anda dapat memantaskan diri untuk orang lain, dalam artian anda bisa lebih paham dengan apa yang anda sukai dan apa yang tidak membuat anda tidak nyaman, maka dari itu apapun yang membuat anda tidak nyaman jangan lakukan itu juga kepada orang lain. Karena bisa jadi apa yang orang lain rasakan juga sama seperti yang anda rasakan.

Hargai diri anda sendiri juga bisa berupa pujian atas pencapain diri anda sendiri atau selalu mensyukuri apapun yang anda miliki adalah bukti bahwa anda menghargai diri anda sendiri. Artinya, sekecil apapun pengakuan dan penghargaan yang Anda dapatkan bisa membantu meningkatkan rasa PD dan mengurangi perasaan tidak aman.

  • Lakukan "Me Time" atau Meluangkan Waktu Untuk Memanjakan Diri Sendiri

Me Time atau meluangkan waktu untuk memanjakan diri dapat mensehatkan mental anda. Selain itu juga dengan memanjakan diri anda sendiri anda bisa lebih percaya diri dan bisa mensyukuri semau sesuatu tentang apa yang anda miliki. Tidak hanya memanjakan diri, kegiatan yang Anda lakukan tersebut bisa membantu Anda menemukan passion bahkan potensi lain yang sebelumnya tidak diketahui.

  • Jika Perlu Dukungan Dari Luar, Bisa Meminta Saran Orang Tua atau Kenalan Terdekat

Dengan dukungan misalnya dukungan dari orang tua yang menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan atau mengurangi insecure pada remaja, peranan orang tua untuk berupaya tidak menuntut lebih kepada mereka namun lebih dekat lagi memberikan semangat dan motivasi kepada diri remaja sesuai dengan kemampuan dan minat bakatnya untuk berkembang dan berprestasi.

Orang tua yang bijaksana juga bisa memberikan masukan yang baik, bukan membanding bandingkan anak anda dengan anak tetangga yang lebih bisa berprestasi. Yang perlu diingat adalah setiap orang terlahir berbeda, dengan minat dan bakatnya masing masing.

  • Positif Thinking

Setiap orang pasti memiliki masalah, namun mereka dapat menyikapinya secara berbeda beda, ada beberapa orang yang bisa santai karena melihat sesuatu dari sisi postifnya ada beberapa juga yang menyikapinya dengan mengeluh, update status di whasapp hingga akhirnya menyalaahkan diri sendiri dan berakhr stress.

Dengan berfikir positif kita bisa meminimalsiir stress itu terjadi, dengan berfikir positif juga dapat meminimalisir munculnya perasaan-perasaan negatif yang mengarah pada insecurity. Anda pun akan jarang mengalami kekhawatiran, kecemasan dan ketakutan.

  • Jangan Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Karena pada dasarnya anda merupakan sosok yang berbeda dengan orang lain, dengan membandingkan diri anda sendiri itu sama saja dengan anda membandingkan kualitas diri anda dengan mereka yang kualitasnya belum tentu sebaik anda. Membandingkan diri dengan orang lain malah dapat membuat anda menjadi stress yang akhrinya munculnya rasa insecure.

  • Jauhi Diri Anda Dengan Mereka Yang Membuat Insecure

Teman atau lingkungan merupaakn salah satu faktor yang dapat memengaruhi rasa insecure, sudah selayaknya anda untuk mulai bijaksana memilih pertemanan, carilah atau buatlah komunitas pertemanan yang sehat yang membuat anda berkembang bukan membuat anda menjadi insecure terhadap diri anda sendiri

Rasa Insecure pada umumnya selalu menyerang remaja tanggung, karena pada umumnya remaja adalah fase dimana perubahan dari sifat kekanak kanakan menuju kedewasaan, proses mencari jati diri juga menjadi salah satu faktor kenapa remaja pada umumnya selalu merasa insecure terhadap diri sendiri, dengan cara cara yang sudah kami sajikan diharapkan remaja akan dapat lebih positif didalam menjalani kehidupannya dan kemungkinan akan insecure kembali semakin kecil.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

prestasi siswa
27 April 2021
Satu lagi siswa SMA Al Masoem berprestasi ditengah pandemi, adalah Ananda Elvina Febryana W kelas X MIPA 3 SMA Al Masoem yang berhasil meraih juara 3 ...
Kebersihan Merupakan Tanggung Jawab Semua Orang
8 Juli 2019
 Kebesihan adalah sebagian dari Iman. Salah satu kata yang simple namun penuh makna. Makna terdalam yang penulis dapatkan dari kata-kata tersebut adalah ...
Siswa Al Ma'soem Peringati Maulid Nabi 1438H
4 Desember 2017
Para peserta didik SMP dan SMA Al Ma’soem peringati pelaksanaan Maulid Nabi 1438H yang dilaksanakan pada Kamis (30/11) kemarin yang digelar di dome ...
17 Desember 2015
SD Al Ma’soem pada Kamis (17/12) diramaikan dengan kegiatan Sains Day yang diselenggarakan oleh sekolah bekerjasama dengan Planet Sains Bandung. Siswa SD Al Ma’soem disibukan dengan berbagai macam kegiatan yang sangat menarik dan informatif yang berhubungan dengan sains pada aktivitas ...
Pendidikan karakter
3 Oktober 2019
Jatinangor,- Pesantren tidak akan luput dari istilah santri dan agama. Seakan pesantren itu memang diharuskan untuk para santri sehingga dapat mencetak ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top