Islamic boarding school terbaik di Indonesia

Perbedaan Boarding School Putri dan Pesantren Putri

Beberapa orang mungkin menganggap boarding school putri sama dengan pesantren putri. Nyatanya, kedua hal tersebut berbeda jika dilihat secara saksama. Mungkin banyak yang menganggap keduanya sama lantaran mempunyai persamaan. Persamaannya adalah menyediakan fasilitas asrama untuk para siswa atau santrinya.

Selain itu, baik boarding school atau pesantren mempunyai peserta didik yang berasal dari berbagai daerah. Hal inilah yang membuat pemikiran jika boarding dan pondok pesantren adalah sama. Salah satu sekolah yang menyediakan sistem boarding school dan pesantren adalah Almasoem.

Perbedaan Boarding School dan Pondok Pesantren Putri Almasoem

Jika dilihat dari segi hal yang mendasar, letak perbedaan keduanya adalah tujuan dari tempat tersebut. Boarding school adalah tempat untuk para pelajar melakukan aktivitas belajar dan lainnya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Sementara pesantren adalah tempat untuk membentuk karakter yang berakhlak. Selain itu, ada beberapa perbedaan lainnya.

  1. Dilihat dari Segi Pendiri

Letak perbedaan pertama yang bisa dilihat dari boarding school putri dengan pesantren putri adalah pendirinya. Boarding school mempunyai pendiri yang biasanya dilakukan oleh suatu organisasi atau lembaga. Misalnya, yayasan, lembaga pemerintah, dan lembaga swasta.

Sementara untuk pondok pesantren, biasanya pendirinya bersifat perorangan. Sering kali ditemukan pesantren yang didirikan oleh Kyai yang mengajar di pondok pesantren tersebut. Dari sini saja jelas keduanya berbeda, bukan?

  1. Dilihat dari Segi Pembangunan dan Biayanya

Salah satu perbedaan yang bisa ditemui pada boarding school dan pesantren adalah segi pembangunan. Biasanya, pembangunan untuk boarding school, modalnya sudah disiapkan sehingga pembangunan akan dilakukan secara sekaligus. Wajar saja jika boarding school mempunyai gedung yang bagus dan mempunyai fasilitas lengkap.

Sementara pondok pesantren biasanya dibangun dengan modal yang sangat terbatas. Selain itu, proses pembangunannya pun dilakukan secara bertahap dengan menyesuaikan ketersediaan modal yang ada. Tidak hanya itu saja, pesantren biasanya dibantu oleh para donatur dalam pembangunannya.

  1. Dilihat dari Segi Biaya Pendidikan

Perbedaan boarding school putri dengan pesantren putri di Almasoem bisa terlihat dari segi biaya pendidikan. Boarding school biasanya mempunyai biaya pendidikan yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pesantren. Hal ini karena menyesuaikan fasilitas yang didapatkan oleh peserta didiknya.

Sementara pesantren menerapkan biaya pendidikan dan SPP yang terjangkau. Bahkan, biaya tersebut bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat. Tidak heran jika ada beberapa pondok pesantren yang akan menggratiskan biaya pendidikannya.

Namun, hal ini tentunya disesuaikan dengan fasilitas hang tersedia di mana fasilitas pesantren tergolong masih sederhana. Selain itu, jika dilihat dari sistem keamanan, boarding school akan secara totalitas menjaga keamanan para peserta didik.

Semua kegiatan yang dilakukan selama berkaitan dengan pendidikan akan diawasi secara menyeluruh. Belum lagi terdapat tata tertib di mana ada sanski dan reward yang harus dipenuhi oleh peserta didik.

  1. Dilihat dari Segi Kurikulum Pendidikan

Ada lagi perbedaan antara boarding school putri dengan pesantren putri yang bisa ditemui, yakni dilihat dari kurikulum pendidikan. Boarding school atau yang biasanya dikenal sebagai sekolah asrama mempunyai kurikulum yang berkualitas. Bahkan, sudah banyak yang menggunakan kurikulum nasional terpadu.

Kurikulum yang ditetapkan mempunyai desain dengan sistem internasional yang memadukan pendidikan secara formal dan non formal. Sementara pesantren mempunyai kurikulum yang menitikberatkan pada agama. Bahkan, kurikulum tersebut didasarkan pada kitab suci. Namun, ada juga pesantren yang mengembangkan kurikulum sendiri, seperti Almasoem.

  1. Dilihat dari Segi Tenaga Pengajar

Perbedaan boarding school putri dan pesantren putri bisa dilihat dari segi tenaga pengajarnya. Boarding school biasanya mempunyai tenaga pengajar yang sudah ditentukan dengan kualifikasi tertentu. Biasanya, tenaga pengajar akan dibedakan sesuai dengan kualifikasi materi pendidikan yang diberikan, apalagi jika materi tersebut berupa pendidikan formal.

Wajar saja jika tenaga pengajar boarding school diseleksi secara ketat untuk mendidik peserta didik agar mempunyai kecerdasan intelektual. Sementara pesantren mempunyai tenaga pengajar berupa kyai dan ustad yang sudah paham tentang agama dan kitab suci.

Selain itu, tenaga pengajar pesantren biasanya mempunyai pengalaman banyak dalam menjalani kehidupan. Nantinya, pengetahuan dan pengalaman itulah yang akan diajarkan kepada para santri.

Tujuannya untuk memberikan contoh kepada para santri sehingga semakin membentuk akhlak yang baik. Tenaga pengajar di pesantren juga mengembangkan metode belajar untuk menyampaikan materi sesuai karakter santri.

Boarding School dan Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Barat

Setelah melihat perbedaan antara boarding school putri dengan pesantren, Anda lebih memilih yang mana? Jika ingin memilih pesantren, maka Almasoem menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, Almasoem akan memberikan sejumlah fasilitas yang memadai dan memberikan pembelajaran berkesinambungan.

Pesantren Almasoem akan memberikan dukungan penuh kepada generasi muda terkait IMTAK dan IPTEK. Ditambah lagi, tempat ini akan memberikan teladan dan pembiasaan tentang sikap hidup yang lebih disiplin.

Ada beberapa keunggulan yang bisa dirasakan oleh para santri saat memilih pesantren Almasoem. Mulai dari fasilitas pembiayaan yang ringan, mendapatkan fasilitas lengkap sesuai teknis pendaftaran, sampai proses KBM yang efektif dan sesuai dengan jadwal.

Selain itu, pesantren tersebut akan membantu mengembangkan pembelajaran moving class dan contextual learning. Ada lagi kelebihan yang bisa didapatkan dari fasilitas pembelajaran di Almasoem. Mulai dari fasilitas pendukung yang lengkap, tenaga pengajar yang kompeten, sampai keamanan terjamin dengan penjagaan satpam sesuai gender.

Selain itu, Almasoem juga mempunyai sistem boarding school, lho. Jadi, baik boarding school putri atau pesantren putri bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan. Sudahkah Anda menentukan pilihan mana yang ingin diambil?