Hafidzah Quran Al Masoem

Kelebihan Kelas Tahfidz dan Menjadi Penghafal Al Qur’an

Target kelulusan siswa SMP Al Masoem yang mengikuti kelas Tahfdiz, harus bisa hafal minimal 3 juz.

Sejak dibuatnya program peminatan kelas Tahfdiz bagi siswa SMA dan SMP, telah cukup banyak diminati oleh para siswa. Kesempatan untuk memilih sendiri kelompok belajar  yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan bagi siswa ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendapatkan pelajaran lebih di bidang hafalan Al Quran.

Siswa yang telah lolos seleksi peminatan kelas Tahfdiz memperoleh metode pembelajaran tambahan tahsin dan Tahfdiz oleh staf pengajar, di mana setiap siswa akan belajar metode bagaimana menghafal Al Qur’an dengan baik. Pihak sekolah sendiri juga tidak membatasi setiap siswa wajib menghafal sesuai target, atau harus menghafal 30 juz Al Qur’an.  Tapi jika ada siswa yang berhasil menembus target hafalan bahkan hingga 30 juz, pihak sekolah akan memberikan apresiasi berupa free DOP atau bebas biaya SPP bulanan selama satu bulan lebih.

Tidak hanya apresiasi bagi siswa yang menguasai hafalan di atas target, banyak kelebihan yang akan di dapat siswa yang mengikuti peminatan kelas Tahfdiz ini. Siswa juga dapat lulus dengan hafalan yang lebih banyak dari siswa lain yang mengambil kelas biasa. Target kelulusan siswa SMP Al Masoem yang mengikuti kelas Tahfdiz, harus bisa hafal minimal 3 juz.

Karena, bisa menghafal Al Qur’an adalah karunia dari Allah SWT kepada orang-orang tertentu, tidak semua orang mampu. Ini juga berbanding lurus dengan kekhusyukan yang diberikan oleh Allah kepada penghafal Al Qur’an, baik di dunia maupun di akhirat. Tak menutup kemungkinan bagi siapa yang mau dan bersungguh-sungguh dalam menghafal Al Quran, Insha Allah akan mampu.

Selain mendapatkan kenikmatan dunia serta pahala dari mengamalkan dan menghafal Al Quran, mengikuti kelas Tahfdiz dan menjadi penghafal Al Quran akan mencerminkan seseorang yang berilmu. Orang yang berilmu tentu memiliki nilai lebih, dalam Al Quran sangat istimewa.

“Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang –orang yang zalim.” (QS Al-Ankabut 29:49)

Program peminatan kelas Tahfdiz tentunya disambut baik oleh para orang tua siswa, yang berharap putra putrinya dapat memilih peminatan kelas ini sesuai dengan keinginan minat dan bakatnya. Karena, menjadi penghafal Al Quran tak hanya dijanjikan kemuliaan, tapi orang tua mereka pun juga. Sebagai bentuk bakti seorang anak kepada orang tuanya adalah memberikan kemuliaan.

Menghafal adalah salah satu cara meningkatkan kecerdasan seseorang. Otak pun jadi lebih mudah menyerap informasi juga menyimpannya dalam jangka waktu yang lama. Orang yang rajin menghafal akan memiliki kecerdasan otak yang baik, sehingga menjadi orang yang teliti dan mudah mengingat hal-hal kecil yang harus mereka ingat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti kelas Tahfdiz dan menjadi Hafizh / Hafizah yang mencintai Al Quran. Dan masih banyak lagi keutamaan yang didapat oleh penghafal Al Quran. Program peminatan kelas Tahfdiz di sekolah Al Masoem tentunya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi siswa yang memiliki minat dan bakat menghafal, serta ingin terus mengasah kecerdasannya.  Apalagi tidak semua sekolah memiliki program yang memberikan kesempatan siswanya memilih sendiri peminatan kelas Tahfdiz.

Pena : Mohamad Ramdan