Dsc 0088

Kekurangan Metode Pembelajaran Daring

Siswa sekolah di semua jenjang kini tengah mengalami perubahan metode pembelajaran yang sebelumnya tidak dipetakan dalam proses pendidikan mereka: transisi dari pembelajaran konvensional atau tatap muka menjadi pembelajaran virtual. Dengan adanya pandemi global yang memengaruhi siswa dari semua jenjang, terkadang situasinya terasa sulit untuk dilaksanakan dan diikuti oleh semua siswa. Karena semakin banyak sekolah yang beralih ke pembelajaran virtual, mungkin ada beberapa hal negatif yang semakin dirasakan siswa dalam masa penyesuaian. 

Sistem pembelajaran online adalah system yang melibatkan perangkat lunak berbasis web untuk mendistribusikan dan mengelola pembelajaran melalui Internet. Sistem ini melibatkan penerapan kemajuan teknologi untuk mengarahkan, merancang dan menyampaikan konten pembelajaran, dan untuk memfasilitasi komunikasi dua arah antara siswa dan guru. Dalam konsep pembelajarannya, berisi fitur umum seperti papan tulis, ruang obrolan, jajak pendapat, kuis, forum diskusi, dan juga survei yang memungkinkan instruktur dan siswa untuk berkomunikasi secara online dan berbagi konten atau materi secara berdampingan. Hal ini juga dapat menawarkan cara yang produktif dan nyaman untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun setiap suatu gagasan pasti ada saja kekurangan atau tantangan yang perlu carikan solusi, termasuk belajar online/daring.

Salah satu yang sering menjadi kendala adalah koneksi internet. Tentunya ini bukan lagi menjadi rahasia jika pembangunan di indonesia belum sepenuhnya merata, sehingga sebagian daerah-daerah di indonesia belum bisa menikmati fasilitas seperti yang ada di daerah lain, termasuk fasilitas jaringan internet.

Jaringan internet adalah syarat mutlak agar pembelajaran online bisa dilakukan, sementara banyak daerah di indonesia belum memiliki jaringan internet yang memadai sehingga ini menjadi PR tersendiri bagi pemerintah.

Tak ada jaringan internet artinya siswa tidak bisa belajar online, padahal pemerintah mewacanakan pemberlakukan belajar online ke depannya, maka solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah pemerintah mulai menggalakan pembangunan jaringan internet agar tersebar merata di indonesia, sehingga semua bisa menikmati internet tanpa terkecuali.

Hal lainnya adalah ketersediaan kuota internet. Masalah klasik yang sering dihadapi oleh siswa yang belajar online adalah untuk bisa belajar online mereka harus memiliki kuota internet, sedangkan harga kuota internet cukup mahal, apalagi jika siswa tersebut kurang mampu maka bisa dipastikan pembelajaran online tidak akan bisa maksimal diikuti oleh sebagian siswa.

Solusi yang paling tepat agar pembelajaran online bisa dinikmati oleh semua siswa tanpa terkecuali adalah dengan menggratiskan kuota bagi siswa sehingga mereka tak pelu lagi beli kuota untuk belajar online, untuk masalah pendataannya bisa menggunakan dapodik siswa sehingga diketahui semua siswa yang ada di indonesia, dengan begitu semua siswa bisa ikut belajar online.

Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan evaluasi yang relevan dengan pola pembelajaran online. Untuk mengatahui siswa memperhatikan atau tidak, maka perlu dilakukan evaluasi diakhir pembelajaran.