Public speaking

Cara Efektif untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa Inggris

Untuk mencapai keterampilan bahasa dasar ini, siswa perlu mengelilingi dirinya sendiri dengan bahasa Inggris: jadikan bahasa Inggris bagian dari kehidupan di rumah, di sekolah atau kampus selama waktu luang tersedia.

==========

Ketika kita mempelajari bahasa ibu, pertama kita mendengarkan, kemudian kita berbicara, kemudian kita membaca dan akhirnya kita menulis. Mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis adalah empat keterampilan bahasa yang perlu kita kembangkan untuk komunikasi yang lengkap.

Mendengarkan dan membaca bersifat reseptif: masukan, yaitu pemaparan yang kita miliki terhadap bahasa asli yang digunakan. Berbicara dan menulis itu produktif: hasil, yaitu tindakan menghasilkan bahasa sebagai bagian dari proses pembelajaran bahasa kedua. Lanjutkan membaca untuk mengetahui tips yang akan membantu mengatasi kesulitan yang mungkin dialami untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita.

Ekspos diri kita pada bahasa tersebut seterbuka mungkin: latihan membuat sempurna, yang berarti jika kita ingin meningkatkan suatu keterampilan, kita harus mempraktekkannya. Sebagai pelajar pemula, kita harus mencapai semua 4 keterampilan bahasa: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggris

Mendengar:

Mendengar memainkan peran yang sangat penting dalam mempelajari bahasa apa pun. Mendengar yang efektif memastikan pemahaman dan membantu meningkatkan akurasi saat berbicara. Bagaimana kita dapat meningkatkan keterampilan mendengarkan? Dengan mendengar secara aktif, memperhatikan bukan pada apa yang dikatakan, tetapi juga bagaimana dikatakan. Jadi, dengarkan:

  1. pada musik — kuno atau modern; jenis yang kita sukai, tetapi perhatikan liriknya. (terkadang membaca lirik dapat membantu kita memahami lagunya)
  2. Untuk film, acara TV, berita, hiburan, radio – cobalah musik klasik. Jika kita menonton DVD, kita dapat menonton filmnya beberapa kali. Menonton dengan subtitle dan kemudian saat kita merasa lebih nyaman, tontonlah tanpa subtitle. Kita bisa memutar radio bahasa Inggris di rumah atau di ponsel. Meskipun tidak benar-benar mendengarkannya, telinga kita akan terbiasa dengan bunyi bahasanya.
  3. Menghadiri drama, pameran, ceramah, dll. dalam bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh sekolah atau komunitas bahasa Inggris.

Berbicara:

Berbicara sering kali merupakan yang tersulit dari empat keterampilan bahasa, tetapi segera setelah kita bisa sedikit berbicara bahasa Inggris, ada banyak cara untuk meningkatkan diri dengan cepat dan menyenangkan. 

  1. Bergabung dengan obrolan bersuara (voiced chats). Teknologi telah berkembang pesat dalam hal jejaring sosial, jadi dimanapun kita berada, kita akan menemukan ruang obrolan untuk bergabung.
  2. Bicaralah dan rekam suara kita sendiri. Mungkin ini terdengar lucu, tetapi ini akan membantu kita menyadari bagaimana kita bisa meningkatkan keterampilan berbahasa dengan beberapa kali mengulangi rekaman sampai kita merasa puas dengan hasilnya.
  3. Bicaralah dengan teman sekelas dalam bahasa Inggris saat kita tidak berada di kelas. Kita bahkan bisa membuat grup untuk bermain game, makan atau sekedar ngobrol bareng dalam bahasa Inggris.

Membaca:

Membaca adalah proses otak yang membutuhkan waktu untuk berkembang: pikiran kita harus melampirkan makna pada kata, frasa, dan ekspresi yang diwakili oleh simbol, ditambah memahami tata bahasa dan struktur bahasa yang digunakan dalam bacaan. Jika kita mengembangkan keterampilan membaca yang kuat, itu akan sangat membantu masa depan kita. Kita bisa membaca:

  1. Buku dalam bahasa Inggris dan artikel di web. Mungkin, buku yang sudah kita baca dalam bahasa ibu atau yang telah diubah menjadi film. Cobalah untuk memulai dengan buku yang mudah, bahkan bisa buku komik anak-anak: Gambar akan membantu memahami meskipun tidak paham semua kata-katanya
  2. Alihkan sistem operasi ponsel, PC, atau tablet kita ke dalam bahasa Inggris. Mengaitkan suatu fungsi dengan kata tertentu akan meningkatkan kosakata kita.

Menulis:

Meski mungkin menakutkan bagi banyak orang, siapapun dapat membiasakan diri menulis dengan sedikit disiplin dan kemauan untuk belajar.

  1. Tuliskan kata atau ungkapan yang menurut kita berguna beserta arti dan contohnya. Jika kita melihatnya dalam kalimat, kita akan mengingatnya dengan lebih baik. Kita dapat menggunakannya jika menyimpan buku harian.
  2. Menulis komentar di blog berbahasa Inggris. Saat ini blog adalah website yang menyerupai jurnal. Banyak orang menggunakannya untuk mengekspos ide mereka pada topik tertentu atau untuk menjelaskan berbagai hal – dari cara merajut syal, hingga yang sangat rumit tentang topik teknis atau filosofis. Salah satu ciri umum dari semua blog ini semuanya interaktif: pembaca dapat memberikan komentar atau memperdebatkan ide-ide yang dinyatakan dalam blog tersebut. Meskipun kita bukan penggemar blog, kita mungkin menemukan beberapa yang benar-benar mendorong untuk ambil bagian. Jadi, lakukan saja. Kita tidak perlu menjadi ahli untuk menulis beberapa kalimat tentang apa yang dipikirkan atau dirasakan tentang konten blog.

Semua tips yang disebutkan di atas dapat direduksi menjadi hanya satu: PRAKTEK, PRAKTEK, PRAKTEK!! Apapun gaya belajar yang kita miliki, apapun bahasa ibunya, kunci untuk menguasai dan menguasai bahasa asing adalah MELAKUKANnya sebanyak dan sesering mungkin.