Siswi tk almasoem

Alasan Untuk Memilih Belajar di Al Ma’soem

Pengembangan kurikulum dapat didefinisikan sebagai semacam proses langkah demi langkah yang digunakan untuk menciptakan perubahan positif dalam program pembelajaran yang ditawarkan di sebuah institusi pendidikan. Pendekatan dan perspektif tentang penyelenggaraan sudah berubah di masa modern ini; dan kebutuhan kualitas pendidikan mempengaruhi kurikulum. Teknik dan strategi pengajaran yang inovatif, seperti pembelajaran transformatif atau pembelajaran campuran (blended-learning), terus-menerus dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa yang semakin maju dan baik.

Dampaknya, pemerintah secara umum dan institusi Pendidikan khususnya harus memiliki rencana untuk menghadapi pergeseran ini dan kemudian dapat menerapkannya dalam kurikulum yang baru. Hal inilah yang mendorong adanya konsep kurikulum merdeka belajar yang dicanangkan oleh kemendikbud. Merdeka belajar bermakna kemerdekaan belajar, yakni memberikan kesempatan belajar sebebas-bebasnya dan senyaman-nyamannya kepada anak didik untuk belajar dengan tenang, santai dan gembira tanpa stres dan tekanan dengan memperhatikan bakat alami yang mereka punyai, tanpa memaksa mereka mempelajari atau menguasai suatu bidang pengetahuan di luar hobi dan kemampuan mereka,sehingga masing-masing mereka mempunyai portofolio yang sesuai dengan kegemarannya.

Tidak terkecuali yang dilakukan oleh Yayasan Al Ma’soem Bandung dalam merealisasikan konsep kurikulum merdeka belajar ini. Kurikulum ini mengadaptasi konten pembelajaran (dari standar eksternal dan tujuan lokal) kemudian membentuknya menjadi rencana melakukan pengajaran dan pembelajaran yang efektif. Dengan demikian, kurikulum ini lebih dari sekadar wacana untuk meningkatkan kualitas pelajar, khususnya di Indonesia.

Pada dasarnya sistem itu dibuat ketika dijalankan dengan benar maka tujuan dari sistem itu sendiri akan tercapai, perlu penegasan dalam menjalankan revolusi mental bagi tiap-tiap orang yang dipertanggungjawabkan untuk menjalankan peningkatan kualitas pendidikan itu sendiri dan butuh penataan yang baik secara kompleks hingga ke daerah-daerah sehingga pendidikan itu sama tupoksinya di konsumsi oleh masyarakat.

Dalam mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah, Yayasan Al Ma’soem senantiasa mendukung dan memfasilitasi agar semua siswa yang mengenyam Pendidikan di sekolah-sekolah Al Masoem memperoleh Pendidikan yang terstandarisasi dan juga modern sesuai dengan perkembangan Pendidikan di Indonesia.

Dalam merealisasikan konsep merdeka belajar, Lembaga pendidikan Al Ma’soem kini berinovasi dengan mengembangkan berbagai macam kerjasama dengan pihak eksternal guna mendukung kemajuan para siswanya dalam memperoleh Pendidikan yang formal maupun non-formal. Hal ini juga terkait dengan bekal para siswa di masa depan ketika mereka melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.