Yayasan Al Ma'soem Bandung dengan pembentukan wirausaha Muda

13 Agustus 2019 | Dibaca : 23x | Oleh : Bilal M. Ramdan
Yayasan Al Ma'soem Bandung dengan pembentukan wirausaha Muda

Wirausahawan (bahasa Inggris: entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha yang dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. sementara wirausaha itu sendiri adalah aktifitas usaha (yang menghasilkan laba) dimana dilakoni oleh seorang entrepeneur.

bentuk wirausaha yang sudah maju pesat di daerah Bandung Timur adalah Al Ma'soem. tidak bisa dipungkiri karena memang karena kegigihan pendiri yang membuat Al Ma'soem menjadi jaya seperti sekarang.

meskipun sudah menjadi usaha yang besar, tetapi Al Ma'soem tidak membatasi siswa dan mahasiswanya untuk berkreasi dan mengikuti jejaknya. seperti yang kita ketahui di bangku SMP saja siswa sudah diajarkan tentang mata pelajaran kewirausaan dengan praktik yang dilakukan hampir setiap minggu (biasanya dalam waktu eskul). kewirausaan ini bertujuan agar siswa bisa terbuka dan memahami bahwa yang kita butuhkan adalah pengusaha muda.

bentuk wirausaha yang dilakukan adalah berjualan barang jadi. biasanya dalam bentuk snack ataupun minuman segar. karena pada dasarnya wirausaha ini memang bukan hanya sekedar teori. tetapi harus juga dipraktikan di dunia nyata. 

berbicara tentang wirausaha, ada sedikit opini dari penulis yang memang bisa memotivasi siswa dan tenaga didik untuk lebih memahami apa itu arti wirausaha. seperti buku yang pernah penulis baca CashFlow Quadrant karya Robert T. Kiyosaki. menurutnya, usaha (dalam menghasilkan uang) itu dibagi menjadi empat bagian yaitu Employe atau Karyawan/pekerja Self Employe atau Pedagang sendiri Busines Owner atau pembisnis dan yang terakhir adalah Inverstor atau pemegang saham/orang kaya.

dalam bukunya Robert T. Kiyosaki mengatakan bahwa empat bagian tersebut dibagi menjadi dua sisi, dimana sisi kiri adalah Employe dan Self Employe atau disingkat E dan S dan di sisi kanan menjadi B dan I. setiap usaha memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti berikut :

Kuadran E (employe) adalah orang orang untuk menghasilkan uang, dia rela bekerja pada orang lain, dan biasanya mendapatkan Gaji bulanan sebagai upah mereka bekerja sesuai dengan yang disepakati bersama.

Kelebihan : Mendapat kepastian Gaji Bulanan

Resiko : tidak memiliki kebebasan menentukan besar kecilnya penghasilan nasibnya tergantung atasan atau yang mempekerjakan. Jika sudah tidak dibutuhkan, bisa diberhentikan sewaktu-waktu.


Kuadran S (Self-Employeed) adalah kelompok Profesional seperti Dokter Praktek, Guru Privat, tukang becak, tukang cilok, tukang nasi padang, tukang cukur rambut dll.


Kelebihan      : Sedikit berbeda dengan Kuadran E, orang-orang di kuadran S lebih memiliki kebebasan waktu, dan kebebasan dalam menentukan penghasilan mereka. Semakin giat mereka bekerja, semakin besarlah penghasilan mereka
Resiko           : Jika mereka sakit, dan tidak bekerja, maka mereka tidak mendapat uang sama sekali.


Kuadran B (Business Person) adalah kelompok Pengusaha. Yang dimaksud dengan Buiness Person oleh Robert T Kiyosaki adalah orang yang memiliki usaha yang bisa berjalan tanpa sang pemilik harus selalu harus ada dilokasi atau tempat dia bekerja. dengan kata lain kuadran B dia lebih memiliki banyak waktu untuk keluarga dan dirinya sendiri.
Kelebihan        :Memiliki kebebasan menentukan berapa besar uang yang ingin didapat, Memiliki kebebasan waktu dan dapat Membuka lapangan kerja baru
Resiko              :  Jika gagal, resiko kerugian ditanggung sendiri.


Kuadran I (Investor). Ini adalah kuadran orang yang sudah punya cukup uang untuk diinvestasikan ke usaha orang lain. Di level ini mereka sudah tidak perlu bekerja. Uanglah yang bekerja untuk mereka. Mereka tinggal membeli produk-produk investasi yang tersedia seperti Deposito, Saham, Obligasi dll.
Kelebihan          :  Uang bekerja untuk kita
Resiko               :  Jika salah perhitungan, uang bisa melayang dalam sekejap mata.

 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Berbagi Bersama dalam Milad Al Ma’soem 2016
18 Juli 2016
Jatinangor (17/7) – Berbagi dengan sesama menjadi tema yang menghiasi rangkaian kegiatan yang digelar PT. Ma’soem Group melalui milad ke-43 yang digelar ...
3 Siswa SMA AL Ma’soem Terpilih jadi Paskibra Kecamatan Jatinangor
23 Agustus 2016
Kegiatan ekstrakurikuler Paskibra di Yayasan Al Ma’soem Bandung sudah mulai berjalan kembali sejak semester kemarin. Setelah cukup lama fakum ekskul ...
119 Tim Siap Berlaga di STKOM-STIBANKS CUP 2018
21 April 2018
Yayasan Al Ma’soem Bandung melalui BEM AMIK dan STIBANKS Al Ma’soem kembali menyelenggarakan program kegiatan tahunan untuk mendukung perkembangan ...
Cageur – Bageur – Pinter
31 Maret 2015
Oleh : Hendar Sodikin Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan untuk kelangsungan hidup manusia, dengan pendidikan peradaban manusia kian maju dan berkembang. ...
Profil Yayasan
1 Januari 1970
Profil Yayasan Al Ma’soem Berdiri tahun : 1986 Akta               : Keputusan Hukum dan Hak Asasi Manusia ...
Meredeka tau mati
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top