Yang Harus Di ajarkan pada Siswa Taman Kanak Kanak

25 September 2019 | Dibaca : 164x | Oleh : EM
Yang Harus Di ajarkan pada Siswa Taman Kanak Kanak

Jatinangor,- Taman kanak kanak atau sering kita singkat TK merupakah sebuah wahana "awal" bagi seorang anak untuk memahami lingkungan dan cara dasar seorang anak untuk dapat berinteraksi dengan orang lain yang belum mereka kenal. Maka tidak aneh jika di TK Al Ma'soem Munggang siswa lebih banyak bermain dari pada belajar, Karena pada dasarnya bukan pelajaran (berbasis Kurikulum) yang harus diberikan kepada siswa tetapi lebih ke pengenalan lingkungan dan pelajaran dasar saja.

Pengalaman saya tentang taman kanak kanak memang tidak begitu luas, namun ada TK yang pernah di ikuti oleh saudara saya dimana TK tersebut menjamin bahwa semua anak lulusannya 3 Bulan belajar pertama sudah bisa membaca dan menulis. Padahal pendidikan dini seperti itu sangat tidak direkomendasikan. Karena pada dasarnya banyak sekali kecerdasan yang harus dipetik selain membaca dan menulis karena Pelajaran seperti itu pasti bisa di ajarkan di sekolah dasar.

Namun ada hal yang menarik jika membahas tentang pelajaran di TK yang mungkin saja belum seluruh TK menerapkan sistem pelajaran seperti demikian. Seperti yang dilansir di Kompas.com ada 10 prinsip penting pengenalan untuk anak usia dini seperti yang ditulis oleh Robert Fulghum, pendidik dan penulis asal Amerika Serikat dalam bukunya yang berjudul "Semua Saya Benar-Benar Perlu Tahu Saya Belajar di TK" dan berikut ulasannya :

1. Biasakan berbagi  
Jangan Kikir mungkin itu ungkapan pertama. Belajarlah berbagi dengan teman sebaya meskipun makanan yang ktia bawa tidak banyak, karena dari berbagi itulah timbul rasa timbal balik dari teman ketika kita sedang membutuhkan kecuali teman tidak tahu diri jadi jangan terlalu mengharapkan timbal balik ya !!

2. Bermainlah sesuai aturan
Pada dasarnya siswa TK itu lebih banyak bermain dari pada belajar tetapi bermainlah sesuai dengan aturan jangan sampai berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik dan sangat tidak dianjurkan.

3. Jangan melukai / mengalahkan orang lain
ini sangat penting diajarkan kepada siswa TK yaitu jangan melukai orang lain dan jangan menyalahkan orang lain, ajarkan tanggung jawab sejak dini adalah hal paling bijak yang dapat dilaksanakan oleh guru tk kepada siswanya.

4. Kembalikan barang / mainan yang telah dipakai ke tempat semula
Hal simpel namun sangat berguna bagi siswa Tk. yaitu mengembalikan mainan yang sudah tidak terpakai, selain mengajarkan siswa untuk belajar rapi pelajaran seperti ini juga membentuk siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab pada barang yang sudah dia pakai.

5. Jangan mengambil sesuatu yang bukan milik kita
Pelajaran penting yang harus diajarkan adalah belajar untuk tidak mengambil barang orang lain tanpa ada ijin dari orang yang memiliknya. Selain dapat menjadi kebiasaan buruk kepada siswa kebiasaan seperti ini juga dapat membuat siswa lebih memahami arti dari barang orang lain dan barang nya sendiri.

6. Ucapkan maaf jika menyakiti seseorang
hal simpel yang sulit diucapkan. kenapa begitu sulit mengatakan maaf?? jujur saja pasti anda yang membaca artikel saya pun pasti masih sulit mengatakan maaf dengan berbagai alasan yang tidak etis. Jangan tersenyum saya berkata adanya. memang begitu sulit ketika harus meminta maaf karena kata maaf tidak dibiasakan sejak dini, jika siswa TK di ajarkan maaf ketika mereka melakukan kesalahan maka kebiasaan seperti itu akan terus terjadi hingga dia dewasa. tidak ada tuh kata gengsi ketika salah.

7. Cuci tangan sebelum makan dan Siram / bilas setelah buang air
Kebersihan merupakan sebagian dari iman. itu yang diajarkan agama saya kepada saya, dan hal tersebut juga di ACC oleh seorang penulis non Muslim mengapa bisa demikian?? pada dasarnya kebersihan membuka jiwa yang sehat. dan sehat itu mahal dengan membiasakan diri hidup bersih insya Allah hingga dewasa dapat menciptakan jiwa yang peduli akan kebersihan diri dan juga lingkungannya

8. Jangan lupa minum susu dan makan bergizi
Mungkin hal ini yang sedikit sulit dilakukan di Indonesia mengingat tignakt kemiskinan rakyat kita masih tinggi hingga datang istilah "boro boro mikirkeun makanan bergizi bisa makan ge masih mending" namun mindset seperti itu harus mulai dibuang dan mulailah mencintai diri sendiri dengan makan makanan bergizi. Lagipula makanan bergizi tidak harus sesuatu yang mahal, iya kan?? Tempe tahu dan tumbuhan hijaupun termasuk makanan bergizi.

9. Jalani hidup seimbang, bermain sambil belajar
Ini yang paling penting, jangan sampai terus mengejar sesuatu hingga lupa beristirahat. Maksudnya adalah Belajar itu diharuskan namun harus menyisikan waktu juga untuk bermain. Karena pola hidup seimbang seperti ini bagus juga buat tubuh dan pikiran. 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Ujian Nasional akan di Hapuskan?? Subhanalah atau Alhamdulilah??
29 November 2019
Opini,- Berbicara tentang Mentri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadiem Makarim sepertinya masih menjadi santapan yang nikmat bagi pembaca. Ya Mendikbud ...
Cageur, Bageur Pinter dari pandangan saya
26 Juni 2020
Almasoem.sch.id,- Berbicara tentang Moto Al Ma'soem Cageur Bageur Pinter merupakan hal yang menarik. Karena setiap orang memiliki beberapa Opini ...
Wisuda Purna SMP – PSAM Angkatan 2015/2016
19 Juni 2016
Jatinangor – Sabtu (18/6) bertempat dome Yayasan Al Ma’soem Bandung, penyelenggaraan Wisuda Purna SMP – PSAM Al Ma’soem tahun angkatan 2015/2016 ...
MENUJU TAK TERBATAS DAN MELAMPAUINYA
19 Juli 2019
                Sedikit opini dari ...
Siswa SMP Al Ma'soem Ukir Prestasi di FLS2N dan O2SN Kabupaten
10 Mei 2018
Para peserta didik SMP Al Ma’soem kembali meraih prestasi yang sangat baik dalam ajang tahunan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival dan ...

Informasi Pendaftaran

pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+62811224337

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top