Blog

image5

Outdoor Learning ke BPAA – LAPAN

image5

Masih dalam rangkaian program kegiatan educational-trip yang rutin diselenggarakan oleh TK Al Ma’soem, Rabu 24 Februari 2016 beberapa waktu lalu, siswa TK Al Ma’soem melakukan kunjungan ke Balai Pengamatan Antariksa dan Antmosfer (BPAA) Pamulihan – Sumedang.

Sekitar pukul 10.30 rombongan TK Al Ma’soem tiba di Balai Pengamatan Antariksa dan Antmosfer (BPAA) Sumedang – LAPAN dengan didampingi oleh para guru pembimbing dan orang tua siswa TK Al Ma’soem. Disambut oleh staff BPAA, rombongan TK Al Ma’soem diajak untuk menyaksikan pemutaran video mengenai tata surya.

Para siswa terlihat begitu antusias ketika mereka diajak untuk menyaksikan pemutaran video tentang pengenalan tentang tata surya. Staff BPAA juga turut menyampaikan tentang fenomena alam yang sebentar lagi akan terjadi, yaitu Gerhana Matahari Total yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Tak lupa pula turut menghimbau para siswa agar tidak melihat gerhana secara langsung, karena dapat membahayakan kesehatan mata mereka.

image4 (2)

Selain pemutaran video mengenai tata surya, para siswa diajak pula untuk menyaksikan matahari melalui teropong yang terdapat di Gedung Antariksa LAPAN. Namun sayang cuaca saat itu mendung sehingga menyebabkan matahari tidak dapat terlihat dengan jelas.

Menurut kepala TK Al Ma’soem Puji Sulastri, kegiatan ini merupakan bagian dari program educational-trip dari TK Al Ma’soem yang diselenggarakan secara rutin untuk para siswanya. “Kunjungan ke Balai Pengamatan Antariksa dan Antmosfer (BPAA) Sumedang – LAPAN ini merupakan bagian dari program educational-trip yang rutin kami selenggarakan setiap tahunnya,” terang Puji.

Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai antariksa khususnya tata surya kepada para siswa. “Dengan melalui penayangan video dan games dari pihak LAPAN para siswa TK Al Ma’soem diberikan pengetahuan mengenai planet dan tata surya. Mereka juga bahkan sempat diajak untuk menyaksikan matahari melalui teropong,” papar Puji.

“Kegiatan Outdoor-learning TK Al Ma’soem ke Balai Pengamatan Antariksa dan Antmosfer – LAPAN ini semoga dapat memberikan manfaat bagi para siswa dan siswi TK Al Ma’soem,” tutup Puji.