Lab SMP Al Masoem

Tips Menghadapi Ujian Online

Penilaian Tengah Semester ini merupakan salah satu bagian dari kurikulum sekolah, agar sekolah dan guru serta tenaga didik bisa memahami, sudah sejauh mana siswa memahami pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Ini juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi sekolah dan guru jika nanti ada beberapa siswa yang memang kurang pada beberapa mata pelajaran, ditakutkan guru yang mengajar siswa tidak bisa memberikan pengajaran secara efektif dan efisien.

Mengutip dari guru saya selama di sekolah dulu, ada sebuah prinsip yang beliau katakan bahwa PTS dan PAS merupakan ujian yang tidak harus kita belajar dengan sungguh sungguh untuk mendapatkan nilai yang apa adanya jika memang tujuan untuk PTS dan PAS ini adalah sebagai bahan evaluasi guru dan tenaga pendidik, karena dari sana guru dapat menilai kinerjanya dalam mengajar.

Namun prinsip seperti itu tentu saja tidak berlaku di negara kita yang lebih mengedepankan nilai dan rangking sekolah. Maka dari itu belajar sebelum menghadapi PTS dan PAS merupakan tindakan yang masih harus dilakukan siswa karena mau bagaimana juga pandangan masyarakat kita masih menganggap bahwa nilai adalah segalanya, maka dari itu kami memberikan beberapa tips lancar menghadapi PTS dan PAS secara online diantaranya adalah :

  • Jaga kesehatan jasmani dan rohani

Rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat merupakan bentuk ikhtiar kita untuk menjaga kesehatan tubuh, jika kondisi tubuh kita tidak fit bahkan sakit maka akan menjadi gangguan utama dalam menghadapi PTS dan PAS. Perhatikan juga pola makan dan cukupkan istirahat dan usahakan jangan menggunakan smartphone sebelum tidur.

  • Persiapkan peralatan tempur anda seperti PC, Laptop atau Handphone serta catatan kecil dan buku tulis

Karena memang saat ini masih banyak sekolah yang menggunakan sistem pembelajaran Online, maka dari itu ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelum mengikuti PTS ataupun PAS diantaranya adalah Handphone atau laptop dan PC, jika diperlukan juga sediakan alat tulis seperti pulpen dan tipe x, jangan lupa juga cek kuota atau wifi yang tersedia di rumah anda. Jangan sampai ketika ujian berlangsung anda malah tertinggal karena lupa belum membeli kuota telepon.

  • Persiapan Mental

Persiapan mental merupakan salah satu faktor keberhasilan siswa dalam menempuh PTS dan PAS. Tujuan dari persiapan mental sendiri adalah untuk membangun rasa percaya diri siswa agar siswa bisa berhasil melewati tantangan pendidikan seperti PTS dan PAS.

  • Memilih Waktu Belajar

Memilih waktu belajar yang tepat dan efektif akan berpengaruh terhadap pola belajar siswa. Maka dari itu waktu yang belajar efektif adalah ketika otak sedang berada dalam fase acquisition mode. Acquisition mode ini memungkinkan otak untuk menerima lebih banyak informasi baru dan mengingatnya. Ketika mengatakan waktu terbaik bagi otak untuk belajar, ini dia jawabannya. Teori ini juga berlaku untuk pekerjaan. Kamu bisa memanfaatkan “golden hour” otak yang disebut di atas, lalu bekerja dengan lebih optimal.

  • Menciptakan Suasana yang Nyaman untuk Belajar

Untuk menciptakan suasana yang nyaman itu tergantung dari siswa itu sendiri. Jadi intinya setiap orang atau setiap siswa memiliki cara sendiri untuk menciptakan suasana nyaman nya dalam belajar. Maka dari itu, temukan passion anda sendiri dalam mendapatkan suasana nyaman dalam belajar. Jika sudah maka tetapkan pola tersebut dalam sistem belajar anda di rumah.

  • Berdoa dan Meminta Restu Orang Tua

Meminta doa dan meminta restu kepada orang tua sebelum melaksanakan PAS dan PTS merupakan tindakan yang sangat dianjurkan. Karena restu orang tua dan doa orang tua itu sangatlah mustajab sehingga dengan meminta doa dan restu dari orang tua diharapkan anda dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.

  • Belajar dan Berlatih Mengerjakan Soal untuk Materi yang Diujikan

Ketika anda sudah belajar tentang materi materi yang akan diujikan akan sangat berguna ketika mengerjakan soal ujian. Berlatih mengerjakan soal setelah belajar juga sangat kami rekomendasikan.