Tips Belajar dari Rumah agar Lebih menyenangkan

14 Januari 2021 | Dibaca : 47x | Oleh : EM
Tips Belajar dari Rumah agar Lebih menyenangkan

Almasoem.sch.id,- Belajar di rumah itu ibaratkan harus membangun kota dalam sealam, artinya seakan mustahil di lakukan siswa terutama bagi siswa yang memang sudah melaksanakan sekolah Fullday school, sudah seharian di geder untuk belajar eh di tambah lagi belajar di rumah, pusing gak tuh??

akan tetapi meski begitu Al Masoem merupakan sekolah yang pengertian, kami tidak pernah memberikan PR kepada siswa baik Fullday ataupun Boarding School, karena kami paham lelahnya siswa setelah berjibaku dengan buku selama 8 jam lebih, akan tetapi untuk tugas atau sekedar hanya sebagai bahan pengulangan atau latihan siswa kadang sebagian guru masih ada yang memberikan, itu pun tidak banyak dan tidak menyulitkan siswa.

nah jikalau anda menjadi siswa yang di berikan tugas latihan namun sudah lelah dengan keadaan, berikut ada beberapa tips untuk anda agar belajar di rumah lebih menyenangkan. ini juga bisa di terapkan bagi kita di tengah pandemi ini, diantaranya adalah :

1.Sediakan tempat yang nyaman, bersih dan utamakan tempat yang bisa buat anda pewe

Tempat yang nyaman, harum dan buat badan relaks membuat belajar menjadi lebih menyenangkan. memang bagi sebagian orang belajar itu tidak menyenangkan, karena mungkin mereka belum menemukan "titik menyenangkan itu" padahal coba saja, buat ruangan khusus, bisa di dalam kamar atau di suatu ruangan dimana di ruangan tersebut jauh dari gangguan dunia luar. buatlah senyaman mungkin, karena kenyamanan emerupakan fakor utama seseorang ingin dan akan fokus dalam belajar di rumah.

2. Sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar

sediakan ATK (atau alat tulis kantor) dari pulpen, pensil, penggaris, penghapus dan segala rupa yang memang dapat di butuhkan untuk belajar, sebisa mungkin jauhkan diri dari barang barang elektronik seperti smartphone dan laptop apa lagi televisi dan berbagao macam alat yang dapat mengganggu konsentrasi belajar anda. 

3. Sediakan Cemilan atau makanan makanan ringan

Nah ini yang membuat belajar di rumah asik, apa lagi jikalau kamu merupakan murid yang suka "mabar liwet" di bangku belakang. jikalau di kelas kita tidak diperbolehkan untuk belajar sambil ngemil atau makan (kalau di Al masoem tergantung gurunya juga ya) di rumah kamu bisa belajar sambil ngemut permen, atau sambil makan kripik pedas, bahkan kalau mau sambil ngeliwet dan mukbang juga bisa.

makanan yang di rekomendasikan usahakan jangan makanan pedas, karena dapat mengganggu konsentrasi kita juga, jikalau memang ingin yang pedas usahakan dengan takaran pedas yang manusiawi jangan terlalu over, selain dapat menyebabkan penyakit seperti diare makanan yang pedasnya tidak manusiawi juga bisa menyebabkan peradangan di perut dan membuat belajar jadi kurang fokus.

4. Pastikan ruangan yang anda gunakan menggunakan penerangan yang cukup

Penerangan yang cukup artinya tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap, tapi bukan berarti remang remang. nah disini takaran cahaya yang di dapat tidak terlalu mengganggu padangan mata, karena pencahayaan yang kurang dapat merusak mata begitu juga cahaya yang berlebihan. usahakan juga menggunakan lampu belajar (jikalau punya) kalau tidak pakai patromak tidak harus memaksakan diri.

5. Sambil dengarkan musik, kenapa tidak??

Belajar itu tentang kemerdekaan, maksudnya jangan di jadikan beban. bawa relax saja, sambil dengar musik jazz atau musik musik religi atau sesuai dengan genre yang anda suka untuk menemani belajar kenapa tidak?? musik itu dapat membuat otak relaks, hal yang paling menyenangkan ketika belajar dengan mendenagrkan musik adalah membuat kita menjadi lebih banyak inspirasi yang masuk, namun semua terhantung dari masing masing kita lagi.

6. Jikalau untuk belajar Online pastikan kuota Internet anda mencukupi

karena kebetulan sekarang kita sedang melaksanakan sekolah daring, nah ada tips lain yang dapat menimpa beberapa pilihan tadi, namun sebagian besarnya tetap sama saja. nah karena kita sedang melaksanakan daring, biassanya kita membutuhkan smartphone atau laptop atau PC nah jikalau memang menggunakan peralatan itu gunakan lah secara bijak, jangan sampai guru mengajar ngaler ngidul tapi anda malah asik menonton youtube.

nah hal yang harus di pastikan untuk anda adalah pastikan kouta anda tercukupi, karena bisa galau kalau misalkan ketika belajar kita malah offline karena kuota yang sudah limit.

Sebenarnya belajar di rumah itu menyenangkan, tidak memberatkan semua tergantung dari kita nya juga, jangan bawa berat dan jadikan beban jikalau ada PR atau Tugas Rumah. bawa relaks dan kerjakan dengan baik, semoga tips tips itu bisa bermanfaat bagi anda yang meamng kurang suka dalam belajar.

butuh informasi pendaftaran?? Klik Di sini

ingin mendaftar ke al masoem??  Klik Di sini saja

informasi lebih lanjut hubungi 0811224337 (ayi) atau 081122700227 (Humas)

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Resolusi 2020
30 Desember 2019
Opini,- 2019 akan berakhir dalam beberapa jam kedepan. Banyak orang yang merayakannya ya meskipun itu tidak sesuai dengan syariat Islam. Seperti meniup ...
Yang Khusus Dari Al Masoem dari Kurikulum SKS hingga ...
21 Januari 2021
Almasoem.sch.id,- Sistem Kurikulum Model SKS Al Masoem merupakan model kurikulum yang di terapkan di Al Masoem untuk siswa baru, di mulai dari Tahun ...
Writing Diary, One of Learning Activities (Written by Siti Suwarni)
12 Juli 2020
Almasoem.sch.id,- Do you know “Dear Diary”?. It is an activity that some people usually do to express their feeling and note special events ...
Prestasi Tim Paskibra SMA Al Ma'soem di awal Semester
3 September 2018
Tim Paskibra dan Pramuka SMA Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi yang membanggakan diawal semester tahun ajaran baru ini 2017/2018, lima orang peserta ...
Kurangi Sampah Plastik di Sekolah
21 November 2016
Yayasan Al Ma’soem Bandung (YAB) kembali melangsungkan kegiatan untuk mendukung program dalam menciptakan lingkungan nyaman, bersih dan asri di kampus dan ...

Informasi Pendaftaran

sd
Fullday School atau Boarding School?!
Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top