Tantangan Tugas Guru BK SMA di Masa Pandemi

2 Mei 2021 | Dibaca : 44x | Oleh : Mohamad Ramdan
Tugas Guru BK

Masa remaja merupakan salah satu fase dimana seseorang mengalami sebuah transisi. Transisi yang dimakssud disni adalah perubahan / perpindahan dari masa kanak-kanak ke usia dewasa. Dalam usia remaja yang berkisar antara 12-21 tahun ini juga seseorang sedang mengalami perubahan hormonal yang ditandai dengan seringnya mengalami perubahan mood  (mood swing). Ketika terjadi perubahan mood semacam itu, maka akan sangat mungkin mengganggu aktivitasnya termasuk aktivitas belajar. Maka dari itulah peran orang dewasa baik orang tua maupun guru sangat dibutuhkan dalam membimbing seorang remaja.

Salah satu peran penting di sekolah dalam mengatasi permasalahan belajar adalah seorang guru BK atau yang biasa juga disebut dengan istilah “konselor”. Guru BK merupakan salah satu profesi yang unik jika dibandingkan dengan guru biasa karena guru BK tidak mengajarkan siswanya mata pelajaran spesifik yang harus dihafal atau dikuasai untuk mendapatkan nilai baik saat ujian. Namun keberadaan Guru BK / konselor ini sejajar dengan kualifikasi guru pada umunya bahkan bisa juga disebut dengan seorang tutor/fasilitator bagi peserta didiknya seperti yang tertera dalam UU No. 20/30 pasal 1 ayat 6. 

Seperti yang kita tahu bahwa tugas pokok guru bk tidak hanya berhubungan dengan kegiatan akademis saja, karena tugas bk untuk siswa salah satunya adalah memberikan konseling untuk membantu para peserta didiknya mengenali dirinya sendiri, mengetahui kelebihan kekurangannya bahkan membantu menggali cita-cita serta tujuan hidupnya di masa yang akan datang. Maka dari itulah seorang guru BK harus bisa memberikan kesan positif kepada siswanya sehingga tidak ada lagi pandangan bahwa guru BK adalah “polisi sekolah”. Image seperti itu masih sangat  kuat di kalangan masyarakat hingga saat ini. Namun jika seorang siswa sudah percaya sepenuhnya kepada guru BK-nya, maka dia tidak akan segan untuk bercerita mengenai masalah-masalahnya baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun masalah pribadinya. 

Di masa pandemis COVID 19 ini tugas seorang guru BK, khususnya jenjang SMA semakin menantang. Betapa tidak, kegiatan belajar mengajar yang hampir seluruhnya dilakukan di rumah ini memberikan berbagai dampak baik bagi orang tua maupun siswanya. Siswa kelas XII yang biasanya banyak konsultasi mengenai pilihan jurusan kuliah dan karir seolah kehilangan arah dikarenakan proses konseling jarak jauh yang dirasa kurang efektif. Seperti yang kita tahu bahwa tugas guru bk dalam kurikulum 2013 mengalami beberapa perubahan tertentu. Salah satu perubahan yang paling terasa adalah istilah “penjurusan” diganti dengan istilah “kelompok peminatan” sehingga tugas guru BK menjadi lebih menantang karena mereka harus mulai memetakan kemampuan, minat, bakat dan kecenderungan pilihan karir siswanya bahkan saat awal masuk sekolah.

Dengan adanya pengembangan kurikulum 2013 tersebut maka seorang konselor dituntut untuk dapat memberikan keputusan yang optimal dalam proses konselingnya. Tidak sedikit siswa yang mengalami stress dan merasa tetekan semenjak seluruh sekolah diharuskan melakukan  kegiatan belajarnya dirumah masing-masing. Dampaknya adalah semakin banyak siswa yang mengalami perubahan mood yang cukup parah karena kejenuhan dan intervensi orang tua dirumahnya. Maka dari itulah tidak sedikit pula siswa yang merasa mengalami kegagalan akademisnya. 

Situasi dilematis dialami oleh hampir guru BK di Indonesia karena banyak yang berpendapat proses konseling akan optimal jika dilakukan secara tatap muka. Dalam kasus ini harus ada kesepakatan jadwal antara guru BK dengan siswa yang ingin melakukan proses konseling sehingga tidak terjadi kerumunan di sekolah. Mengingat kelas XII SMA yang akan memasuki jenjang perkuliahan, maka tugas guru BK selain memetakan peminatan, juga harus dapat memberikan sosialisasi mengenai dunia perkuliahan itu sendiri sehingga siswa akan mendapatkan bekal untuk mereka beradaptasi saat mereka lulus sekolah.

 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

22 April 2015
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER (AMIK) Al Ma'soem   Program Studi D3 Komputerisasi Akuntansi Jurusan Akuntansi mempelajari proses akuntansi, manajemen, business, keuangan, english, pemograman, sistem informasi, perancangan sistem dan auditing. Pilihan yang tepat bagi Anda yang ...
Sekolah Sambil Pesantren
15 Juni 2020
Tingkat SD hingga perguruan tinggi  adalah  jenjang pendidikan yang  ada di Yayasan Al Ma’soem Bandung. Kampus Dengan luas 5 hekatar, ...
Prestasi Bukan Hanya Sebuah Angka
21 Februari 2021
Almasoem.sch.id,- Prestasi merupakan hasil dari sebuah usaha yang dimana di mata banyak orang prestasi selalu di kaitkan dengan angka. padahal tidak ...
sejarah al ma'soem
29 Desember 2020
Almasoem.sch.id,- Sedikit sejarah yang mungkin ingin anda ketahui tentang Al Masoem tepatnya nama Ma'soem itu menggunakan tanda kutip atas (') nama ...
Prinsip Penyelenggaraan Sekolah Ramah Anak untuk Kembangkan Potensi dan Bakat Siswa
24 Februari 2021
Almasoem.sch.id,- Makna sekolah ramah anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan ...

Informasi Pendaftaran

png
SMP SMA
sd
tk
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top