Sunah Rasul yang harus dilaksanakan oleh setiap siswa

4 September 2019 | Dibaca : 35x | Oleh : Bilal M. Ramdan
Sunah Rasul yang harus dilaksanakan oleh setiap siswa

Jatinangor,- Berbicara soal sunah Rasul apa yang ada dibenak anda? nah sebelum ke inti saya akan sedikit menjelaskan pengertian dari sunah Rasul itu sendiri, Sunah Rasul merupakan arus yang lancar dan mudah" atau "jalur aliran langsung") dalam Islam mengacu kepada sikap, tindakan, ucapan dan cara rasulullah menjalani hidupnya atau garis-garis perjuangan (tradisi) yang dilaksanakan oleh rasulullah.

Sunnah merupakan sumber hukum kedua dalam Islam, setelah Al-Quran. Narasi atau informasi yang disampaikan oleh para sahabat tentang sikap, tindakan, ucapan dan cara rasulullah disebut sebagai hadis. Sunnah yang diperintahkan oleh Allah disebut sunnatullah (hukum alam).

nah ada beberapa Sunnah Rasul yang sudah dijadikan "kegiatan" di Yayasan Al Ma'soem diantaranya :

1. Makan dan Minum Sambil Berjalan/Berdiri

Orang tua jaman dahulu sering memarahi anak anaknya yang makan sambil berdiri, jikalau orang Jawa selalu berkata "aja mangan nalika ngadeg padha Ajag Bae" atau kalau ditranslatekan ke dalam Bahasa Indonesia seperti "jangan makan sambil berdiri seperti Ajag aja" (ajag dalam bahasa jawa merupakan hewan sejenis ajing). perkataan seperti itu seakan sepele padahal manfaatnya banyak sekali, selain Sunnah, makan dan minum sambil berdiri sudah di teliti juga oleh medis bahwa itu dapat melukai lambung, karena makanan langsung "menghajar" lambung dan jika dilakukan secara sering itu dapat membahayakan lambung anda.

2. Buang Air Kecil sambil berjongkok

Nah banyak sekali khususnya kaum adam yang terbiasa untuk melakukan hal tersebut secara berdiri. padahal Nabi MenSunnahkan untuk Baung Air Kecil Sambil Jongkok. percaya atau tidak, ketika pihak medis meneliti, Buang Air Kecil sambil berdiri tidak baik untuk kesehatan, salahs atu alasannya adalah air buangan itu tidak sepenuhnya terbunag.

3. Buang Air Besar Sambil Duduk (melalui Toilet Duduk)

Nah kasus ini sama seperti Buang Air Kecil sambil berdiri, menurut penelitian BAB dengan berjongkok dapat mengeluarkan Kotoran secara sempurna dan sepenuhnya. sehingga semua toxin tubuh lebih banyak keluar dibandingkan dengan duduk.

4. Berbicara Lembut dan Santun

jikalalau kasus seperti ini memang harus selalu dibiasakan sejak dini, selain akan menjadi kebiasaan, berbicara secara santun pun merupakan Sunah dan juga Sebuah Norma yang ada dalam Kehidupan kita. Bahasa sehari hari yang santun membuat orang menjadi lebih bisa menghargai kita dibandingkan dengan bahasa yang lantang dan ketus.

Selain itu Di Yayasan Al Ma'soem Bandung setiap siswa yang berkata kasar akan diberikan sanksi point (20 Point) sebagai ketidaksopanan terhadap orang lain.

5. Menggunakan Air Wudhu dengan hemat

Kebiasaan siswa adalah berwudhu dengan air keran yang "Deras". padahal nabi sendiri mensunnahkan untuk menghemat air wudhu meskipun anda sedang berada di sungai yang sangat deras sekalipun. ungkapan itu sangat masuk akal karena air merupakan molekul yang tidak bisa diperbaiki. meskipun sumber air besar tetapi bukan harus berfoya foya dengan air. maka dari itu berhemat bukan hanya sebagai bentuk siswa menghargai Yayasan tetapi juga sebagai bentuk kita menyayangi alam kita sendiri.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Serunya Ekstrakurikuler Berkuda
21 Maret 2016
Berkuda seringkali diidentikan dengan kegiatan yang istimewa dan hanya bisa dinikmati oleh beberapa kalangan saja, oleh sebab itu olah raga berkuda kurang ...
Siswa Al Ma'soem Siapkan Diri Hadapi MESSA 2018
31 Oktober 2018
Kegaiatan tahunan siswa Al Ma’soem MESSA – Multi Event in Science, Sport and Art untuk tahun ini akan segera dilangsungkan. Berbagai persiapan ...
Tahun ini Ma’soem University akan Kembali Selenggarakan MUC
12 April 2019
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ma’soem University tahun ini akan menyelenggarakan kembali Ma’soem University CUP – MUC 2019 program kegiatan ...
201 Pelajar SD Ikuti Semi-Final Olimpiade Sains KUARK 2018 di SD Al Ma'soem
2 Mei 2018
Jatinangor – Setelah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2018 babak penyisihan pertama, SD Al Ma’soem Bandung kembali ...
I'tikaf Yayasan Al Ma'soem Bandung
26 September 2017
Yayasan Al Ma’soem Bandung kembali menyelenggarakan kegiatan I’tikaf – Majelis Ilmu pada Rabu-Kamis, 20-21 September 2017 kemarin. ...
Messa
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top