Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi COVID-19 di SMP Al Ma’soem

24 Februari 2021 | Dibaca : 156x | Oleh : Mohamad Ramdan
Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi COVID-19 di SMP Al Ma’soem

Oleh : Dr Rois Abdul fatah, S.T,.M.M (Assisten kepala sekolah bid laboratorium)

Almasoem.sch.id,- Setahun lebih sudah pandemi Covid-19 melanda bangsa Indonesia yang memberikan dampak besar bagi seluruh bidang kehidupan manusia terlebih sektor pendidikan, pembelajaran di dalam kelas (pembelajaran Offline) dihentikan untuk mengantisipasi penularan virus yang lebih luas. Pembelajaran jarak jauh (online) dipilih sebagai solusi yang efektif, namun dalam perjalananya banyak sekali kendala dan rintangan baik dari faktor SDM maupun dari sisi teknologi.   

Masa pandemi covid 19 saat ini menuntut guru inovatif dan melek terhadap teknologi agar pembelajaran jarak jauh bisa dilakukan dengan interaktif dan sebaik mungkin. Guru menjadi faktor yang sangat penting dalam penyediaan pembelajaran yang berkualitas. Mereka diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etika dalam pembelajaran secara online. Pendidikan membutuhkan guru yang lebih fleksibel dan dinamis.

Berbagai kebijakan telah di gulirkan oleh pemerintah dalam hal ini kemdikbud dalam penyelenggaraan pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan, berbagai metode dan skema pembelajaran di terapkan diantaranya melalui daring ataupun luring, dengan tujuan pembelajaran pendidikan tidak terhenti. Sejalan dengan kebijakan pemerintah, SMP Al Ma’soem menerapkan berbagai kebijakan dan inovasi dalam pembelajaran sebagai pelayanan terhadap peserta didik antara lain:

  • Pembelajaran online

Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui live zoom di harapkan anak bisa langsung bertatap muka dan berinteraksi secara langsung melalui daring. Sekolah daring di Al Masoem itu berbeda dan sangat berbeda dengan sekolah lain terutama sekolah Negri, di Al Ma’soem khususnya SMP materi diterangkan secara langsung virtual melalui zoom, tugas-tugas latihan melalui Google Classroom dan ulangan harian melalui Google Form.

  • Pembelajaran dengan metode daring berbasis Broadcasting

Selain itu SMP juga sudah menyediakan Studio SMP Al Masoem dimana setiap acara kegiatan belajar mengajar di rumah bisa langsung di laksanakan secara daring namun dalam bentuk interaktif virtual, artinya pelajaran Online di Al Masoem memang di laksanakan secara online akan tetapi berasa offline karena interaksi yang di dapat oleh siswa dan guru bisa di dekatkan dan di manage sedemikian rupa agar jarak yang jauh terasa lebih dekat.

  • Tahfidz Qur’an

Program tahfidz qur’an merupakan kegiatan yang selalu dilaksanakan sebelum dimulainya kegiatan KBM disaat pembelajaran tatap muka, sebagai wujud konsistensi terhadap program tersebut SMP Al Ma’some tetap melaksanakan kegiatan tahfidz dengan moda daring.

  • Bimbingan & Konseling

Untuk membantu siswa yang mendapat permasalahan kesulitan belajar dan hal lainnya yang mengganggu proses KBM. Tim konselor SMP Al Ma’some tetap melayani bimbingan dan konseling secara daring dan penyampaian materi secara umum melalui talkshow.

  • Ujian On-Line

Untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam proses penilaian, SMP Al-Ma’soem menggunakan Aplikasi ujian online secara mandiri.

  • Pelajaran Olahraga

Kegiatan belajar mengajar tidak hanya diberikan untuk mata pelajaran teori saja, agar daya tahan tubuh dan kesehatan siswa terjaga olahraga dilaksanakan melalui bimbingan dan praktek secara virtual.

  • Diseminasi

Untuk sarana informasi dalam rangka menginformasikan dan sosialisasi program sekolah dan yayasan serta pengumuman-pengumuman prestasi siswa, dilaksanakan melalui diseminasi secara virtual

Dari program-program diatas diharapkan dapat menjawab tantangan bidang pendidikan akibat pandemi covid-19 telah membawa pengaruh yang sangat besar dalam berbagai bidang kehidupan manusia. SMP Al Ma’soem telah merespons cepat hal tersebut dengan berbagai teknologi serta inovasi.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

18 Februari 2015
SMA AL MA’SOEM FULL DAY Tahun berdiri : 1987 Status : Terakreditasi “A” Nomor Identitas Sekolah (NIS) : 300190 Nomor Statistik Sekolah (NSS) : 302021015017 Jumlah Siswa : 880 Jumlah Guru : 48 Visi  Sekolah: Unggul dalam prestasi, berakhlakul karimah dan ...
Kata Mutiara H Masoem
7 Juli 2020
Almasoem.sch.id,- Jika mengingat sedikit dan sekilas tentang Bp. H. Ma'soem (pendiri Ma'soem Group) sepertinya banyak sekali kisah yang bisa saya ...
1 Agustus 2016
Jatinangor – Senin (1/8) SMP Al Ma’soem menyelenggarakan Forum Sosialisasi dan Diseminasi yang diikuti oleh seluruh peserta didik dan staff pengajar SMP Al Ma’soem Bandung, dan dihadiri juga oleh Ketua Yayasan Al Ma’soem Bandung, Dr. IR. H. Ceppy Nasahi Ma’soem, MS., beserta dewan ...
12 Oktober 2016
Yayasan Al Ma’soem Bandung – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan OSIS SMA Al Ma’soem kembali mengajak segenap sivitas yayasan dan masyarakat sekitar untuk selalu membangun sikap peduli terhadap sesama dengan menyelenggarakan kegiatan donor darah di kampus Al Ma’soem Bandung. Kegiatan ...
Tahun ini Ma’soem University akan Kembali Selenggarakan MUC
12 April 2019
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Ma’soem University tahun ini akan menyelenggarakan kembali Ma’soem University CUP – MUC 2019 program kegiatan ...

Informasi Pendaftaran

png
SMP SMA
sd
tk
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top