SMP Al Ma'soem Ikuti Penyuluhan dari BPBD Kabupaten Sumedang

19 Februari 2019 | Dibaca : 706x | Oleh : Bambang Irawan
SMP Al Ma'soem Ikuti Penyuluhan dari BPBD Kabupaten Sumedang

SMP Al Ma’soem Senin (18/2) kemarin mendapatkan kunjungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang untuk melakukan sosialisasi dan mitigasi bencana gempa bumi dan kebakaran (terutama gempa bumi). Sosialisasi tersebut diikuti oleh ratusan siswa dari kelas 7 dan kelas 8 beserta seluruh jajaran staff pengajar SMP Al Ma’soem.

Ustad Asep Abdul Halim, S.Sos.I., M.M., pimpinan Humas Yayasan Al Ma’some Bandung menyampaikan disela-sela kegiatan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta didik agar tanggap ketika terjadi bencana seperti gempa bumi dan kebakaran. Pada tahap pertama sosialisasi dan mitigasi bencana ini para peserta didik fokus diberikan pemahaman mengenai bagaimana mengamankan diri saat terjadi gempa bumi.

“Hari ini kita kedatangan tamu dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang untuk melakukan sosialisasi dan mitigasi mengenai bencana (pada tahap pertama ini), khususnya bencana gempa bumi. Sosialisasi dan simulasi mitigasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa agar tanggap ketika terjadi bencana seperti gempa bumi dan kebakaran.

“Dengan sosialisasi dan simulasi seperti mudah-mudahan mereka (siswa) memiliki pemahaman tentang bencana serta bagaimana caranya menyelamatkan diri ketika terjadi bencana baik jika sedang berada di lingkungan sekolah maupun di rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Al Ma’soem, Udin Nashruddin, S. Si., M.M., mengucapkan terimakasih kepada para personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sumedang yang telah menyempatkan waktunya untuk memberikan sosialisasi serta mitigasi bencana kepada para peserta didik SMP Al Ma’soem.

“Ini adalah satu pengalaman yang sangat berharga bagi kami sebagai komunitas. Sebab, dengan sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana seperti ini, bukan hanya para pesert didik saja yang menjadi tahu mengenai penanganan saat terjadi bencana, tapi juga kami para staff pengajar.

“Rencananya akan dilangsungkan simulasi tahap kedua, tapi harus kami jadwalkan kembali agar tidak bentrok dengan aktivitas di sekolah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kami selenggarakan kembali,” ungkap beliau.  

Siswa SMP Al Ma’soem, M. Zia Mufazzal menerangkan, jika dalam sosialisasi dan simulasi bencana ini dirinya mendapatkan pengalaman yang berharga. “Karena saya masih kelas VII, saya dan teman- teman baru pertama kali mendapatkan sosialisasi dan simulasi ketika terjadi gempa bumi. Dan ini sangat berharga sekali,” jelasnya.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Peserta Didik Al Ma’soem Hadapi Hari Pertama UAS
21 Mei 2018
Hari ini, Senin (21/5) seluruh siswa SD, SMP dan SMA Al Ma’soem Bandung menghadapi hari pertama Ujian Akhir Semester (UAS) semester genap yang akan ...
Messa Al Ma’soem Wadahi Minat Bakat Generasi Muda Jawa Barat
1 April 2015
Oleh: Vesti Nadari Artisti, S.Psi Pembentukan lingkungan sangat penting dalam perkembangan generasi muda saat ini. Lingkungan yang sehat, baik secara natural ...
Juara I Ngadongeng FLS2 Tingkat Kabupaten Sumedang
3 April 2017
Juara I lomba ngadongeng tingkat SMP pada Festival dan Lomba Seni Siswa (FLS2) wilayah Kabupaten Sumedang, berhasil diboyong oleh salah satu wiswi SMP Al ...
Berprestasi di Lomba Scrabble se-jabar
5 Oktober 2016
Satu lagi siswa SMA Al Ma’soem yang berhasil menorehkan prestasi yang baik, Mohamad Bagas X MIA 2, dengan meraih Juara Harapan 1 pada Lomba Scrabble ...
Why the Students Get a Bad Score: A Psychology View
16 November 2015
(written by Siti Suwarni) “Ma’am, I had studied hard before the test and I am sure I can, but I still get the bad score.” This is a usual griping ...
selamat datang
PCS GEl I
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top