Siswa SD Al Ma’soem Biasakan Baca Qur’an Sebelum Belajar (KBM)

30 Juli 2018 | Dibaca : 389x | Oleh : Bambang Irawan
Siswa SD Al Ma’soem Biasakan Baca Qur’an Sebelum Belajar (KBM)

Dalam rangka untuk pembentukan generasi yang unggul dan berakhlakul karimah, pembentukan karakter peserta didik sedari dini harus sudah dikembangkan. SD Al Ma’soem Bandung melalui sistem pendidikannya menyelenggarakan program yang mewajibkan seluruh siswanya untuk membaca dan menghafal Al Qur’an sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai.

Menurut guru pembimbing Tahfidz Qur’an SD Al Ma’soem Isnen Munandar, M.Pd.I., setiap hari selama 30 menit sebelum masuk kelas seluruh sivitas SD Al Ma’soem Bandung, termasuk pengajar dan pengelola melaksanakan shalat Dhuha bersama dan menghafal Al Qur’an.

“Seluruh siswa dan guru-guru pengajar beserta pengelola, setiap hari melaksanakan kegiatan membaca dan menghafal Al Qur’an selama 30 menit sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Bahkan untuk siswa kelas IV, V dan VI tak jarang diajak oleh para wali kelas untuk sekalian melaksanakan shalat Dhuha.

“Mulai pukul 7.30 hingga pukul 8.00 kegiatan shalat Dhuha dan menghafal Al Qur’an dilaksanakan, melalui kegiatan One Day Three Ayat (Satu Hari Tiga Ayat) semoga dapat lebih meningkatkan motivasi para siswa SMP Al Ma’soem untuk menghafal Al Qur’an,” ungkap Isnen.

“Program ini dirancang untuk mendidik para peserta didik agar memiliki kecintaan terhadap Al Quran, sehingga dapat membentuk prilaku yang islami dalam keseharian mereka. Apalagi anak-anak di usia dini, dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, kita sebagai orang tua harus bisa membentengi mereka dari pengaruh yang tidak baik. Insya Allah dengan program ini bisa menghasilkan insan-insan yang gemar dan mencintai Al Qur’an dan mengamalkannya,.

“Selain hafalan Al Qur’an, terjemahan ayat-ayat yang dihafal pun turut disampaikan dan dimaknai. Hal tersebut ditujukan untuk lebih meningkatkan penghayatan Al Qur’an kedalam kehidupan mereka sehari-hari,” terang Kepala Sekolah SD Al Ma’soem, Ahmad Zeni, S.S., M.M., disela-sela kegiatan yang berlangsung.

Program shalat Dhuha & Tafidz Qur’an sudah mulai efektif diterapkan dan ini tak hanya mendapatkan response yang positif dari para sivitas sekolah, tapi juga mendapatkan apresiasi yang baik dari para orang tua para peserta didik. Dengan program ini, sangat diharapkan agar para anak didik yang tidak hanya berakhlak mulia tapi juga menjadi generasi bangsa yang berkarakter tinggi.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

SD Al Ma'soem Kembali Jadi Tuan Rumah Olimpiade Kuark 2019
25 Februari 2019
220 orang siswa sekolah dasar kelas 1 hingga kelas 6 dari enam SD wilayah Bandung dan sekitarnya mengikuti Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2019 pada Sabtu (23/2) ...
3 Siswa SD Al Ma’soem Juara Lomba Pildacil dan Menggambar
11 Juni 2018
Siswa SD Al Ma’soem kembali menorehkan hasil yang baik dalam tiga kategori lomba yang diikuti di Gebyar Ramadhan Abu Bakar Ash Shiddiq 2018 tingkat ...
UN Kelas XII SMA Al Ma'soem
4 April 2016
Jatinangor – Hari ini, Senin (4/4) adalah hari pertama berlangsungnya Ujian Nasional yang dilaksanakan serentak bagi siswa SMA/SMK/MA/Sederajat kelas XII di ...
Sekolah Islam di Sumedang
6 April 2015
Oleh: Deni Purwadi Sekolah islam di sumedang - Sumedang, khususnya wilayah Jatinangor, ialah daerah penyangga bagi kota Bandung seperti halnya daerah ...
Wajah Baru Kolam Renang Yayasan Al Ma'soem
12 Juni 2019
                Setelah libur panjang Ramadhan dan lebaran, Kolam Renang Yayasan Al ...
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top