Sistem point Pelanggaran? yakin lebih baik dari pada sistem hukuman Fisik?

5 September 2019 | Dibaca : 25x | Oleh : Bilal M. Ramdan
Sistem point Pelanggaran? yakin lebih baik dari pada sistem hukuman Fisik?

Jatinangor,-  Sistem Point pelanggaran bagi siswa sudah berlaku lama di Yayasan Al Ma'soem Bandung, dengan sistem pont seperti ini maka siswa yang "Jahil" akan diberikan hukuman berupa point pelanggaran dan jika memang sudah terlewat batas maka siswa jahil tersebut akan mendapatkan sanksi yang tegas yaitu dikembalikan kepada orang tuanya. sistem point seperti ini apakah benar lebih baik dari pada sistem pelanggaran dengan hukuman fisik? jawabannya adalah iya !! sangat jelas sekali, selain meminimalisir "pelampiasan" guru terhadap muridnya, sistem seperti ini lebih membuat orang tua siswa merasa "nyaman" karena pada dasarnya anak mereka di didik dan dibelajarkan di sekolah ini, bukan di ajarkan sebuah kekerasan fisik. dan berikut adalah rangkuman kenapa kekerasan Fisik itu jauh lebih buruk dan memiliki banyak efek negativenya dari pada point pelanggaran siswa.

1. Membuat siswa belajar mengenai kekerasan fisik

Kekerasan fisik merupakan tindakan yang sangat dilarang di Yayasan Al Ma'soem Bandung, alasannya selain dapat menyebabkan luka "fisik" kepada siswa yang "jahil", kekrasan fisik seperti ini malah akan membaut siswa berfikir dan menjadikan kekerasan fisik sebagai dasar awal dimana mereka boleh melakukannya juga kepada orang lain. 

2. Melukai Psikis Anak/ Siswa

Alasan selanjutnya, kekerasan fisik tidak hanya akan melukai fisik siswa, melainkan ke tingkat yang lebih parahnya lagi kekerasan fisik dapat mempengaruhi psikis siswa itu sendiri. bahkan sering penulis mendengarkan dari orang tua yang mendaftarkan dirinya ke Al Ma'soem dengan alasan bahwa anaknya mengalami trauma Psikis karena disekolah sebelumnya mengalami kekerasan Fisik dari gurunya.

3. Siswa menjadi Phobia untuk sekolah

Dampak yang lebih parah dari itu adalah adanya trauma yang membuat anak menjadi phobia untuk sekolah. Sekolah yang seharusnya menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar, seketika menjadi Neraka bagi siswa yang mengalami kekerasan fisik. selain itu juga siswa dapat terganggu proses belajar mengajarnya dan itu juga membuat prestasi siswa menjadi sangat menurun.

4. Guru tidak akan lagi bisa dihargai

Guru yang tidak menyenangkan kadang kali selalu menjadi faktor seorang siswa menjadi malas untuk belajar. apa lagi guru yang melakukan hukuman fisik terhadap siswanya?  hal tersebut malah akan membuat siswa tidak bisa menghargai gurunya dan yang lebih parah lagi siswa akan bersikap agresive dan malah semakin membangkang kepada gurunya sendiri.

nah dari penjabaran diatas dapat disimpulkan bahwa sistem point jauh lebih baik dari pada sistem pelanggaran fisik terhadap ssiwa. selain menyebabkan beberapa faktor negative seperti di atas ada juga beberapa faktor lain yang bahkan bisa menyebakan kematian. maka dari itu, Yayasan Al Ma'soem Bandung menganggap Sistem pelanggaran Fisik merupakan sistem pelanggaran kuno yang harus segera ditinggalkan. mudah mudahan sekolah lain juga ikut serta untuk mendidik anak siswanya dengan sistem pelanggaran yang tidak menggunakan fisik.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Siswa/Santri Al Ma'soem Tanam 105 Pohon di Kareumbi
13 Februari 2018
ALMAPALA (Al Ma’soem Pecinta Alam) bersama dengan OSIS, MPK dan DESAN SMA Al Ma’soem hari Sabtu, 10 Februari 2018 kemarin mengadakan kegiatan ...
Santri baru melaksanakan program ta'aruf di mesjid PSAM
9 Juli 2019
                Setelah seharian penuh mengikluti pembukaan KPAM, santri baru ...
Seleksi MC dan Saritilawah Intern Al Ma’soem
30 Januari 2016
Seperti halnya saat seleksi menyanyi yang dilaksanakan Jum’at minggu lalu, kali ini kembali diselenggarakan seleksi untuk MC dan Saritilawah. Sama seperti ...
Siswa SMP Al Ma’soem Dapatkan Penghargaan dengan Hafalan Tahfidz
1 Februari 2017
Program One Day Three Ayat Yayasan Al Ma’soem Bandung sudah berjalan selama lebih kurang satu semester lebih, dan alhamdulillah sudah banyak siswa SMP Al ...
Pembekalan SMA Kelas XII
24 Maret 2016
Kamis (24/3) bertempat di masjid Pesantren Siswa Al Ma’soem, SMA Al Ma’soem menyelenggarakan kegiatan pembekalan bagi siswa dan siswi kelas XII yang akan ...
Messa
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top