Sistem Peduli Sampah Model Al Ma'soem

23 Februari 2016 | Dibaca : 1061x | Oleh : Bambang Irawan

Pa Asep Sujana

Tanggal 21 Februari ditetapkan Pemerintah sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), berbagai gerakan dilakukan oleh Pemerintah, organisasi masyarakat, organisasi kependidikan dan para pengusaha, menandai hari istimewa ini dengan gerakan membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh semua unsur yang terkait dalam organisasi tersebut. Jika organisasi pendidikan maka sehari mejelang tanggal 21 Februari, para siswa dan guru serta karyawan tata usaha bergotong royong membersihkan dan menata lingkungan.

Hal yang lebih melembaga dijalankan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan menunjuk beberapa kota di Indonesia sebagai Pilot Project plastik berbayar,  salah satu kota yang ditunjuk adalah kota Bandung. Memperhatikan keseriusan perhatian terhadap sampah, termasuk dukungan oleh lembaga persekolahan dengan membangun sistem kepedulian siswa terhadap sampah.

Pembentukan  sikap siswa agar memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sampah harus menjadi tujuan pendidikan yang dijalankan oleh lembaga persekolahan, alasannya adalah siswa menjadi salah satu unsur yang mengkonstribusi tinggi pada sampah,  khususnya plastik, terutama dari kegiatan harian siswa yang banyak mengkonsumsi makanan dan minuman plastik.

Apa yang harus dilakukan agar siswa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sampah, diantaraya dengan mensiasati sistem yang berlaku di sekolah; dengan sasaran  siswa tidak nyampah.

Pada bagian ini ingin kami sampaikan contoh lembaga persekolahan yang telah membangun sistem sehingga siswa tidak nyampah yaitu sekolah yang dibina oleh Yayasan Al Masoem Bandung dan itu dilakukan sebelum program plastik berbayar diterapkan. Siswa di SD, SMP dan SMA Al Masoem ketika membeli makanan dan minuman  yang memerlukan pembungkus, maka siswa tersebut harus membawa Misting (tempat makan/minum). Kepada para pedagang di kantin telah diinstruksikan untuk tidak melayani siswa yang jajan dengan tidak membawa tempat makan dan minum, namun ada hal yang meringankan bagi siswa yang tidak bawa alat makan dan minum yaitu pedagang menyiapkan piring dan gelas.

Dengan sistem ini sampah plastik dan kertas bekas pembungkus makanan kini susah ditemukan. Namun jika terjadi jual beli makanan dan minuman yang menggunakan pembungkus kantong plastik, keresek atau kertas, maka siswa dikenakan sangsi poin karena aturan kesidiplinan di Yayasaan Al Masoem menggunakan poin, sedangkan kepada pedagangnya dievaluasi kelanjutan berdagang di kampus Al Masoem.

Penulis; Asep Sujana Drs. MM Guru dan pengelola di Yayasan Al Masoem Bandung

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

SMP Al Ma’soem melahirkan Scientis-Scientis muda yang berprestasi….
7 April 2015
Oleh : Rois Abdul Fatah, S.T Laboratorium diartikan sebagai suatu tempat untuk mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang berhubungan dengan ilmu ...
KPAM hari ke Tiga, Cara mudah menabung dan melakukan pembayaran DOP di Al Ma'soem
15 Juli 2020
Almasoem.sch.id,- KPAM Hari ke Tiga berlangsung di dua ruangan, pertama di Ruang Kelas SMP dan yagn kedua di Ruang Kelas SMA. Dimana materi yang dibawakan ...
Tim Futsal SMP Al Ma'soem Jadi Jawara di Kompetisi Tingkat Provinsi
4 Maret 2019
Tim Futsal SMP Al Ma'soem kembali berhasil menjadi jawara dalam komeptisi yang diikutinya, dan kali ini tidak tanggung-tanggung mereka berhasil membawa ...
Belajar dari Buku Best seller dalam Sejarah Jepang Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela dalam mendidik siswa
30 Agustus 2019
Ada yang pernah membaca buku Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela? Judul asli buku ini adalah 窓ぎわのトットちゃん (Madogiwa no ...
Puluhan Siswa SMP Al Ma'soem Setor Hafalan Surah Al-Ṣaffat
13 Agustus 2018
SMP Al Ma’soem Bandung kembali melangsungkan kegiatan penyetoran hafalan Al Qur’an Senin (13/8) kemarin bagi para peserta didiknya. Puluhan siswa ...

Informasi Pendaftaran

klm
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top