Shalat Idul Fitri Al Ma'soem 1440H

10 Juni 2019 | Dibaca : 108x | Oleh : Bambang Irawan
Shalat Idul Fitri Al Ma'soem 1440H

Gema takbir telah berkumandang selepas shalat Subuh, hari kemenangan bagi para umat Islam telah datang. Tiba kebahagiaan bagi umat Islam untuk dapat kembali ke fitrah ketika tiba saatnya kaum muslimin dan muslimah berbondong-bondong menyongsong hari kemenangnan.

Segenap sivitas yayasan beserta masyarakat sekitar Yayasan Al Ma’soem Bandung (YAB) melaksanakan kegiatan shalat Idul Fitri yang bertempat di Dome YAB. Ratusan orang terlihat menghadiri pelaksanaan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1440H di yayasan yang dilaksanakan pada 5 Juni 2019, kegiatan yang berlangsung dari selepas shalat Subuh ini berlangsung hingga pukul 08.30.

Bertindak sebagai khatib pada kegiatan shalat Idul Fitri adalah Ketua Yayasan Al Ma’soem Bandung Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi Ma’soem MS., dan bertindak sebagai Imam adalah Ust. Zaenudin Gazali, S. Kom.I. Dalam khutbahnya Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi Ma’soem MS., mengingatkan kita semua mengenai pentingnya untuk setiap muslim dan muslimah agar senantiasa istiqamah dalam ketaatan setelah meninggalkan bulan Ramadhan.

“Kemenangan ini, insya Allah kita raih, yang tidak lain dengan meningkatkan takwa dan amal shalih. Dan jadilah diri kita sebagai insan yang benar dalam keimanan. Maka, hendaklah kita juga bersyukur, karena Allah Ta’ala telah memberikan hidayah kepada kita berupa akidah yang benar.

“Pada bulan Syawal ini dimana umat muslim mengeluarkan zakat fithrah kepada yang membutuhkan, terutama kaum fakir miskin tampak bagaimana tali silaturrahmi serta semangat untuk berbagi demikian nyata terjadi. Kebuntuan dan kesenjangan komunikasi dan tali kasih sayang yang sebelumnya sempat terlupakan tiba-tiba saja hadir, dan dengan semangat zakat fitrah ini melahirkan kesadaran untuk tolong menolong,” tuturnya.

Dalam waktu yang sama khatib juga mengkumandangkan (QS. Al-Hujurat : 13) yang artinya "Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kalian di sisi Allah adalah yang paling bertakwa diantara kalian" karena takwa adalah kekayaan yang paling utama. selain takwa ada beberapa bekal hidup yang harus disiapkan yaitu 5 M.

M yang pertama adalah Mu'ahadah (selalu mengingat perjanjian dengan Allah swt) Perjanjian yang telah kita lakukan ketika penciptaan ruh tersebut dipahami oleh para ulama. Sebagaimana tercantum dalam Al Qur'an yang sebagaimana tercantum dalam Qs. Al A'raf, 7 :172 yang artinya "Betul (engkau Tuhan Kami) kami jadikan saksi.

M yang kedua adalah Mujahadah (Bersungguh-sungguh dalam beribadah) bersungguh sungguh dalam melaksanakan keta'atan dalam menjalin perintah Allah swt. Mujahadah berarti mencurahkan segenap usaha kemampuan dalam mempergunakan potensi diri untuk taat kepada Allah.

M yang ketiga yaitu Muraqobah (selalu merasa diawasi Allah) Orang yang berdzikir adalah orang yang selalu merasa diawasi oleh Allah swt. dzikir berasal dari kata dzakaro yang artinya menghadirkan sesuatu ke dalam benak. karena itu orang yang selalu berdzikir akan menyadari betul bahwa Allah mengetahui segala sesuatu yang ia kerjakan.

M yang ke empat adalah Muhasabah (intropeksi Diri) seperti yang dikatakan Umar Bin Khatab "Hisablah dirimu sebelum dihisab, timbanglah diri kalian sebelum di timbang. sesungguhnya berintropeksi diri bagi kalian pada hari ini lebih ringan dari pada hisab dikemudian hari".

Dan M yang terakhir yaitu Mu'aqobah (memberi sanksi ketika lalai beribadah) sikap jika bersalah memberi sanksi diri sendiri dengan mengganti dan melakukan amalan lebih baik meski berat, contoh dengan infaq dan sebagainya. atau dengan segera bertaubat dan berusaha kuat untuk tidak mengulangnya lagi.

Usai melaksanakan shalat Idul Fitri, acara kemudian dilanjutkan dengan musafahah yang diikuti oleh seluruh warga dan sivitas yayasan yang hadir dalam kegiatan shalat Idul Fitri 1440H.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Berprestasi pada Kompetisi Karate Pelajar Tingkat Jawa Barat
28 September 2016
Pada Kompetisi Karate Pelajar Tingkat Jawa Barat 2016 yang dilaksanakan pada 17 – 18 September beberapa waktu lalu, beberapa siswa SMA Al Ma’soem Bandung ...
Bazar dan Job Fair Al Ma’soem - Part II
8 September 2015
Masih dalam rangka menyambut wisuda AMIK dan STIBANKS Al Ma’soem tahun akademik 2014/2015, tanggal 5 September 2015 Al Ma’soem mengadakan bazar dan ...
USBN SMP Al Ma’soem diikuti 237 Peserta Didik
10 April 2018
SMP Al Ma’soem Bandung melangsungkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) minggu ini, dimulai sejak Senin (9/4) kemarin dan akan berakhir pada Senin, ...
AKTUALISASI ‘CAGEUR, BAGEUR, PINTER” DALAM PROGRAM OSIS DAN EKSTRAKURIKULER DI SMP AL MA’SOEM
12 Maret 2015
Oleh : Budi Muspepa, S.S. 1. Dasar Pemikiran Salah satu pilar utama fungsi sekolah adalah fungsi Pendidikan, di samping fungsi pengajaran dan pelatihan. ...
SMA Al Ma'soem Selenggarakan UTS Semester Genap
27 Februari 2017
Selama satu pekan kedepan SMA Al Ma’soem akan menyelenggarkan Ujian Tengah Semester tahun pelajaran 016/2017 bagi seluruh peserta didiknya. Menurut Wakil ...
MEssa
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top