Setelah Raih Juara Tingkat Jabar, Sabrina Melaju ke Tingkat Nasional

18 September 2018 | Dibaca : 215x | Oleh : Bambang Irawan
Setelah Raih Juara Tingkat Jabar, Sabrina Melaju ke Tingkat Nasional

Satu lagi siswa SMP Al Ma’soem yang berhasil mengharumkan nama sekolah pada kompetisi bergengsi tingkat provinsi, adalah Shabrina Nibrasalhuda siswa kelas IX – F yang berhasil menorehkan prestasi yang baik dalam kompetisi sains Roket Air tingkat regional Jawa Barat. Kompetisi Roket Air Regional (KRAR) ini diselenggarakan oleh Puspa Iptek Sundial yangbekerjasama dengan Badan Riset dan Teknologi (RISTEK) Jawa Barat.  

Menurut Koordinator Ekskul Bid. Iptek dan Imtak, Budi Muspepa, S.S., M.M., kompetisi yang diiukti oleh Sabrina kemarin diikuti oleh ratusan pelajar berusia 12-16 tahun yang mayoritas di dominasi oleh para peserta didik asal Bandung dan sekitarnya. Dan kompetisi roket air ini merupakan ajang adu keterampilan bagi pelajar di bidang teknologi antariksa, dimana roket air digunakan sebagai media dalam menjelaskan prinsip sains yang dikenal dengan Hukum Newton.

“Roket air itu sendiri terbuat dari bahan botol plastik berkaborasi dengan jumlah minimal sebanyak 2 (dua) buah botol yang akan dirakit menjadi satu bagian badan (body) roket air. Body roket air dilengkapi dengan sirip roket yang terbuat dari bahan infraboard atau sterofoam tebal yang dipotong dan dibentuk seperti sirip roket pesawat ulang alik. Desain sirip roket bentuknya pun bisa bermacam-macam tergantung dari kreativitas para peserta, namun dalam kompetisi ini bentuk sirip roket sudah ditentukan oleh panitia,” ungkap Budi.

Setelah berkompetisi dengan ratusan pelajar lainnya, alhamdulillah Shabrina Nibrasalhuda berhasil meraih Juara III dan berkesempatan untuk bersaing di tahap selanjutnya, yaitu Kompetisi Roket Air Tingkat Nasional (KRAN) yang akan dilangsungkan pada 28 September hingga 1 Oktober di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

“Jumlah peserta yang mengikuti kompetisi ini juga terhitung cukup banyak, pelajar umur 12 hingga 16 tahun menjadi kategori dengan jumlah peserta terbanyak, ratusan peserta didik dari sekolah-sekolah di provinsi Jawa Barat mengikuti ajang sain ini. Kami mengirimkan beberapa peserta untuk ikut di ajang ini, dan alhamdulillah Shabrina berhasil meraih Juara III (medali perunggu) di ajang ini.

“Dengan raihannya ini, Sabrina berpeluang untuk ikut Kompetisi Roket Air Tingkat Nasional (KRAN) yang akan dilangsungkan pada akhir bulan nanti. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Sabrina karena selain menjadi wakil untuk sekolah di kejuaraan tingkat nasional dia berkesampatan juga untuk menjadi wakil Jawa Barat,” tutup Budi.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Pendaftaran SMA Favorit
18 Maret 2015
Oleh: Ir. Tonton Taufik, MBA Pendaftaran SMA Favorit – Sekolah merupakan sebuah pondasi dasar yang menentukan kualitas pengetahuan peserta didik yang ada. ...
Ciri Khas AMIK Al Ma'soem
18 Februari 2015
...
Kegiatan Pesantren Kilat: Muhadatsah
9 Juli 2015
Dalam usahanya untuk membentuk karakter siswa SMP dan SMA Al Ma’soem yang berwawasan luas dan berintelektual tinggi, kegiatan pesantren kilat tahun ini ...
Computer Based Test
26 November 2015
[caption id="attachment_2551" align="aligncenter" width="300"] Beranda[/caption] Penilaian (Asesmen) Pengertian penilaian, di antaranya sebagai ...
Shalat Idul Fitri 1437H Al Ma'soem
8 Juli 2016
Gema takbir telah berkumandang selepas shalat Subuh, hari kemenangan bagi para umat Islam telah datang. Tiba kebahagiaan bagi umat Islam untuk dapat kembali ...
Banner Pendaftaran
Gel Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAMB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 0811224337
E-mail: info@masoem.com

 

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2018
All rights reserved
Scroll Top