Seni menulis dalam penulisan artikel

20 Agustus 2019 | Dibaca : 283x | Oleh : EM
Seni menulis dalam penulisan artikel

Seni menulis merupakan hak setiap manusia. setiap manusia diciptakan dengan bakat dan selera yang berbeda beda. namun dalam penulisan artikel tetap harus melihat "konsumen"mana yang akan kita gaet. Dalam penulisan artikel penuis memahami betul bahasa apa yang harus dipakai.apakah harus sesuai dengan EYD atau tidak? ataukah tidak apa apa jika tulisan abstrak? sebenarnya semua kembali lagi ketujuan artikel itu dibuat. dibuat untuk siapa? jika kita membuat untuk media masa tentu bahasa yang digunakan adalah bahasa yang sesuai dengan EYD dan berkualitas. Padahal menulis itu sebuah seni (tidak ada batasan) tetapi tetap saja jika tujuannya adalah untuk onsumen kita harus bisa melihat pasar.

Seni menulis merupakan sebuah hal atau metode dimana dalam sebuah tulisan seorang penulis bisa menyalurkan apa yang ada dalam benaknya. terdengar seperti curhatan atau kisah yang pernah penulisnya rasakan. memang, tetapi seni tetaplah seni. jika kita menelaah lebih jauh, banyak sekali seni menulis yang ternyata bisa menghasilkan (uang) apa lagi jika anda siswa kreatif yang ingin menambah uang jajan, cobalah menjadi penulis. entah itu via blog atau menulis artikel melalui media masa. selain dapat menghasilkan (uang) penulisan artikel dan juga mendalami seni menulis dapat memperlebar sayap siswa untuk belajar dalam berbahasa dan menulis.

Menulis memang terdengar sesuatu yang mudah, hanya mencurahkan apa yang ada dalam fikiran, menulisnya dalam bentuk tulisan dan menuangkanya di dunia maya atau dimedia masa. memang, tetapi tidak semudah itu. dalam menulis artikel ada beberapa teknik yang seharusnya dilakukan dan seharusnya tidak dilakukan. seperti dalam merangkai kata-kata harus kata kata yang mudah dipahami. kecuali jika anda menulis sebuah sastra pupuh ataupun sebuah puisi ataupun sajak.

berbeda dengan sastra artikel lebih ke bahasa sehari hari yang tidak harus selalu formal. Hobi. penulis sendiri teringat akan dosen penulis dulu ketika mencoba menimba ilmu di Universitas Komputer, entah siapa nama dosen tersebut penulis sendiri lupa tetapi beliau pernah berkata "jangan percayai ide atau gagasan atau imaginasi anda yang pertama, teruslah menciptakan satu dua dan tiga hingga seratus dan sejuta lagi karya. karena semakin banyak semakin anda paham, bahwa yang pertama tidak akan seluas karya yang kedua dan yang ketiga. begitu juga seterusnya". prinsip ini yang dipegang penulis dalam menciptakan sebuah karya baik itu dalam bentuk artikel maupun dalam bentuk video ataupun format lainnya.

sebuah prinsip yang tidak akan pernah hilang dalam menciptakan apapun. selain itu ada beberapa tips lain juga dalam penulisan sebuah artikel, salahs atunya adalah membaca kembali apa yang sudah kita tulis, mengedit lagi jika merasa Kurang bergairah, melihat apakah artikel itu up to date atau berita lama? karena jika berita lama maka kinsumenpun ogah untuk melirik artikel anda. 

ada beberapa hal yang membuat artikel itu sangat enak untuk diikuti di baca hingga akhir, yaitu perangkaian kata yang berwarna dan tutur bahasa yang lebih enak dibaca. dalam penulisan artikel media masa ada baiknya jika kita lebih melihat ke depan juga. jangan sampai artikel yang kita buat malah menyebakan fitnah atau juga adu domba bagi pihak lainnya.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Maulid Nabi Muhammad SAW 1442H
2 November 2020
Dibulan yang mulia ini, merupakan bulan yang bersejarah bagi kita umat Islam, dimana dilahirkan Nabi Muhammad SAW tepatnya pada Senin 12 Rabiul Awal tahun ...
Setiap sekolah memiliki Sistem Pendidikan yang berbeda beda .. di Al Masoem ...
17 Januari 2021
Almasoem.sch.id,- Setiap sekolah (swasta) memiliki sistem pendidikan yang berbeda beda, ada yang lebih mengkedepankan keagamaan, ada yang menunjung tinggi ...
Akreditasi STKOM oleh Asesor BAN-PT
21 September 2018
Jatinangor – Jum’at (21/9) Yayasan Al Ma’soem Bandung kedatangan tim evaluasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi – BAN PT, ...
Belajar dari Buku Best seller dalam Sejarah Jepang Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela dalam mendidik siswa
30 Agustus 2019
Ada yang pernah membaca buku Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela? Judul asli buku ini adalah 窓ぎわのトットちゃん (Madogiwa no ...
Tim Robotik SMA Al Ma'soem Raih Silver dan Excellent Award di KRON 2017
21 November 2017
Keikutsertaan komunitas Robotik Al Ma’soem pada ajang Kontes Robot Nusantara (KRON) 2017 beberapa waktu lalu menghantarkan para peserta didik meraih ...

Informasi Pendaftaran

sd
Fullday School atau Boarding School?!
Brocure SMP SMA
Brocure SMP SMA
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top