sekolah untuk sekolah?? sekolah untuk pendidikan?? atau sekolah untuk belajar??

7 Februari 2020 | Dibaca : 116x | Oleh : EM
sekolah untuk sekolah?? sekolah untuk pendidikan?? atau sekolah untuk belajar??

”Sekolah yang baik dan orang yang menikmatinya akan menjadi awal yang menguntungkan. Gabungan kekuatan eksternal ini dengan beberapa sifat internal yang baik akan sulit meruntuhkan seseorang yang bertekad kuat.” Kingsley G. Ward 

untuk apa anda bersekolah?? Pernah tidak berfikir seperti itu?? apa sih tujuan utama anda bersekolah?? untuk menuntut ilmu?? Ilmu salah apa hingga kamu tuntut?? agar menjadi orang sukses?? banyak orang yang tidak sekolah tinggi namun bisa sukses Duniawi. atau untuk mendapat kan title manusia berpendidikan?? hhe sebuah kejujuran yang terlalu fulgar. 

Sebelum anda bersekolah pernah tidak anda bertanya pada diri anda sendiri kenapa anda harus sekolah?? jangan sampai anda sekolah karena keterpaksaan orang tua saja. kenapa sih saya menulis hal seperti ini?? agar anda sebagai siswa bisa lebih memahami makna dari sekolah itu sendiri. Nak/de/kak/ atau apalah orang tuamu memanggilmu, kamu sekolah ke negeri ya atau kamu ke sekolah swasta ya. harapan orang tua adalah agar kamu mendapatkan pendidikan yang cukup !!

bahkan banyak orang tua yang rela mengeluarkan uang puluhan juta agar anaknya menjadi anak yang berpendidikan hingga bisa lulus dan masuk PTN. meskipun ada orang tua yang harus kerja sampai tengah malam demi membiayai kamu. apa kamu tidak paham?? orang tua selalu mengharapkan kualitas pendidikan terbaik untuk anaknya tahun tidak kenapa?? karena mereka ingin kamu melebihi mereka !!

lalu untuk apa kamu bersekolah?? 

banyak sekali ironi pendidikan yang sepertinya masih saja ada di dunia persilatan 2020 ini, pak Mendikbud, tolong kalau anda membaca tulisan saya, bacalah dengan baik baik.

1. Banyak sekali sekolah yang ingin mendidik anak atau siswanya menjadi pribadi yang jujur namun adakah pelajaran kejujuran disekolah?? atau adakah kurikulum kejujuran yang bisa di ajarkan disekolah??

di sekolah negeri, saya tidak tahu karena saya sendiri lulusan Swasta dan sekolah terbaik di Bandung Timur Yayasan Pendidikan Al Ma'soem atau sekarang jadi Yayasan Al Ma'soem Bandung. Disini saya diajarkan arti sebuah kejujuran bukan hanya dari pelajaran Agama saja !! tapi dari praktik kehidupan sebenarnya.

Salah satu contohnya adalah mencontek sama dengan Doorprize mendapatkan sekolah baru atau saat ini ada Kantin kejujuran dimana tidak ada yang menjaga dan untuk melihat seberapa jujur sih anda siswa siswi tercinta dan alhamdulilah setiap minggu selalu saja ada siswa yang tidak jujur.

padahal mata manusia tidak bisa melihat, namun Allah swt selalu melihat. Menjadi orang jujur itu tidak di hargai, tetapi Tuhan menghargai kejujuran seseorang !! karena kita hidup untuk Tuhan dan untuk diri kita sendiri bukan untuk mendapat simpati dan harga dari orang lain !!

2. Pendidikan/sekolah diharapkan dapat membentuk pribadi peserta didik menjadi berkarakter baik namun adakah sekolah yang mengadakan pelajaran untuk menjadi siswa yang berkarakter??

DI Negeri saya tidak tahu kalau ada coba berikan saya masukan ke xabiru9917@gmail.com namun di sekolah swasta seperti Al Ma'soem pendidikan karakter terlihat jelas di kehidupan nyata sekolah. artinya kami tidak mengadakan pelajaran karakter secara khusus tetapi kita punya Moto yang tegas yaitu membentuk siswa yang Cageur Bageur dan Pinter Artinya siswa lulusan Al Ma'soem harus Sehat jasmani dan Rohani, Baik dalam arti karakter dan Pinter atau bonus dimana semua siswa akan menjadi siswa yang terdidik.

Pendidikan karakter ini dapat dipersembahkan dengan sebuuah "timpaan" seperti tidak berbicara kasar jika melangga akan mendapatkan poin, tidak boleh pacaran kalau memang ketahuan akan dapat poin dan juga tidak boleh membawa smartphone dimana jika ketahuan hingga 2x smartphone yang ketahuan akan disumbangkan ke Musadaatul Ummah Al Ma'soem.

Pendidikan secara karakter itu berdampak positif pada siswa, selain siswa menjadi lebih disiplin, penindakan secara tegas Yayasan secara tidak pandang bulu ini juga bermanfaat bagi siswa itu sendiri karena pada dasarnya kita tidak pernah mengadakan tindakan fisik untuk menegur siswa.

pada dasarnya sekolah itu bukan untuk membuat anda menjadi orang pintar. Karena dasarnya kebanyakan sekolah saat ini adalah untuk mencetak siswa menjadi produk yang sama, secetakan. padahal setiap manusia memiliki potensi dan kelebihanya masing masing.

anda beruntung jika anda sekolah di sekolah yang membawa prisip tersebut, karena karakter setiap orang itu berbeda dan cara penangulangannya pun tidak sama pula. 

pengadaan BK atau Konselor di Al Ma'soem mudah mudahan dapat menjadi titik terang bagi siswa yang sudah tumpul dengan pertanyaan "untuk apa kamu sekolah??" dan sudah seharusnya kamu sebagai siswa paham betul tujuan kamu sekolah dan disekolahkan itu untuk apa??

dan jawaban saya adalah agar menjadi manusia yang lebih manusiawi.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Wisuda STKOM - STIBANKS ke-20, Banyak Lulusan Sudah diterima Kerja
2 September 2018
STKOM – STIBANKS Al Ma’soem kemarin baru saja merampungkan perhelatan wisuda purna bagi 106 mahasiswanya, tercatat 81 orang mahasiswa STKOM dan 25 ...
PSAM School-Outing to @america Jakarta
21 Januari 2016
Yesterday (20/1) santri Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) grade 11th and 12th were lucky enough to get invited by @america Jakarta to attend an interactive ...
4 Siswa Santri SMP - PSAM Lulus Tes Tahfidz Bulan September
25 Oktober 2018
4 siswa/santri SMP – PSAM Al Ma’soem berhasil dinyatakan lulus tes tahfidz (menghafal Al Qur’an) untuk gelombang ke-3 di awal semester ganjil ...
Al Ma’soem – An Islamic Based School
2 Maret 2016
In the beginning of the establishment of Yayasan Al Ma’soem Bandung, founder and owner of PT. Al Ma’soem Group, H. Ma’soem had a basic concept of ...
Why the Students Get a Bad Score: A Psychology View
16 November 2015
(written by Siti Suwarni) “Ma’am, I had studied hard before the test and I am sure I can, but I still get the bad score.” This is a usual griping ...

Informasi Pendaftaran

klm
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top