Pxl 20240318 021951360 (large)

Sekolah Swasta : Bukan Sekedar Pendidikan, Tapi Memiliki Lingkungan Belajar yang Baik

Orang tua saat ini berbondong bondong menyekolahkan putra putrinya ke sekolah swasta. Alasannya cukup beragam tapi rata rata mereka mencari sekolah swasta karena mereka paham lingkungan yang baik dapat menciptakan karakter yang baik. Kok bisa? Dalam artikel ini kami akan membahas, bagaimana sekolah swasta tidak hanya memberikan pendidikan secara akademis dan nonakademis tapi juga merupakan lingkungan pendidikan yang mampu memberikan lingkungan belajar yang baik.

4 Alasan, Sekolah Swasta Mampu Memberikan Lingkungan yang Baik

Sekolah swasta merupakan lembaga pendidikan non pemerintahan yang dulu dipandang sebelah mata. Pada zaman dahulu, sekitar tahun 80’s sampai 90’an, sekolah swasta selalu dipandang sebelah mata sebagai sekolah sisa dari negeri. Karena di jaman tahun 80-90an untuk masuk ke sekolah negeri itu merupakan hal yang sulit, bagaimana dulu SMAN 24 Bandung menjadi sekolah favorit, sehingga lulusan SMP dari manapun itu ingin masuk ke SMAN 24 Bandung karena disana merupakan sekolah favorit dengan label sekolah orang orang pintar. Karena seleksi masuknya yang lumayan susah dan memang memiliki nilai UN dan akademis yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sekolah lainnya. 

Disaat itu, banyak sekolah yang berbondong bondong memaksimalkan sekolahnya agar bisa menjadi sekolah favorit, dan parahnya sekolah sekolah yang tidak dicap favorit malah dilupakan termasuk sekolah swasta yang memiliki label sebagai sekolah sisa dari negeri. Seiring berjalannya waktu dan perubahan zaman,sekolah swasta malah menjadi sekolah favorit siswa dan orang tua disaat ini. Adapun alasannya karena satu, yaitu lingkungannya ternyata jauh lebih baik untuk belajar mengajar. Diantaranya seperti : 

  1. Kelas yang Lebih Kecil:

Sekolah swasta umumnya memiliki jumlah siswa yang lebih sedikit dibandingkan sekolah negeri. Hal ini memungkinkan guru untuk memberikan perhatian yang lebih personal kepada setiap siswa. Bahkan beberapa sekolah swasta memberikan tambahan guru untuk bisa membimbing jumlah siswa yang jauh lebih sedikit ini sehingga guru dapat lebih mudah memahami kebutuhan belajar individual siswa dan memberikan dukungan yang diperlukan. Kelas yang lebih kecil juga memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih aktif antara guru dan siswa, serta antar siswa menjadi lebih bisa teratur secara kondusif. Hal seperti ini yang mungkin tidak didapatkan siswa di sekolah negeri.

  1. Guru yang Lebih Berkualitas:

Sekolah swasta umumnya memiliki standar yang lebih tinggi dalam perekrutan guru. Seperti Al Masoem saja contohnya, sekolah ini memiliki standar tersendiri bagi guru. Adapun kriteria penilain guru di Al Masoem adalah minimal mereka mampu untuk bisa mengikuti aturan sekolah. Ketika sudah memiliki visi dan misi yang sama tentu saja mereka harus siap mengabdikan dirinya sebagai seorang guru juga orang tua siswa dan santri. Ini yang kadang sulit bagi beberapa guru, kenapa? Karena feeling orang tua asuh (guru di Al Masoem itu sebagai pengganti orang tua) itu berbeda dengan orang tua kandung. Maka dari itu banyak guru yang tidak lolos dalam seleksi ini karena mereka tidak bisa menjadi orang tua yang benar benar bisa membimbing putra putrinya di sekolah. Begitu juga guru di pesantren Al Ma’soem harus bisa menjadi contoh orang tua yang baik karena tanggung jawab mereka adalah 24 jam terhadap peserta didiknya.  Tapi syarat itu tentu saja diikuti dengan gaji, insentif dan tunjangan yang sangat menarik bagi guru guru dan pelamar sehingga dapat menarik guru guru terbaik untuk bisa ikut serta dalam proses belajar dan  mengajar disekolah swasta.

  1. Fasilitas yang Lebih Baik:

Sekolah swasta umumnya memiliki infrastruktur dan fasilitas yang lebih modern dan lengkap dibandingkan sekolah negeri. Ditambah toilet sekolah di sekolah swasta juga amat sangat jauh lebih layak dibandingkan dengan toilet di sekolah lainnya. Karena perawatan pada fasilitas ini juga terjamin. Fasilitas yang lebih baik dapat mendukung proses belajar mengajar dan meningkatkan kenyamanan siswa. Begitu juga dengan fasilitas toilet sekolah yang mampu menjamin kenyamanan dan proses belajar mengajar siswa.

Sekolah swasta dapat menyediakan fasilitas seperti laboratorium sains yang lengkap, perpustakaan yang modern, atau lapangan olahraga yang luas dan terbilang komplit. Selain itu beberapa sekolah swasta juga memiliki kolam renang sendiri, area berkuda dan memanah. Tergantung sekolah swasta yang seperti apa, tapi rata rata ada.

  1. Budaya Sekolah yang Lebih Positif:

Sekolah swasta dapat menerapkan disiplin yang lebih ketat dan menekankan nilai-nilai moral yang baik. Maka ketika siswa sudah lulus dari sekolah ini mereka memiliki karakter yang baik,karakter baik ini dapat menjadi citra yang baik bagi sekolah swasta sehingga bisa menjadi bahan promosi secara tidak langsung. Budaya sekolah swasta juga sangat beragam, di Al Masoem sendiri karena memiliki fasilitas boarding school mewajibkan santri dan siswi putri untuk menggunakan hijab dan menutup aurat. Tidak boleh pacaran bahkan sekolah Al Masoem ini memberikan sanksi yang tegas bagi yang pacaran dan juga melakukan pembullyan.

Kesimpulan:

Sekolah swasta dapat memberikan lingkungan belajar yang lebih baik dibandingkan sekolah negeri karena memiliki kelas yang lebih kecil, kurikulum yang lebih fleksibel, fasilitas yang lebih baik, guru yang lebih berkualitas, dan budaya sekolah yang lebih positif.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua sekolah swasta memiliki kualitas yang sama. Orang tua perlu melakukan riset dan pertimbangan yang matang sebelum memilih sekolah swasta untuk anaknya.