Santunan Yayasan Al Masoem Bandung Terhadap Keluarga Siswa/Santri yang Terdampak Covid 19

2 September 2021 | Dibaca : 131x | Oleh : Mohamad Ramdan
Santunan Yayasan Al Masoem Bandung Terhadap Keluarga Siswa/Santri yang Terdampak Covid 19

Pandemi covid-19 membuat sebagian orang kehilangan orang-orang terdekat. Tidak bisa dipungkiri, pandemi yang sudah berjalan satu tahun lebih ini membuat tatanan dunia menjadi berubah. Dari sektor pendidikan sendiri yang tadinya kita terbiasa dengan sekolah konvensional kini berubah menjadi online learning, bahkan ada beberapa sekolah yang sudah mulai melaksanakan Hybird Learning ada perpanduan sekolah online dan tatap muka.

Pandemi yang kini masih dibarengi PPKM sebagai rencana pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Covid 19, ada berbagai macam orang yang tetap bijaksana menyikapi pandemi dengan cara berbagi rejeki kepada mereka yang terdampak covid 19. Setelah sebelumnya Al Masoem memberikan santunan ke ratusan panti asuhan di Cileunyi, Rancaekek dan sekitarnya. Kini Yayasan Al Masoem Bandung siap membantu kepada siswa/i dan santri Al Masoem yang orang tuanya meninggal karena covid 19.

Program ini merupakan sebuah program baru dari Yayasan Al Masoem Bandung untuk siswa/i dan santri yang terdampak Covid 19. Program ini memang sengaja dibuat, agar siswa/i Al Masoem baik mereka yang fullday ataupun yang boarding school bisa tetap meneruskan sekolah seperti normal tanpa harus terbebani karena orang tua yang meninggal karena terpapar covid 19. Program ini juga merupakan program pelopor agar tidak ada satupun siswa Al Masoem yang harus vakum sekolah karena alasan covid.

Al Masoem Paham Pentingnya Pendidikan Bagi Siswa/i dan Santri

Pendidikan merupakan hak semua warga negara. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting di dalam meningkatkan sumber daya manusia yang handal. Maka dari itu Al Masoem sebagai lembaga pendidikan paham betul tentang pentingnya pendidikan bagi siswa/inya. Dengan program peduli terhadap siswa/i yang terpapar covid kami harapkan program ini bisa tepat sasaran, terutama kepada siswa/i dan santri Al Masoem yang terkena dampak covid 19.

Selain itu juga ada beberapa program kemanusiaan lainnya, terutama program pendidikan anak. Dimana khusus untuk umum Al Masoem memberikan sebuah program santunan bagi calon siswa atau siswa non Al Masoem untuk bisa mendapatkan pendidikan yang layak yaitu dengan mendaftarkan calon siswa tersebut ke Rumah Solusi Al Masoem.

Rumah Solusi Al Masoem merupakan program atau rumah khusus bagi masyarakat yang kurang beruntung, pada awalnya rumah solusi (RUSOL) diperuntukan bagi anak anak yatim dan terlantar. Namun seiring berjalannya waktu rumah solusi berubah menjadi tempat belajar bagi mereka yang kurang mampu karena kondisi kondisi tertentu.

Rumah Solusi Al Masoem Sebagai Lembaga Penyelamat Anak Anak Bermasalah

Rumah Solusi Al Masoem bertempat di Jl. Bunter No.13, Sukadana, Kec. Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45364 merupakan tempat dimana siswa dididik tentang berbagai macam pelajaran. Dari pelajaran umum dan agama. Selain itu juga siswa yang menginap di Rumah Solusi Al Masoem diberikan berbagai macam kegiatan positif seperti membuat kerajinan, memasak dan lain sebagainya.

Selain itu juga semua siswa Rumah Solusi Al Masoem selalu diberikan kesempatan untuk merasakan fasilitas Yayasan Al Masoem Secara gratis. Tentu saja dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak Rumah Solusi itu sendiri.

Lulusan dari Rumah Solusi Al Masoem juga disebarkan di Al Masoem, meskipun ada beberapa yang lulus menjadi pengusaha sendiri, selain itu banyak juga lulusan Rumah Solusi yang akhirnya bisa bekerja di Al Masoem. Karena lulusan dari Rumah Solusi Al Masoem selain mendapatkan ilmu agama dan pelajaran yang layak. Siswa nya juga memiliki skill skill dan kreativitas yang tinggi yang mampu bersaing dengan sekolah lain. Anda berminat? 

Resmi Beroperasi dari 1 September 2011 Hingga Saat ini

Rumah Solusi Al Masoem sudah beroperasi selama hampir 10 tahun. Dan selama itu juga banyak sekali siswa siswa yang sudah lulus dan berganti lagi. Untuk siswanya sendiri beragam, dari tingkat SD, SMP, SMA hingga kuliah. Program Rumah Solusi Al Masoem merupakan lembaga yang mengikuti niat awal pendiriannya yaitu Almarhum Haji Ma’soem dan istrinya, tujuan lembaga nirlaba dilandasi niat melaksanakan perintah Allah SWT dalam Alquran.

Landasan itu diantara-nya kandungan surat Al-Baqarah ayat 82, yang berbunyi :

وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ الْجَنَّةِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ࣖ

Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya. Maka bertolak dari amanat almarhum sang ayah dan ibu, putra putrinya mewujudkan transformasi rumah anak yatim ini menjadi Rumah Solusi Aisyah Al Ma’soem.

Selain Santunan Bagi Siswa/i dan Santri yang Terpapar dan Rumah Solusi, Al Masoem juga memiliki Program Beasiswa Musadaatul Ummah Bandung

Musa’adatul Ummah Al Ma’soem merupakan sebuah Lembaga Amil Zakat dan merupakan Lembaga Nirlaba ( non profit ) yang bergerak di bidang penghimpunan zakat, infaq dan shodaqoh. Hasil penghimpunan dana ZIS tersebut selanjutnya di gulirkan kepada penerima manfaat atau bantuan dengan syarat tidak merokok , dalam bentuk program pelayanan dan pemberdayaan dalam bidang pendidikan, ekonomi, dakwah, dan sosial kemanusiaan .

Dengan misi memberikaan layanan pendidikan, meningkatan kemandirian secara ekonomi,memberikan layanan sosial dan kesehatan untuk kaum dhuafa baik formal,informal dan nonformal serta meningkatakan dakwah Islam yang rahmatan lil’alamin.

Selain sebagai lembaga amil zakat, Musadaatul Ummah Bandung atau MUB memiliki sebuah program beasiswa bagi siswa yang kurang mampu.

Dimana Musadaatul Ummah Sendiri memiliki program beasiswa untuk siswa tingkat SD hingga SMA. Program ini bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat melalui program peningkatan kualitas pendidikan formal, nonformal dan informal yang berasal dari keluarga dhuafa terdiri dari :

  • Juara – MU( Beasiswa pendidikan formal mulai tingkat SD, SMP, SMA / SMK / MA hingga perguruan tinggi negeri/swasta );
  • Balai Keratif – MU ( pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia dengan mengadakan pelatihan, bimbingan belajar, dan seminar / workshop).
Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

SMA Al Ma’soem Selenggarakan UNBK 2018
9 April 2018
Jatinanangor – Para peserta didik SMA Al Ma’soem Bandung pada Senin (9/4) menghadapi hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. ...
26 November 2015
[caption id="attachment_2551" align="aligncenter" width="300"] Beranda[/caption] Penilaian (Asesmen) Pengertian penilaian, di antaranya sebagai berikut: Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi dan membuat keputusan berdasarkan informasi itu (Blaustein, D. et.al ,1999) Penilaian adalah ...
M. Sonhaji Raih Juara I Kejuaraan Taekwondo Tingkat Provinsi
28 Februari 2019
Sonhaji siswa SMA Al Ma’soem kembali menorehkan prestasi yang impresif dalam bidang olahraga Taekwondo. Sonhaji berhasil meraih Juara I (1st Place) pada ...
Pengguatan Karakter Melalui Ethical Leadership, Teacher Capacity dan Budaya Sekolah
20 Februari 2021
Foto : Konselor Al Masoem sedang melaksanakan kegiatan secara Online live Via Zoom beberapa waktu lalu, konselor Al Masoem dapat di manfaatkan siswa sebagai ...
Siswa SMA Al Ma'soem yang Diterima ke PTN Selalu Naik Setiap Tahun
21 Desember 2019
Jatinangor,- Pembukaan CBP Camp (Cageur, Baguer, Pinter Camp) berlangsung khidmat. Pembukaan yang diadakan dengan serangkaian acara dilaksanakan pada ...

Informasi Pendaftaran

podcast bu dewi
PCS 2022/2023
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top