Saat pademi begini?? Olahraga di Rumah saja

22 Februari 2021 | Dibaca : 80x | Oleh : Mohamad Ramdan
Saat pademi begini?? Olahraga di Rumah saja

Foto TIM FUTSAL SMP AL MASOEM yang berhasil menjadi juara 1 dalam kompetisi (foto sebelum pademi)

 

Penulis : Suci Lestari, M.Pd. (Guru Penjas SMP Al Masoem)

Almasoem.sch.id,- Olahraga di masa pandemi covid-19 tidak mustahil untuk dilakukan. Karena sejatinya masyarakat sangat membutuhkan kebugaran dan kesehatan tubuhnya yang bisa mereka dapat melalui berolahraga. Olahraga dirumah merupakan langkah yang sangat tepat untuk dilakukan, mengingat resikonya sangat kecil untuk terpapar virus covid-19.

Berbeda dengan berolahraga diluar rumah yang resikonya sangat besar untuk terpapar, karena diluar kita harus benar-benar menjaga 5 M. Semua manusia menginginkan hidup sehat, karena ada pepatah yang mengatakan bahwa sehat itu mahal, oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan kita dengan sebaik mungkin. Sehat dan bugar bisa kita dapatkan melalui aktivitas-aktivitas fisik sederhana yang bisa kita lakukan dirumah.

Dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa gerakan sederhana untuk bisa dilakukan dirumah. Sebelumnya mari kita bahas mengenai sehat dan bugar itu sendiri. Menurut Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan, Sehat adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Sedangkan Bugar adalah kemampuan tubuh untuk  melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi dan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut masih memiliki semangat dan tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang dan siap untuk melakukan kegiatan lain yang mendadak atau tak terduga.

Tubuh yang sehat dan bugar akan lebih sulit untuk dimasuki virus karena daya tahan tubuh yang lebih kuat. Jadi marilah kita meluangkan waktu setidaknya 30 menit untuk berolahraga dirumah. Dibawah ini beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan secara individual dirumah:

  • Plank

Salah satu kegiatan olahraga yang tidak jauh berbeda dengan push up. Dalam gerakan satu ini, tumpuan badan berpusat pada lengan tangan yang berfungsi menahan bobot tubuh selama mungkin. Plank akan memperkuat otot core anda. Gerakan ini dapat anda lakukan secara berjangka sehingga secara perlahan lemak disekitar perut bisa berkurang dan massa otot terbentuk. Lakukan gerakan ini 10-20 detik pada setiap sesinya. Bagi pemula bisa mencoba gerakan ini dalam durasi yang sangat pendek.

  • Jumping jack

Gerakan kedua adalah jumping jack, yaitu gerakan meloncat sembari melebarkan kaki dan menepuk tangan di atas kepala. Gerakan jumping jaks sudah sering digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina. Caranya sangat mudah anda cukup meloncat dengan irama kaki melebar dan menutup diikuti naik turunnya kedua tangan diatas kepala. Silahkan lakukan gerakan ini berulang sesuai kebutuhan olahraga anda.

  • Jalan-jalan dan naik turun tangga

Kegiatan yang paling mudah yang bisa anda lakukan dirumah. Jalan-jalan tidak harus diluar ruangan, anda bisa jalan-jalan dikoridor rumah atau dihalaman rumah. Lakukan jalan tanpa henti minimal 30 menit. Bisa dikombinasikan dengan naik turun tangga untuk menjaga daya tahan tubuh.

  • Senam aerobik

Kegiatan olahraga yang satu ini sangat menyenangkan, bukan hanya sehat jasmani tapi anda juga bisa sekaligus menyehatkan rohani anda. Perasaan senang akan muncul ketika anda melakukan kegiatan ini. Caranya sangat mudah, anda cukup memutar video-video senam yang bisa anda cari di internet dan mengikuti gerakan dalam video tersebut. Dengan senam aerobik seluruh anggota tubuh anda akan bergerak segingga badan akan sehat dan bugar.

  • Push up, Sit up dan Back up

Ketiga gerakan ini sungguh tidak asing lagi untuk kita. Anda bisa melakukan gerakan-gerakan tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya anda melakukan 3 set dalam satu kali kegiatan. Set pertama anda melakukan 5 kali, set kedua ditambah menjadi 10 kali dan set ketiga menjadi 15 kali. Kegiatan sederhana ini akan bermanfaat besar apabila dilakukan dengan rutin untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Pandemi bukanlah halangan untuk kita berolahraga, olahraga justru menjadi salah satu cara kita untuk termotivasi menjaga kebugaran dan kesehatan kita. Olahraga membuat kita sehat, membuat kita merasa senang dan otomatis akan menjauhkan kita dari segala virus yang akan merugikan kita, termasuk covid-19. Mari jaga daya tahan tubuh kita dengan berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu dan 30 menit dalam satu sesi.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Porsak SMP Al Ma'soem Dilaksanakan secara Online !!
16 Desember 2020
Almasoem.sch.id,- PORSAK atau Pekan Olahraga dan Seni Antar Kelas merupakan kegiatan yang selalu di laksanakan Ba'da PAS atau UAS yang dimana biasanya ...
Catatan Perjalanan Bandung-Bali di Awal 2016
12 Januari 2016
Oleh: Siti Suwarni Perjalanan ini adalah salah satu perjalanan wisata yang diadakan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem di awal 2016 (4-10 Januari). Peserta ...
Pembukaan MESSA Al Ma’soem 2016
16 April 2016
Jatinangor – Tahun ini Yayasan Al Ma’soem Bandung kembali menggelar MESSA – Multi Event in Science, Sport and Art (16/4/2016). Selain sebagai tolak ...
Siswa SD Al Ma'soem Tryout Persiapan Hadapi Olimpiade Eksperimen Sains 2017
6 September 2017
Para peserta didik Sekolah Dasar (SD) Al Ma’soem kelas 3 hingga kelas 6, Selasa (5/9) kemarin mengikuti ujian Tryout Olimpiade Eksperimen Sains yang ...
Al Ma'soem memiliki Program beasiswa Yang Banyak
22 Juni 2020
Almasoem.sch.id,- Program Beasiswa di Al Ma'soem sangat banyak, karena mau bagaimanapun prestasi siswa itu berbeda beda maka dari itu berbagai macam ...

Informasi Pendaftaran

png
Dr Tonton
Doktor Wisuda
SMP SMA
sd
tk
online
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top