Ratusan Guru Al Ma'soem Mengikuti Loka Latih Virtual

17 Juli 2021 | Dibaca : 60x | Oleh : Mohamad Ramdan
Ratusan Guru Al Ma'soem Mengikuti Loka Latih Virtual

Penulis : Ayi Mi'raz

Menjelang tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan, Yayasan Al Masoem Bandung kembali menyelenggarakan loka latih untuk guru dan pengelola TK, SD, SMP dan SMA Al Ma'soem pada 16-17 Juli 2021. Kegiatan ini merupakan agenda rutin di Yayasan Al Ma'soem dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam mendidik siswa.

Pelaksanaan loka latih tahun ini, seluruhnya dilaksanakan secara online. Beda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara hybrid (kombinasi online & offline). Rangkaian kegiatan loka latih, selain menghadirkan pembicara dari akademisi dan praktisi juga dilaksanakan kegiatan khas Al Masoem, yaitu diseminasi program Yayasan dan tes guru.

Hari pertama loka latih dilaksanakan pembukaan sekaligus materi diseminasi program Yayasan oleh Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi Ma'soem, M.S., kemudian tes kemampuan guru untuk mengukur kompetensi guru yang bersangkutan. Hasil tes guru ini akan dijadikan rujukan untuk meningkatkan level mengajar. Di sesi terakhir ada materi "Kegiatan Belajar Mengajar dengan Sentuhan Bimbel" yang menghadirkan pembicara dari pakarnya.

Dalam sambutannya, yang didampingi Direktur Pendidikan Al Masoem, Dr. Asep Sujana, M.M., Ceppy menekankan kepada guru-guru di lingkungan Al Masoem untuk tetap memberikan pengajaran yang menyenangkan, sehingga siswa bisa antusias dalam mengikutinya.

Selain itu juga, Ceppy berpesan walaupun kegiatan KBM dilaksanakan daring/online supaya selalu mengingatkan kepada siswa agar menjaga karakter integritas atau kejujuran. Karena kejujuran ini adalah ajaran Islam yang harus dipegang dan dilaksanakan oleh umatnya, baik untuk guru sebagai pendidik maupun untuk siswa sebagai yang terdidik.

Diakhir sambutannya, Ceppy menyampaikan harapannya supaya pandemi ini cepat berakhir, sehingga pembelajaran tatap muka dapat dilaksanakan karena tidak bisa dipungkiri KBM online dapat menimbulkan lost learning character.

Hari kedua pelaksanaan loka latih menghadirkan pembicara yang tidak asing di dunia pendidikan dan keagamaan, yaitu Ustadz Budi Prayitno yang akan menyampaikan tentang "Strategi Pembinaan Perilaku Siswa di Masa Pandemi Ditinjau dari Kajian Islam" dan Prof. Dr. H. Uman Suherman, A.S., M.Pd. dengan materi "Strategi Pembinaan Perilaku Siswa di Masa Pandemi Ditinjau dari Kajian Bimbingan Konseling"

Pada sesi terakhir ini, para guru Al Ma'soem juga akan melaksanakan "MGMP Intern Persiapan Perangkat Administrasi Mengajar", hal ini diperlukan untuk mematangkan persiapan KBM online yang akan dilaksanakan pada 19 Juli 2021.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

3 Oktober 2016
Pada malam 1 Muharram 1438H yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2016 hari Sabtu kemarin, PT. Ma’soem Group menggelar kegiatan Muhasabah di Masjid Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM). Peringatan untuk menyambut tahun baru Islam 1438H ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan dan dihadiri oleh ...
yayasan al ma'soem bandung
29 Desember 2020
Almasoem.sch.id Masa depan anak itu dipengaruhi oleh banyak hal, yang pertama adalah lingkungan tempat tinggalnya termasuk keluarga dan yang kedua dalah ...
Pertemuan Orang Tua Siswa Virtual
30 September 2020
Almasoem.sch.id,- Yayasan Al Ma'soem menyelengggarakan rapat pertemuan orang tua siswa secara maraton melalui media daring pada Selasa (29/09). Acara ...
4 Februari 2016
UNBK – Ujian Nasional Berbasis Komputer yang rencananya akan diselenggarakan (untuk sekolah-sekolah yang dinilai telah memiliki fasilitas yang layak) secara serentak oleh pemerintah di seluruh wilayah Indonesia pada awal tahun 2016 ini. Hal ini memacu sekolah-sekolah untuk mempersiapkan para ...
4 Guru SMA Al Masoem Berprestasi
15 April 2021
3 (tiga) orang Guru SMA Al Ma'soem peringkat pertama dan 1 (satu) orang peringkat kedua dalam seleksi peserta Training Of Trainer (TOT) Pembina Kompetisi ...

Informasi Pendaftaran

tahun ajaran baru
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top