Profil Perpustakaan

1 Januari 1970 | Dibaca : 436x
Profil Perpustakaan

PROFIL PERPUSTAKAAN AL MA'SOEM

NPP: 3211151B2000001


Dasar Pendirian

Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional menyatakan bahwa: Setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun masyarakat harus menyediakan sumber belajar. Selanjutnya dalam penjelasannya disebutkan bahwa: Pendidikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik bilamana para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan. 
Undang-Undang Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pasal 45 bahwa: Setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual, social, emosional dan kejiwaan peserta didik. 
Strategi Yayasan Pendidikan Al Ma’soem butir tiga: Suasana kondusif untuk lancarnya kegiatan belajar mengajar dan butir lima: Menyediakan sarana pengembangan bakat yang variatif. 
Surat Keputusan Yayasan Nomor: 281/SK-YPAM/SDM/VII/2003 tentang Pendirian Perpustakaan Yayasan Pendidikan Al Ma'soem (SD-SMP-SMA)



Visi 
Mewujudkan generasi yang “cageur, bageur, dan pinter” dengan membudayakan kegiatan membaca sebagai kebutuhan dan aktivitas yang menyenangkan. 


Misi 
1. Menyediakan informasi yang mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah
2. Mensosialisasikan budaya baca
3. Mengenalkan layanan informasi berbasis IT 
Motto 5K
Kenyamanan, Keramahan, Kelengkapan, Kejujuran, dan Kesenangan.
Tujuan 
1. Menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan atau budaya
2. Memperluas wawasan dan pengetahuan dalam rangka membentuk generasi yang “cageur, bageur,
   dan pinter” 

Fungsi 

Edukatif, menyediakan berbagai bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran serta mampu membangkitkan minat baca siswa serta mengembangkan kecakapan keilmuan dalam rangka pembentukan generasi yang “cageur, bageur, dan pinter”. 
Informatif, berupaya menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan dan bersifat “terkini”. 
Penelitian, perpustakaan menyediakan berbagai sumber bacaan untuk penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi 
Rekreatif, disamping menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran juga menyediakan berbagai buku yang bersifat hiburan seperti buku cerita dan sejenisnya. Selain aneka buku di perpustakaan disediakan juga berbagai alat permainan yang disukai anak-anak seperti: congklak, halma, monopoli, ludo, dan lain-lain.

Uraian Tugas
      1.  Kepala/Koordinator Perpustakaan
 a.  Mengkoordinir pelaksanaan tugas
 b.   Menetapkan kebijakan kegiatan keperpustakaan
 c.  Membuat program kerja tahunan
 d.  Memantau pelaksanaan program kerja
 e.  Mengajukan berbagai usulan yang berkaitan dengan pengadaan bahan kepustakaan
 f.  Melakukan evaluasi kegiatan keperpustakaan
    2.   Layanan Pembaca
 a.  Layanan Sirkulasi
      i)      Melayani peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
      ii)    Membuat statistik pengunjung dan peminjam
b.     Layanan Referensi
      i)      Layanan penelusuran informasi rujukan
      ii)    Layanan bimbingan pemustaka
    3.   Layanan Teknis
          a.    Pengadaan
                i)   Menyeleksi pengadaan bahan pustaka
                ii)  Mengajukan pengadaan bahan pustaka
                iii) Melakukan pembelian bahan pustaka
            b.   Pengolahan
                    i)    Inventarisasi bahan pustaka
                    ii)   Membuat klasifikasi bahan pustaka
                    iii)  Mengkatalogisasikan bahan pustaka
            c.   Perawatan Dan Pemusnahan
                    i)    Merawat dan memelihara bahan pustaka
                    ii)   Mengeluarkan bahan pustakan yang sudah tidak bisa diperbaiki
4. Layanan TIK
              a.   Membuat sistem katalogisasi secara komputerisasi
              b.   Membuat sistem peminjaman dan pengembalian yang terkomputerisasi
              c.   Mempelajari berbagai sistem perpustakaan digital untuk diterapkan di 
                    perpustakaan
              d.   Mempromosikan perpustakaan di sosial media atau yang berbasis internet
              e.   Merintis e-library dan e-learning

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

SMA Al Ma'soem Selenggarkan PAT Berbasis Komputer (PATBK)
13 Mei 2019
Menjadi sekolah pertama di wilayah Sumedang beberapa tahun lalu yang siap menyelenggarkaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tahun ini SMA Al ...
Malam Inagurasi Santri PSAM
17 Oktober 2016
Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM), Jum’at (14/10) kemarin menyelenggarakan kegiatan Inagurasi Santri PSAM yang dihadiri oleh seluruh santri, wali santri ...
Summit Almapala 2016
20 Mei 2016
Disela-sela Forum Sosialisasi dan Diseminasi yang diselengarakan pada, Senin 9 Mei 2016 kemarin, Kepala Sekolah SMA Al Ma’soem, Ir. Deni Purwadi, M. Pd., ...
Daftar Online Di Web Al Ma'soem?? BISA.. Asalkan ...
4 Desember 2019
Opini,- Pendaftaran Online merupakan sebuah Opsi bagi calon siswa untuk mendaftar sekolah dengan sistemn berbasis komputerisasi, artinya siswa dan orang ...
16 Santri SMA - PSAM Lulus Tes Tahfidz Gel. II 2018
15 Maret 2018
Sebanyak 16 santri kelas X, XI dan XII SMA – PSAM Al Ma’soem berhasil lulus tes menghafal Al Qur’an gelombang ke-2 di tahun 2018 ini. Di ...
asdadhadkadh
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2020
All rights reserved
Scroll Top