Profil Perpustakaan

1 Januari 1970 | Dibaca : 181x
Profil Perpustakaan

PROFIL PERPUSTAKAAN AL MA'SOEM

NPP: 3211151B2000001


Dasar Pendirian

Undang-Undang Nomor 2 tahun 1989 Pasal 35 tentang sistem pendidikan Nasional menyatakan bahwa: Setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun masyarakat harus menyediakan sumber belajar. Selanjutnya dalam penjelasannya disebutkan bahwa: Pendidikan tidak mungkin dapat terselenggara dengan baik bilamana para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan. 
Undang-Undang Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 pasal 45 bahwa: Setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan, intelektual, social, emosional dan kejiwaan peserta didik. 
Strategi Yayasan Pendidikan Al Ma’soem butir tiga: Suasana kondusif untuk lancarnya kegiatan belajar mengajar dan butir lima: Menyediakan sarana pengembangan bakat yang variatif. 
Surat Keputusan Yayasan Nomor: 281/SK-YPAM/SDM/VII/2003 tentang Pendirian Perpustakaan Yayasan Pendidikan Al Ma'soem (SD-SMP-SMA)



Visi 
Mewujudkan generasi yang “cageur, bageur, dan pinter” dengan membudayakan kegiatan membaca sebagai kebutuhan dan aktivitas yang menyenangkan. 


Misi 
1. Menyediakan informasi yang mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah
2. Mensosialisasikan budaya baca
3. Mengenalkan layanan informasi berbasis IT 
Motto 5K
Kenyamanan, Keramahan, Kelengkapan, Kejujuran, dan Kesenangan.
Tujuan 
1. Menjadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan atau budaya
2. Memperluas wawasan dan pengetahuan dalam rangka membentuk generasi yang “cageur, bageur,
   dan pinter” 

Fungsi 

Edukatif, menyediakan berbagai bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran serta mampu membangkitkan minat baca siswa serta mengembangkan kecakapan keilmuan dalam rangka pembentukan generasi yang “cageur, bageur, dan pinter”. 
Informatif, berupaya menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan dan bersifat “terkini”. 
Penelitian, perpustakaan menyediakan berbagai sumber bacaan untuk penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi 
Rekreatif, disamping menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan pembelajaran juga menyediakan berbagai buku yang bersifat hiburan seperti buku cerita dan sejenisnya. Selain aneka buku di perpustakaan disediakan juga berbagai alat permainan yang disukai anak-anak seperti: congklak, halma, monopoli, ludo, dan lain-lain.

Uraian Tugas
      1.  Kepala/Koordinator Perpustakaan
 a.  Mengkoordinir pelaksanaan tugas
 b.   Menetapkan kebijakan kegiatan keperpustakaan
 c.  Membuat program kerja tahunan
 d.  Memantau pelaksanaan program kerja
 e.  Mengajukan berbagai usulan yang berkaitan dengan pengadaan bahan kepustakaan
 f.  Melakukan evaluasi kegiatan keperpustakaan
    2.   Layanan Pembaca
 a.  Layanan Sirkulasi
      i)      Melayani peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
      ii)    Membuat statistik pengunjung dan peminjam
b.     Layanan Referensi
      i)      Layanan penelusuran informasi rujukan
      ii)    Layanan bimbingan pemustaka
    3.   Layanan Teknis
          a.    Pengadaan
                i)   Menyeleksi pengadaan bahan pustaka
                ii)  Mengajukan pengadaan bahan pustaka
                iii) Melakukan pembelian bahan pustaka
            b.   Pengolahan
                    i)    Inventarisasi bahan pustaka
                    ii)   Membuat klasifikasi bahan pustaka
                    iii)  Mengkatalogisasikan bahan pustaka
            c.   Perawatan Dan Pemusnahan
                    i)    Merawat dan memelihara bahan pustaka
                    ii)   Mengeluarkan bahan pustakan yang sudah tidak bisa diperbaiki
4. Layanan TIK
              a.   Membuat sistem katalogisasi secara komputerisasi
              b.   Membuat sistem peminjaman dan pengembalian yang terkomputerisasi
              c.   Mempelajari berbagai sistem perpustakaan digital untuk diterapkan di 
                    perpustakaan
              d.   Mempromosikan perpustakaan di sosial media atau yang berbasis internet
              e.   Merintis e-library dan e-learning

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Wajah Baru Kolam Renang Yayasan Al Ma'soem
12 Juni 2019
                Setelah libur panjang Ramadhan dan lebaran, Kolam Renang Yayasan Al ...
Sabet Prestasi dalam Festival Karya Sastra & Kesenian
6 Februari 2017
Tim SMA Al Ma’soem yang tergabung dalam English Club dan Ekstrakurikuler Kesenian (Lukis) kembali menorehkan prestasi yang impresif, dengan meraih beberapa ...
Raih Prestasi dalam Lomba Robotik Internasional
16 November 2015
“Mendorong dan mengembangkan minat, bakat, dan potensi setiap anak didik melalui berbagai kegiatan ektrakurikuler yang bervariasi,” kutipan tersebut ...
PSAM: Berbagi Inspirasi dan Motivasi
17 September 2016
Jum’at (16/9) malam kemarin para santri Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM) kedatangan tamu dari komunitas Pemuda Hijrah, yakni Ust. Evi Effendi. Beliau ...
Mars Al Ma’soem
8 Januari 2015
Mars Al Ma’soem Gubahan : Darwis, S.Pd, M.Pd. Yayasan Al Ma’soem wahana pendidikan Tanamkan pribadi disiplin dan mandiri Menempa ...
Messa
pcs20202021
Banner Pendaftaran
Download File
Keseharian Santri
Kunjungan Jokowi ke Al Ma'soem
Presiden Joko Widodo memberikan pidato dan bingkisan bagi siswa Al Ma'soem

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang
Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 –  +628112206666
E-mail: info@masoem.com

Bagikan :
Copyright © almasoem.sch.id 2019
All rights reserved
Scroll Top