01-eskul-0029

Pramuka, ekstrakurikuler hits yang banyak manfaatnya

Pramuka adalah suatu kegiatan kepramukaan yang merupakan gerakan pemuda yang berlandaskan pada Pancasila. Kegiatan kepramukaan ini ditujukan untuk mengembangkan semangat kepemimpinan, sikap disiplin, kebersamaan, dan keterampilan yang bermanfaat bagi pengembangan diri para pemuda. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, rasa tanggung jawab, sikap jujur, serta menumbuhkan semangat persahabatan dan kekeluargaan. Pramuka bisa juga diartikan sebagai suatu bentuk kegiatan yang mengajarkan tentang keterampilan dan kepemimpinan, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu melatih pemuda dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari cara berorganisasi, bernegosiasi, hingga menumbuhkan semangat kekeluargaan.

Pramuka menjadi salah satu ekstrakurikuler hits di sekolah, terutama di Al Masoem Pramuka di Al Masoem menjadi sebuah ekstrakurikuler bukan kegiatan khusus atau bukan dari bagian intrakurikuler sekolah. Karena Al Masoem memiliki visi dan misi yang unik yaitu memaksimalkan potensi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya masing masing. Jadi tidak akan ada siswa yang tidak berminat ke ekstrakurikuler pramuka tapi mereka dipaksa untuk ikut pramuka, begitu juga dengan ekstrakurikuler hits lainnya. Ekstrakurikuler sendiri adalah kegiatan yang dilakukan di luar kegiatan pembelajaran di sekolah, yang bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat dan keterampilan siswa. Kegiatan ini biasanya meliputi olahraga, musik, seni, dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

Tujuan Pramuka

Ada 10 tujuan utama dari pramuka seperti : 

  1. Menumbuhkembangkan jiwa kepemimpinan. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter kepemimpinan dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai latihan kepemimpinan seperti melatih kemampuan berorganisasi, memimpin, berkomunikasi, memecahkan masalah, dan lain-lain. 

  1. Membentuk jiwa kemandirian. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter kemandirian dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat kemandirian seperti berkemah, mendaki, berkebun, dan lain-lain. 

  1. Melatih jiwa kepedulian sosial. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter kepedulian sosial dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat kepedulian sosial seperti membagikan makanan kepada yang membutuhkan, berbagi pakaian, dan lain-lain. 

  1. Membentuk jiwa kejujuran. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter kejujuran dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat kejujuran seperti menepati janji, berbicara jujur, dan lain-lain. 

  1. Membentuk jiwa kesetiaan. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter kesetiaan dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat kesetiaan seperti menepati sumpah, berpegang pada prinsip, dan lain-lain. 

  1. Membentuk jiwa kerjasama. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter kerjasama dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat kerjasama seperti melakukan latihan bersama, membantu satu sama lain, dan lain-lain. 

  1. Menumbuhkembangkan jiwa religius. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter religius dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat religius seperti menghafal ayat-ayat Al-Quran, melaksanakan shalat berjamaah, dan lain-lain. 

  1. Menumbuhkembangkan jiwa kecintaan lingkungan. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter cinta lingkungan dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat cinta lingkungan seperti merawat tanaman, bersih-bersih lingkungan, dan lain-lain. 

  1. Menumbuhkembangkan jiwa kepahlawanan. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter kepahlawanan dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat kepahlawanan seperti memiliki sikap berani, berani bertanggung jawab, dan lain-lain. 

  1. Menumbuhkembangkan jiwa sportif. 

Tujuan ini menekankan pada upaya menciptakan karakter sportif dalam setiap anggota pramuka. Hal ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman melalui berbagai kegiatan yang dapat menumbuhkan semangat sportif seperti bermain olahraga, berkompetisi, dan lain-lain.

Manfaat Pramuka

Pramuka juga memiliki banyak manfaat, dan 5 manfaat pramuka adalah sebagai berikut : 

  1. Belajar Kepemimpinan. 

Melalui kegiatan pramuka, anak-anak diajarkan cara menjadi pemimpin yang baik, seperti cara menyampaikan pendapat, memimpin rapat, dan mengatur kegiatan. 

  1. Belajar tentang Kebersamaan. 

Pramuka mengajarkan anak-anak tentang pentingnya bekerjasama dengan orang lain. Kegiatan pramuka seperti berkumpul untuk bermain, berkemah, berkebun, dan membuat proyek bersama mengajarkan anak-anak untuk menghargai perbedaan dan bekerjasama. 

  1. Belajar tentang Sosial. 

Melalui pramuka, anak-anak diajarkan tentang sikap dan perilaku yang layak, dan cara berinteraksi dengan sesama. Pramuka juga mengajarkan anak-anak tentang saling menghargai dan menghormati orang lain. 

  1. Belajar tentang Lingkungan.

Kegiatan pramuka juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan. Anak-anak diajarkan cara mengendalikan limbah dan bagaimana menjaga alam agar tetap sehat dan hijau. 

  1. Belajar tentang Keterampilan. 

Pramuka mengajarkan anak-anak tentang berbagai keterampilan, seperti membuat api, membuat tenda, membuat barbeque, membuat sarung tangan, dan lain-lain. Keterampilan ini bermanfaat sebagai pembelajaran yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Pramuka penting bagi siswa karena menciptakan lingkungan yang aman dan menyenangkan di sekolah. Pramuka membantu siswa belajar tentang dan mempraktikkan nilai-nilai keterampilan hidup, seperti kerjasama, kemandirian, tanggung jawab, dan kejujuran. Pramuka juga memberi siswa kesempatan untuk berinteraksi dengan teman-teman sebayanya, membangun hubungan yang kuat, dan berkembang kemampuan sosial dan keterampilan organisasi. Pada akhirnya, dengan menggunakan pramuka, siswa akan belajar banyak tentang kehidupan, nilai-nilai luhur, dan keterampilan yang dapat mereka gunakan untuk hidup lebih produktif dan bermakna.