PPDB online dan beasiswa prestasi di Al Ma’soem

17 Januari 2021 | Dibaca : 117x | Oleh : Mohamad Ramdan
PPDB online dan beasiswa prestasi di Al Ma’soem

Almasoem.sch.id,- Regulasi dari pemerintah tentang proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di atur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, jika melihat peraturan PPDB tahun 2020 yang mengacu kepada permendikbud no. 44 tahun 2019 maka untuk sekolah negeri kuota jalur zonasi masih yang tertinggi, di bandingkan dengan afirmasi, perpindahan tugas orang tua dan prestasi akademik maupun non akademik.

Adapun beberapa bagian yang penting dari Permendikbud no. 44 yaitu:

  • PPDB 2020 dibagi menjadi 4 jalur penerimaan, yaitu Zonasi; Prestasi; Afirmasi dan Perpindahan orang tua.
  • Jalur Zonasi kuota  minimum 50%.
  • Jalur prestasi bisa mengisi hingga maksimal 30% daya tampung
  • Jalur afirmasi kurang lebih sama dengan jalur siswa kurang mampu dan inklusi
  • Nilai UN bisa dijadikan salah satu kriteria dalam penerimaan lewat jalur prestasi
  • Pemerintah daerah dapat melakukan penyesuaian terhadap persentase masing-masing jalur

Untuk zonasi, walaupun ada penuruan jumlah kuota dari tahun sebelumnya, namun sampai saat ini masih mendominasi persentasenya yaitu minimal 50%.  Sistem zonasi sekolah merupakan sebuah sistem pengaturan proses penerimaan siswa baru sesuai dengan wilayah tempat tinggal. Sistem tersebut ditujukan agar tidak ada sekolah-sekolah yang dianggap sekolah favorit dan non-favorit. Walaupun pada perjalanannya, sejak sistem zonasi ini digulirkan oleh pemerintah sampai saat ini, sistem tersebut menuai kritikan karena beberapa murid atau calon siswa malah diterima di sekolah yang memiliki jarak yang lebih jauh ketimbang sekolah terdekat.

Untuk sekolah swasta, peraturan di atas tidak berlaku. karena skolah swasta diberikan kebebasan untuk menentukan kapan waktu dimulainya PPDB, sistem seleksi calon siswa dan termasuk biaya pendidikan yang harus dibebankan kepada orang tua siswa. Beberapa sekolah swasta sudah ada yang mulai membuka penerimaan siswa jauh-jauh hari sebelumnya, bahkan ada yang dari satu sampai dua tahun sebelum tahun ajaran baru dimulai.

Proses penerimaan siswa baru atau penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah swasta berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya, begitu juga dengan sekolah dan pondok pesantren yang ada dibawah binaan Yayasan Al Ma’soem Bandung untuk tingkat Play Group (PG), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menenag Atas (SMA) dan Pesantren Siswa Al Masoem.

PPDB di Al Ma’soem dilaksanakan secara online, sistem pendaftaran per gelombang (dimana tiap gelombang, biayanya berbeda), waktu pendaftaran dimulai satu tahun sebelumnya yaitu sejak Agustus sampai menjelang masuk sekolah (pendaftaran ditutup, jika kuota sudah penuh) serta menerima calon siswa dari jalur prestasi (beasiswa prestasi).

1. Proses penerimaan siswa baru atau penerimaan peserta didik baru (PPDB) online
Sistem penerimaan siswa di Al Ma’soem dilaksanakan secara online melalui website Klik Di Sini saja

 

  • Daftar bisa dilaksanakan dimana saja, terlebih masih masa pandemi covid-19
  • Bisa di akses melalui smartphone atau komputer
  • Dokumen atau persyaratan cukup difoto atau di scan
  • Untuk yang ingin mengetahui tentang proses PPDB online di Al Masoem bisa mengakses website Klik Di sini

2. Besiswa Prestasi
Untuk calon siswa yang memiliki prestasi di sekolah sebelumnya, Al Ma’soem membuka jalur prestasi (japres) atau beasiswa prestasi dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. prestasinya bisa bidang akademik ataupun non akademik dan juga beasiswa tahfidz untuk tingkat SMP dan SMA. 

  • Besiswa umum untuk calon siswa yang memiliki kriteria seperti asal sekolahnya di Al Ma’soem, suadara kandung sekolah atau alumni dari Al Ma’soem, orang tuanya alumni dari Al Ma’soem, putra pengajar, rekomendasi partisipan Al Ma’soem Group.
  • Beasiswa akademis mencakup dari nilai rapor (KTSP, rangking 1), peraih beasiswa kriteria akhlak dari Al Ma’soem, nilai UN tertinggi (saat ini, pemerintah akan menerapkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM).
  • Beasiswa non akademis mencakup bidang prestasi olah raga, imtak-iptek maupun bidag seni, minimal menjuarai di tingkat Kabupaten atau Kota dengan mempertimbangkan penyelenggaranya resmi.
  • Beasiswa Qori atau Qori’ah, calon siswa/santri yang memiliki prestasi bidang tilawatil Quran
  • Beasiswa tahifz, untuk tingkat SMP minimal lulus tes 1 zuz dan untuk tingkat SMA minimal 2 zuz

Untuk informasi lebih lengkap tentang jenis-jenis beasiswa prestasi bisa mengakses Link ini .

Penulis : Ayi Mi'raz
 

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

1 Januari 1970
Orang Tua dan siswa Calon Pendaftar SD SMP SMA Al Masoem bisa mengajukan beberapa diskon prestasi di Kriteria Umum dengan Rincian diskon seperti berikut ini :               Diskon dapat di Ajukan bagi orang tua yang memiliki kriteria di ...
Fungsi-Fungsi Administrasi Pendidikan dan Administrasi Sekolah
28 Februari 2021
Almasoem.sch.id,- Administrasi pendidikan merupakan keseluruhan proses yang diperlukan dalam penyelesaian pekerjaan-pekerjaan personil sekolah untuk ...
Pembukaan MESSA Al Ma’soem 2016
16 April 2016
Jatinangor – Tahun ini Yayasan Al Ma’soem Bandung kembali menggelar MESSA – Multi Event in Science, Sport and Art (16/4/2016). Selain sebagai tolak ...
Hari Aids Sedunia, Bukan Lawan Tapi Cegah Dengan Iman !!
2 Desember 2019
Opini,- 1 Desember Dijadikan sebagai hari Aids Sedunia dan pada tanggal itu juga dijadikan hari Nasional bagi negara kita. Hiv/Aids merupakan sebuah penyakit ...
Melahirkan Generasi Imun dan Streril Lewat Sekolah Berasrama
9 April 2015
Oleh : Rudi Hariyanto ibnu Ridwan “Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan ...

Informasi Pendaftaran

png
Dr Tonton
Doktor Wisuda
SMP SMA
sd
tk
online
masoem TV
yt psam
YT ALM

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448 – 

+6281122700227

E-mail: info@masoem.com

Youtube Chanel : Ma'soem TV

IG : almasoembdg

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top