Pondok Pesantren yang Mendidik dan Menjadikan Lulusannya Berakhlakul Kharimah

22 Juli 2021 | Dibaca : 51x | Oleh : Mohamad Ramdan
Pondok Pesantren yang Mendidik dan Menjadikan Lulusannya Berakhlakul Kharimah

Pondok pesantren identik dengan sebuah lembaga yang dimana mengajarkan ilmu ilmu agama terutama ilmu tentang keislaman. Dewasa ini pesantren tidak hanya menjadi sebuah lembaga yang menjadikan lulusannya berakhlakul kharimah, tapi banyak sekali pondok pesantren yang memiliki program program unggulan yang mungkin tidak didapatkan di pondok pesantren lain.

Bahkan banyak sekali pondok pesantren modern yang dimana membuang jauh kesan kumuh dan sederhana namun tetap memiliki visi misi untuk mengajarkan ilmi keislaman, salah satu contohnya adalah Pondok Pesantren Siswa Al Masoem.

Kata "siswa" disini memiliki arti bahwa Pondok Pesantren Siswa Al Masoem ini memang dikhususkan bagi siswa Al Masoem, artinya bagi anda yang berminat dengan Pondok Pesantren Siswa Al Masoem maka anda juga harus berstatus sebagai pelajar Al Masoem, jadi anda tidak bisa mendaftar hanya sebagai santri saja tapi harus menjadi siswa dan santri. Kecuali untuk siswa saja kami perbolehkan karena pada dasarnya Al Masoem membuka dua peminatan yaitu Fullday dan Boarding School.

Pesantren Siswa Al Masoem juga merupakan pondok pesantren yang jauh dari kesan kumuh, bahkan fasilitas sekolah dan pesantren yang kami sediakan lebih dari cukup bagi santri. Seperti :

  • Kapasitas kamar 4-6 orang dengan kamar mandi di dalam kamar
  • Laundry dan Catering
  • Aula & Ruang Tunggu
  • Security 24 Jam
  • CCTV
  • Asrama Putra dan Putri Terpisah
  • Ruang Gym
  • Ruang Bernyanyi
  • Minimarket
  • Fasilitas olah raga yang lengkap
  • Lokasi yang sangat strategis

Tidak ada Hukuman Fisik

Ketika banyak pondok pesantren yang menjadikan hukuman fisik sebagai cara mendidik, Al Masoem merupakan pesantren yang jauh dari hukuman fisik apa lagi senioritas. Maka dari itu pendidikan karakter di pesantren siswa Al Masoem sangat dominan dan sangat berjalan dengan baik, karena pada dasarnya Al Masoem sangat terkenal dengan hukuman poin pelanggaran. Namun meski begitu harapan Ketua Yayasan bukan ingin ada santri atau siswa yang dikeluarkan karena poin pelanggaran, tapi bagaimana caranya merubah karakter siswa dan santri yang kurang baik menjadi lebih baik lagi. Maka dari itu hukuman sistem poin merupakan salah satu gertakan yang diharapkan dapat merubah sifat santri dan siswa agar menjadi siswa dan santri yang berakhlakul kharimah.

Selain Funishment Yayasan Pendidikan Al Ma’soem selalu mengimbanginya dengan Reward 

Uniknya lagi pesantren siswa Al Masoem tidak hanya melakukan funishment tapi juga memberikan reward kepada santri yang berprestasi baik berprestasi di sekolah secara akademik ataupun berprestasi di pesantren di bidang tahfidz. Tentu sjaa reward yang didapatkan berupa uang bulanan atau SPP yang dikembalikan sebanyak pencapaian santri dan siswa Al Masoem tersebut. Ada juga beberapa reward khusus di pesantren, seperti ada prestasi santri of the month dimana setiap bulan santri akan di nilai tentang seberapa banyaknya dia (santri) melaksanakan shalat dhuha, tahajud dan juga puasa sunnah. 

Karena pada dasarnya Al Masoem tidak mewajibkan segala sesuatu yang bersifat sunnah. Kami hanya menganjurkan dan memberikan contoh beberapa manfaat melaksanakan sesuatu yang disunnahkan. Seperti shalat tahajud dengan alasan karena kami memang sekolah full day yang padat akan kegiatan ditambah kegiatan pesantren yang hampir sampai malam hari membuat kami tidak mewajibkan santri untuk melaksanakan tahajud tapi jika siswa yang rajin melaksanakan tahajud maka siswa tersebut berhak mendapatkan reward berupa pengembalian uang makan di asrama selama satu bulan penuh.
 

Reward sebagai sarana untuk memotivasi santri untuk bisa menjadi yang terbaik

Pemberian reward kepada siswa dilaksanakan sebagai sarana untuk memberikan motivasi kepada santri untuk menjadi santri yang unggul. Memang terbilang sederhana namun pada dasarnya setiap orang membutuhkan apresiasi atas semua pencapaiannya. Begitu juga lembaga Pesantren Siswa Al Masoem, kami memberikan reward sebagai tanda apresiasi kepada santri yang mau melaksanakan dan mau menjadi santri terbaik dari yang baik. Karena sudah menjadi pelayanan dan visi misi Pesantren Siswa Al Masoem agar menjadikan siswa dan santri Al Masoem menjadi siswa dan santri yang unggul, tentu saja dengan berbagai macam program yang tentunya mendidik dan juga islami.

Jika anda mencari sekolah ramah anak dengan program pesantren yang berbasis islami yang menjadilkan lulusannya sebagai lulusan yang berakhlakul kharimah, Pesantren Siswa Al Masoem merupakan pilihan yang tepat untuk anda. Karena kami tidak hanya menjadikan santri kami unggul tapi juga membentuk karakter santri kami yang Cageur Bageur dan Pinter.

Bagikan :  

Informasi Menarik Lainnya

Dua Siswa SMA Al Ma’soem Juara I Kejuaraan Pencak Silat
26 April 2018
Kemampuan para Pesilat SMA Al Ma'soem Bandung tak diragukan lagi, hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan 2 orang tim MP (Merpati Putih) SMA Al ...
13 April 2015
Oleh : Rony Hermansyah, Drs GTY SMP Al Ma’soem Persoalan sampah adalah persoalan klasik yang tidak ada habisnya karena hingga kini masih sulit dicari solusinya. Selain belum adanya konsep terpadu tentang penanggulangan sampah, kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan pun ...
Merpati Putih Al Ma’soem Raih Juara Umum di ASC 2018
6 Mei 2018
Kontingen Pencak Silat Yayasan Al Ma’soem Bandung sukses meraih juara umum dalam Kejuaraan Pencak Al Ma’soem Silat Competition Invitation (ASC) ...
Pendidikan karakter
29 Januari 2021
Almasoem.sch.id,- Proses belajar memerlukan metode metode khusus yang jelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Metodologi ...
MHQ di MESSA Al Masoem 2020
24 November 2020
Almasoem.sch.id,- Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) dilaksanakan hari kedua penyelenggaraan MESSA Al Masoem 2020, yaitu pada Ahad, 22 November 2020. Peserta ...

Informasi Pendaftaran

tahun ajaran baru
png
SMP SMA
sd
tk

Almasoem Group

Yayasan Al Ma'soem Bandung (YAB)
Jl. Raya Cipacing No. 22
Jatinangor – Sumedang

Telp. (022) 7798204 – 7798243 – 7792448
info@masoem.com

 0811224337 (Ayi Miraz)
 081122700227 (Humas/Kantor)
 08112194421 (Sri Hanipah)

 

Bagikan :
Copyright © Almasoem.sch.id 2021
All rights reserved
Scroll Top